Wen dari Sui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sui Wendi Tang.jpg
Sui Wendi (隋文帝)
Nama keluarga: Yang (楊|杨, yáng)
Nama pemberian: Yang Jian (楊堅)
Masa pemerintahan: 581604
Nama era:
(tanggal)
Kaihuang (開皇)
581600
Nama anumerta:
(panjang)
Nama anumerta:
(pendek)
Wen (文)
"sipil"

Kaisar Wen dari Sui (Hanzi: 隋文帝, 541-604), yang nama aslinya Yang Jian (杨坚) adalah pendiri dan kaisar pertama Dinasti Sui.

Sebagai perwira militer Tionghoa-Turki di Dinasti Zhou Utara, Kaisar Wen mendapatkan kekuasaan pada tahun 581 setelah mengkudeta Kaisar Jing dari Zhou Utara (Yuwen Yan) dan mendirikan Dinasti Sui. Prestasi pertama adalah mengkonsolidasikan administrasi pemerintahan dan melakukan sentralisasi sistem politik. Pada tahun 589, ia menaklukan Dinasti Chen di selatan dan berhasil mempersatukan Tiongkok. Ia mendirikan lebaga pemerintahan 2 badan yang lebih efisien untuk menggantikan sistem 3 jenjang, dan menciptakan 3 departemen dan 6 kementerian untuk penasihat negara. Kaisar Wen mengambil langkah untuk menembus jurang sosial antara yang kaya dan yang miskin, dan mengurangi korupsi dan mendorong persatuan semua negara di Tiongkok masa itu. Jabatan politik menjadi terkualifikasi berdasarkan kecakapan daripada darah, dan ujian kekaisaran dilembagakan. Hak kelas elit, yang sudah lama menjadi bagian sistem sosial, dihapuskan.

Dalam masa pemerintahannya, sistem pemanfaatan tanah diciptakan, mendistribusikan tanah lebih banyak pada ukuran rumah tangga, dengan tanah yang lebih luas untuk keluarga yang lebih besar. Namun, pemilik tanah yang ada diizinkan menjaga harta bendanya, dan tanah itu tidak bisa dijual, hanya ditanami. Pajak tani dan dagang juga diringankan, dan di sepanjang masa itu pertanian menjadi produktif.

Kaisar Wen menyaksikan awal pembangunan Terusan Besar. Proyek besar ini bertujuan untuk menyatukan Tiongkok utara dan selatan dengan tranportasi yang baik. Terusan ini diselesaikan pada masa pemerintahan penerusnya, Yang. Proyek lain pada masa Kaisar Wen adalah perbaikan dan pemanjangan Tembok Besar.

Didahului oleh:
-
Kaisar Tiongkok
(Dinasti Sui)
581–604
Diteruskan oleh:
Kaisar Yang