Walter Wolf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Walter Wolf (lahir 5 Oktober 1939; umur 75 tahun) adalah seorang pengusaha pengeboran minyak Kanada yang juga menjadi pemasok peralatan yang pada awal tahun 1970 meraup keuntungan besar dari bisnis minyak di Laut Utara dan memutuskan untuk bergabung dengan dunia Formula Satu.

Wolf dilahirkan di Graz, Austria. Ibunya adalah seorang Slovenia dari Bawah Styria, sementara ayahnya adalah seorang Austria. Setelah Anschluss, keluarganya pindah ke Kerajaan Yugoslavia. Wolf menghabiskan masa kecilnya di Maribor, Slovenia. Setelah ayahnya kembali dari sebuah kamp militer internasional Soviet pada tahun 1951, keluarganya pindah ke Wuppertal di Jerman Barat. Pada tahun 1958, mereka pindah ke Kanada.

Di Kanada, Wolf menjadi pengusaha terkenal. Pada awalnya dananya membantu menopang tim Frank Williams sebelum meninggalkan Williams pada tahun 1977 untuk membentuk "Williams Grand Prix Engineering" (kemudian tim Williams F1). Tim Wolf melanjutkan diri sebagai Walter Wolf Racing dan sebelum akhirnya pada tahun 1979 berhasil memenangkan tiga Grand Prix F1.

Pada tahun 1993 Wolf membantu membiayai AS gagal Aparatur Pemadam Kebakaran "Firewolf Industri", bertempat di gedung bekas pabrik pesawat Piper dekat Lakeland, Florida. Aktor / mobil vintage kolektor L. Kristen Mixon, bekerja sebagai manajer penjualan untuk sebentar perusahaan ini pada tahun 1993.

Pada tahun 2008, dia terlibat dalam peristiwa yang disebut Patria, skandal korupsi yang melibatkan perusahaan Finlandia Patria. Program MOT investigasi perusahaan Finlandia ini penyiaran YLE membuat klaim bahwa ia adalah seorang mediator dalam membayar uang suap untuk pejabat pemerintah Slovenia, termasuk Perdana Menteri Janez Janša. Kedua Wolf dan Janša menolak semua tuduhan sebagai tidak benar. Polisi Finlandia mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap dia, tapi sejauh ini ia belum tertangkap.