Warkari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seorang warkari, membawa sebuah ektar dengan bendera kekuningan terpasang dan simbal terikat pada benang di tangannya, berkelana dari Alandi ke Pandharpur.

Warkari (bahasa Marathi: वारकरी - berarti "peziarah") adalah suatu gerakaan keagamaan Waisnawa (sampradaya) dalam tradisi spiritual bhakti dalam agama Hindu, secara geografis dikaitkan dengan nagara bagian Maharashtra dan Karnataka Utara di India. Para warkari memuja Witoba (juga dikenal sebagai Witthala), dewa pelindung Pandharpur, dianggap sebagai perwujudan Kresna, awatara (inkarnasi) Dewa Wisnu. Para guru yang diasosiasikan dengan gerakan ini antara lain Dnyaneshwar, Namdev, Tukaram, Chokhamela dan Eknath, semuanya mendapat gelar Sant.

Gerakan warkari meliputi penyembahan Kresna dalam wujud Witoba, prilaku moral, mengharamkan minum minuman beralkohol, menghindari tembakau, diet vegetarian, berpuasa pada hari Ekadashi (dua kali sebulan), menahan diri (brahmacharya) selama menuntut ilmu, kesetaraan hidup dan kemanusiaan dengan menolak semua diskriminasi berdasarkan kasta atau kekayaan, pembacaan kitab suci oleh semua kasta, pembacaan Haripath setiap hari, bhajan rutin dan Kirtan.