WebAnywhere

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

WebAnywhere adalah sebuah aplikasi berbasis web yang diperuntukkan bagi tunanetra. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi non-visual interface untuk web yang tidak memerlukan perangkat lunak baru untuk diunduh atau diinstal. WebAnywhere bekerja tepat di browser, yang berarti dapat diakses dari komputer manapun, bahkan pada komputer publik yang terminalnya terkunci. WebAnywhere memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan web dalam cara yang mirip dengan bagaimana penggunaan pembaca layar lain, seperti JAWS atau Window Eyes, sebelumnya.

Sejarah WebAnywhere[sunting | sunting sumber]

Richard Ladner, seorang Profesor Ilmu Komputer dan Teknik dari Universitas Washington bersama dengan mahasiswa program doktornya, Jeffrey Bigham menciptakan sebuah perangkat lunak berbasis web yang dapat membantu para tunanetra untuk dapat mengakses internet. Nama perangkat lunak ini adalah WebAnywhere. Versi awal WebAnywhere dirilis pada bulan Juli 2008. Pengguna tunanetra biasanya menggunakan komputer mereka sendiri dengan perangkat lunak screen reader yang telah diinstal pada komputer tersebut. Namun demikian, karena harga perangkat lunak screen reader yang mahal dan tak banyak komputer publik yang menginstalnya, sehingga pengguna tunanetra sangat kesulitan mengakses komputer yang tak disertai feedback verbal sebagai pemandunya. WebAnywhere diarahkan untuk memperbaiki hal ini melalui platform independen dan aplikasi berbasis webnya. Jeffrey Bigham memenangkan Microsoft Image Cup untuk aplikasi ini.

Kegunaan WebAnywhere[sunting | sunting sumber]

Perangkat lunak WebAnywhere ini memiliki slogan WebAnywhere on the Go, dan memang seperti itulah situasinya. Dengan perangkat lunak ini, pengguna tunanetra kemudian diharapkan dapat memeriksa waktu keberangkatan pesawat melalui komputer Airport, merencanakan untuk bepergian menggunakan bus dengan rute yang diinginkan melalui komputer di perpusatakaan, atau mengetik email dan mengirimkannya dengan cepat melalui Internet.

WebAnywhere merupakan sebuah aplikasi pembaca layar online yang menerjemahkan teks berbasis Web ke dalam suara dan membacakan konten pada halaman tersebut dengan keras. Hal ini dirancang untuk membantu pengguna tunanetra menelusuri situs Web tanpa memerlukan perangkat lunak apapun. WebAnywhere mungkin bukan pengganti desktop screen reader, tapi menawarkan keuntungan lain yaitu dapat bekerja dengan browser atau sistem operasi apapun dan tidak memerlukan instalasi. Artinya:

  1. Tidak perlu perangkat lunak yang harus diinstal di mesin klien. Yang diperlukan hanyalah browser dan kemampuan untuk memainkan suara.
  2. WebAnywhere bekerja dengan sistem operasi apapun, baik Windows, Mac atau lainnya.
  3. Tidak memerlukan izin khusus; komputer hanya harus dapat memutar suara.
  4. WebAnywhere bekerja pada perangkat web yang diaktifkan termasuk semua ponsel yang mendukung akses web.
  5. Dengan ukuran data 100Kb untuk homepage, ia memiliki waktu memuat yang cepat (kurang dari 5 detik).

Oleh karena itu, konten web menjadi dapat diakses oleh tunanetra bahkan pada komputer publik (seperti di perpustakaan, pusat kebugaran atau warnet) di mana pengguna biasanya tidak memiliki izin untuk menginstal perangkat lunak baru. Penggunaan WebAnywhere cukup mudah. Pengguna tunanetra cukup memakai headphone-nya dan kemudian mengetik di URL WebAnywhere dengan menekan Ctrl-R dan mengklik kotak dialog 'Run'. Halaman akan memproses dan secara otomatis narasi dimulai. Suara elektronik memperkenalkan pendengar pada kegunaan WebAnywhere dan memberikan ikhtisar dari tombol pintas untuk digunakan. Terdapat pula video singkat dan deskripsi audio dari aplikasi web bagi yang belum tahu. Untuk pemula, butuh sedikit pengenalan ekstra untuk dapat menguasainya. Akan tetapi dengan beberapa bantuan awal, interface dan navigasi, hal ini akan dapat diatasi. Untuk akses cepat ke WebAnywhere, pengguna dapat mengakses wa.cs.washington.edu pada browser. Sistem ini akan bekerja dengan performa terbaik ketika sebuah versi baru dari Adobe Flash terinstal. Selain itu, WebAnywhere juga dapat bekerja dengan embedded sound players, seperti Windows Media Player dan Quicktime. Yang saat ini dirilis adalah rilis awal, dan mungkin tidak bekerja seperti yang diharapkan. Namun, penggagas sedang mengupayakan untuk memperbaiki bug dan menambah fitur.

The Interface[sunting | sunting sumber]

Halaman WebAnywhere dibagi menjadi dua frame.

