Wikipedia:Kelayakan artikel/Desa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kriteria kelayakan

Kriteria umum


Kriteria khusus

Tokoh
Olahragawan
Musisi

Sekolah
Organisasi
Perusahaan

Web
Desa

Kebijakan kelayakan artikel desa bertujuan untuk melindungi sifat ensiklopedis Wikipedia sebagai sebuah Ensiklopedia Bebas dalam menghasilkan konten bebas yang dapat dipercayai dan diaplikasikan oleh siapa saja. Halaman ini berisi ketentuan yang dipakai untuk menentukan kelayakan artikel khususnya mengenai artikel kelurahan dan desa atau yang setingkat di Indonesia.

Apabila artikel tidak memenuhi minimal satu kriteria yang disebutkan di bawah, maka artikel yang bersangkutan dapat dihapus melalui prosedur penghapusan atau dialihkan ke pembagian administratif di atasnya. Jika hasil prosedur penghapusan menyatakan "diterima" maka artikel yang bersangkutan dinyatakan "layak".

Kebijakan ini juga akan berlaku kepada artikel-artikel yang dibuat sebelum kebijakan ini disetujui.

Pendahuluan[sunting | sunting sumber]

Sebuah artikel mengenai kelurahan atau desa di Indonesia yang ditulis di Wikipedia bahasa Indonesia harus memiliki standar akan hal-hal perlu diketahui oleh publik dan mengandung informasi yang berguna dan bernilai ensiklopedis.

Saat ini ada lebih dari 80.000 artikel tentang kelurahan/desa di Indonesia (dari 345.545 artikel). Hampir semuanya hanya memiliki satu-dua kalimat, dan banyak di antaranya yang tidak memberikan informasi yang berguna, seperti luas wilayah dan jumlah penduduk, serta referensi apa pun.

Kebijakan kelayakan artikel yang berhubungan
  • "Pembahasan yang signifikan" berarti sumber membahas subyek secara langsung, mendetail, dan nontrivial.1
  • "Sumber",2 didefinisikan dalam Wikipedia sebagai sumber sekunder, harus dapat memberikan bukti kelayakan yang obyektif. Lebih dari satu sumber lebih baik.
  • "Tepercaya" berarti sumber dapat digunakan untuk pemastian kelayakan, sesuai pedoman sumber tepercaya.

Kriteria umum[sunting | sunting sumber]

Sebuah kelurahan atau desa disebut layak apabila memenuhi minimal satu kriteria umum berikut:

  • Informasi standarnya lengkap. yang dimaksud dengan informasi standar adalah: luas wilayah, jumlah penduduk, dan informasi administratif lainnya.
  • Memiliki informasi tambahan di luar informasi standar di atas yang menjadikannya layak untuk berdiri sendiri sebagai artikel, alih-alih hanya bagian dari artikel kecamatan.
  • Memiliki minimal satu sumber, baik sumber buku maupun sumber pranala yang membuktikan keberadaan entitas kelurahan atau desa tersebut. (lihat WP:V)

Artikel kelurahan/desa yang tidak memenuhi pedoman[sunting | sunting sumber]

Apabila suatu artikel belum memperlihatkan unsur kelayakan, usahakan untuk memperbaikinya dengan cara:

  1. Perbaiki sendiri. Carilah referensi terpercaya dari internet atau media lain
  2. Gunakan {{gnt:tak layak}} untuk menarik perhatian penyunting lain
  3. Apabila belum berhasil ditemukan unsur kelayakan dua minggu setelah diberikan {{gnt:tak layak}}, templat tersebut akan menarik perhatian pengurus untuk mengalihkan artikel tersebut ke sub pembagian administratif di atasnya.
  4. Langsung berikan templat {{gabung:desa}}

Catatan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]