Waterboys

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Waterboys
Sutradara Shinobu Yaguchi
Produser Yoshino Sasaki
Daisuke Sekiguchi
Akifumi Takuma
Penulis Shinobu Yaguchi
Pemeran Satoshi Tsumabuki
Hiroshi Tamaki
Akifumi Miura
Koen Kondo
Takatoshi Kaneko
Tanggal rilis 2001
Durasi 90 menit
Negara Bendera Jepang Jepang
Bahasa Jepang
Diikuti oleh Water Boys

Waterboys (ウォーターボーイズ?) adalah film Jepang produksi tahun 2001 yang bercerita tentang tim renang indah putra yang dibentuk 5 siswa SMA. Film komedi ini antara lain dibintangi Satoshi Tsumabuki dan Naoto Takenaka dengan Shinobu Yaguchi sebagai sutradara sekaligus penulis skenario.

Film ini menjadi salah satu film terlaris di Jepang, sehingga Fuji Television membuat serial drama berjudul sama dan ditayangkan tahun 2003. Serial drama Waterboys sukses meraih persentase pemirsa yang tinggi, dan dibuatkan lanjutannya, Waterboys Part 2 (2004) serta episode spesial (2005). Pada tahun 2004, staf film yang memproduksi Waterboys juga membuat film remaja berjudul Swing Girls dan sukses sebagai film laris.

Setiap tahunnya sejak tahun 1986, tim renang indah putra SMA Negeri Kawagoe Prefektur Saitama mempertontonkan kebolehan mereka dalam gelar kreativitas sekolah. Tim renang indah SMA Negeri Kawagoe yang tidak umum menjadi bahan liputan News Station di TV Asahi. Produser yang kebetulan menyaksikan program berita tersebut meminta sutradara Shinobu Yaguchi agar membuat film tentang tim renang indah yang semua anggotanya laki-laki.

Setelah diputar, awalnya hanya sedikit gedung bioskop yang mau memutar film ini. Namun setelah diliput media massa serta promosi di daerah-daerah, gedung bioskop yang mau memutar film ini jumlahnya semakin bertambah. Film ini turut membangkitkan demam renang indah di Jepang. Stasiun televisi NHK dan Nippon Television kembali membuat film dokumenter tentang tim renang indah putra SMA Negeri Kawagoe. Hasilnya, sejumlah 30 ribu calon siswa mendaftar ke SMA tersebut pada tahun 2002.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini mengambil latar belakang cerita kegiatan ekstrakurikuler di SMA khusus laki-laki di kota Sagara (sekarang bernama Makinohara, Shizuoka), Prefektur Shizuoka. Klub renang yang dipimpin Suzuki (Satoshi Tsumabuki) terancam ditutup karena tidak memiliki anggota seorang pun. Setelah Sakuma Megumi (Kaori Manabe) yang cantik ditunjuk sebagai guru renang yang baru, jumlah anggota klub melonjak hingga 30 siswa. Ketika tahu guru renang yang baru bermaksud mengajari mereka renang indah, semua anggota klub renang mengundurkan diri.

Suzuki sebagai ketua klub renang tetap bertahan, dan mengajak Sato (Hiroshi Tamaki), anggota gagal dari tim bola basket sekolah untuk bergabung. Anggota tim renang indah akhirnya beranggotakan 5 siswa dengan tambahan Ohta si kurus dari klub tari modern yang ingin berotot (Akifumi Miura), Kanazawa si kutu buku (Koen Kondo), dan Saotome yang lemah gemulai (Takatoshi Kaneko). Mereka baru saja ingin memulai latihan serius ketika sang guru renang indah terpaksa mengambil cuti melahirkan setelah sadar dirinya sedang hamil 8 bulan.

Tim renang indah pimpinan Suzuki terpaksa mencari sendiri guru renang indah yang mau melatih mereka. Suzuki dan kawan-kawan menemui Isomura (Naoto Takenaka), seorang pelatih ikan lumba-lumba yang bekerja di Sea World. Sebelum menerima latihan, mereka diminta bekerja tanpa dibayar sebagai petugas kebersihan. Sewaktu Suzuki dan kawan-kawan sedang latihan renang indah di laut, mobil ambulans dikirim untuk menyelamatkan mereka yang dikira sedang tenggelam. Kru televisi juga datang meliput, sehingga berita tim renang indah "tenggelam di laut" ditayangkan di televisi. Tim renang indah pimpinan Suzuki menjadi terkenal, dan teman-teman di sekolah yang ingin bergabung semakin bertambah banyak.

Suzuki dan kawan-kawan mendapat dukungan dari guru sekaligus manajer tim renang bernama Pak Sugita (Tetta Sugimoto), Shizuko siswi SMA putri sekaligus anggota klub karate (Aya Hirayama) yang menjadi pacar Suzuki, dan waria pemilik bar waria (Akira Emoto). Sebelum gelar kreativitas sekolah dimulai, terjadi peristiwa tak terduga. Siswi dari sekolah SMA putri yang berdekatan menjadi berbaik hati karena ingin menyaksikan atraksi renang indah yang semuanya dilakukan remaja putra.


Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Japan Academy Prize ke-25 (2002)
  • 8 Nominasi: Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik, Peran Pendukung Pria Terbaik, Musik Terbaik, Rekaman Suara Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, Pendatang Baru Terbaik
  • 2 Piala: Pendatang Baru Terbaik (Satoshi Tsumabuki), Skenario Terbaik (Yaguchi Shinobu)

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Nama Peran
Satoshi Tsumabuki Suzuki Satoshi
Hiroshi Tamaki Sato Katsumasa
Miura Akifumi Ohta Yūichi
Koen Kondo Kanazawa Takashi
Takatoshi Kaneko Saotome
Aya Hirayama Kiuchi Shizuko
Riho Akisada Yayoi
Manabe Kaori Sakuma Megumi
Tetta Sugimoto Sugita
Kei Tani Ozaki Kepala Sekolah
Naoto Takenaka Isomura pelatih lumba-lumba

Pranala luar[sunting | sunting sumber]