  1. Frame atas menghadirkan navigational interface. Ini berlaku seperti kotak pencarian dari browser dengan kotak isian URL, tombol 'Go', kotak 'Find/Search', tombol 'Find Next’ dan 'Find Previous’.
  2. Frame bawah yang menempati bagian utama layar adalah ‘Frame Konten’ tersebut. Ini menampilkan konten web yang dibaca oleh aplikasi WebAnywhere. WebAnywhere menyuarakan baik interface maupun isi dari halaman web yang saat ini dimuat (awalnya halaman selamat datang). Aplikasi ini menganjurkan pengguna ketika page apapun dimuat dalam frame konten. Narator elektronik mengutip konten verbatim dan menyuarakan link URL dalam page secara lisan, seperti www.nls.com/463/132/.

Navigasi[sunting | sunting sumber]

Navigasi itu sederhana melalui serangkaian tombol pintas yang telah ditentukan seperti yang ditunjukkan di atas. Tombol pintas juga dapat dikonfigurasi oleh pengguna. Penyesuaian lebih lanjut termasuk pilihan untuk mengkonfigurasi cara aplikasi membacakan kontrol browser. Ini dapat digunakan untuk mengadaptasi perangkat lunak desktop screen reader yang sering digunakan dan menyediakan seperangkat kontrol bagi pengguna. Pilihan untuk menetapkan pengaturan pribadi disediakan melalui tombol pintas. Para pengguna dapat membuat profil dengan konfigurasi pribadi mereka dan ini diselenggarakan di server WebAnywhere.

Menggunakan WebAnywhere[sunting | sunting sumber]

Pengguna berinteraksi dengan WebAnywhere menggunakan keyboard. Pilihan perintah keyboard yang saat ini didukung tercantum di bawah ini. Dengan menekan SHIFT dalam kombinasi dengan perintah-perintah tersebut membalikkan arah pencarian, pencarian mundur dari posisi kursor saat ini daripada bergerak maju. Ketik URL untuk mengunjungi:

  1. CTRL-L – memindahkan kursor ke kotak lokasi di mana pengguna dapat mengetikkan URL untuk mengunjungi.
  2. Arrow Down – membaca elemen berikutnya pada halaman.
  3. Up Arrow – membaca elemen sebelumnya pada halaman.
  4. TAB – melompat ke pranala berikutnya atau membentuk kontrol.
  5. CTRL-H – melompat ke pos berikutnya.
  6. CTRL-I – melompat ke elemen input berikutnya.
  7. CTRL-R – lewat ke baris berikutnya melalui sel ketika dalam sebuah tabel.
  8. CTRL-D – melompat ke kolom berikutnya melalui sel ketika dalam sebuah tabel.
  9. Page Down – terus membaca dari posisi saat ini.
  10. Home – terus membaca, mulai lagi dari awal halaman.
  11. CTRL – mendiamkan WebAnywhere dan membuat jeda sistem.

Kelebihan WebAnywhere[sunting | sunting sumber]

Jendela WebAnywhere tetap menjadi jendela tingkat atas. Melalui back-end coding, aplikasi tersebut mencegah window popup dan pengalihan halaman yang tidak dikirim melalui sistem proxy. Untuk memastikan bahwa aplikasi mendapatkan kembali fokus, pengguna juga dapat menutup kotak dialog atau jendela lain melalui tombol 'Esc' atau menggunakan kombinasi 'ALT-TAB' untuk membantu aplikasi WebAnywhere kembali fokus. Untuk membantu pengguna mempertahankan kontrol atas aplikasi kerugian atau keuntungan fokus diumumkan oleh aplikasi penyuaraan diri. Adobe Flash melalui SoundManager 2 Flash Object, yang diinstal pada 98,5% komputer (seperti yang dilaporkan oleh Adobe) merupakan reproducer speech utama. WebAnywhere juga mendukung embedded sound players, seperti QuickTime dan Windows Media Player.

Pengembang dapat menggunakan WebAnywhere untuk memeriksa apakah situs Web mereka memenuhi standar aksesibilitas sekarang ini. Sebuah Standar Open Source, source code juga bisa diunduh dan di-host pada server independen.

Kekurangan WebAnywhere[sunting | sunting sumber]

Sebagai sebuah aplikasi berbasis web, terdapat beberapa kekurangan yang melekat. Sebagai contoh, aplikasi tidak dapat mengakses objek Adobe Flash yang tertanam di halaman web. WebAnywhere, seperti yang berbasis web, tidak dapat melangsungkan program pengenalan suara untuk aplikasi eksternal seperti dokumen PDF. Sebaliknya, mengarahkan ulang ke versi HTML dari dokumen (jika ada). Namun, ini hanyalah kekurangan minor dibandingkan dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki.

The Wrap Up[sunting | sunting sumber]

Tujuan utama WebAnywhere adalah untuk menyediakan kegunaan internet untuk pengguna tunanetra di komputer manapun. Bagi rilis Alpha, fungsionalitas yang diuraikan menghasilkan kemudahan pengalaman. Meskipun banyak yang tidak mau meninggalkan perangkat lunak screen reader mereka, aplikasi ini memberikan akses pada tunanetra di tempat-tempat di mana hal tersebut tidak tersedia. Kemungkinan besar pengunjung akan lebih suka versi terbaru dan terbesar dari WebAnywhere, yaitu WebAnywhere Beta Release. Rilis ini menambah sorotan dan fitur-fitur lain yang mungkin berguna bagi pengguna tunanetra atau mereka yang mendengar dan melihat melihat konten dapat terbantu. Jika rilis beta tidak bekerja seperti yang diharapkan, pengguna masih dapat mengakses Alpha Release yang asli. Proyek WebAnywhere ini didukung oleh National Science Foundation Grant.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]