Wikipedia:Pengurus bukanlah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:ANOT)
Halaman ini adalah sebuah esai di Wikipedia bahasa Indonesia.
Esai ini berisi nasihat atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor di Wikipedia. Halaman ini bukan merupakan kebijakan atau pedoman Wikipedia, karena belum benar-benar disepakati oleh komunitas. Beberapa esai dapat menunjukkan norma yang berlaku secara luas; sedangkan yang lainnya mewakili sudut pandang minoritas.
Kepengurusan (daftar otomatis)
Birokrat
Pemeriksa
Pengawas
Pengurus antarmuka
Penatalayan
Pemilihan pengurus
KebijakanSistem pemilihan
Pemungutan suara (arsip)
Permohonan status (arsip)
Permohonan pencabutan status (arsip)
Tanggung jawab
Pengurus bukanlah
Pedoman peralatan pengurus
Nasihat bagi pengurus baru
Permintaan perhatian pengurus

Dengan berlalunya waktu, kepengurusan Wikipedia seringkali dianggap sebagai suatu pencapaian tertentu bagi seorang pengguna Wikipedia. Komunitas Wikipedia harus memiliki pemahaman bahwa kepengurusan Wikipedia bukanlah sebuah piala kemenangan, bukan jabatan, tidak menjadikan seseorang memiliki kekebalan diplomatik, bukanlah permainan, dan tidak untuk dijual!

Kepengurusan bukanlah...[sunting sumber]

Kepengurusan bukan sebuah piala kemenangan[sunting sumber]

Pengurus adalah pengguna biasa dengan sapu dan pengki

Seseorang yang beranggapan bahwa menjadi pengurus adalah penghargaan atas kontribusi mereka sebagai seorang penyunting pada umumnya akan berakhir dengan kekecewaan. Status pengurus tidak menempatkan Anda pada tingkat yang lebih tinggi dalam Wikipedia. Status ini tidak serta-merta menunjukkan bahwa seorang pengurus adalah seorang pengguna dengan artikel yang bagus atau artikel terpilih. Setiap penyunting dengan niat baik, mulai dari pengguna baru hingga birokrat yang paling berpengalaman sekali pun, memiliki status yang sama di Wikipedia. Anda dihormati di Wikipedia bukan dengan menjadi pengurus. Kata "pengurus" haruslah diartikan sebagai "fasilitator di Wikipedia" ketimbang sebagai "pengontrol pengguna Wikipedia".

Menjadi seorang pengurus hanyalah sekadar menambahkan akses ke peralatan-peralatan pemeliharaan yang tidak dapat diberikan kepada semua pengguna karena berpotensi untuk disalahgunakan. Karena itu, mendapatkan status pengurus hanyalah sekadar pernyataan sederhana bahwa pengguna yang bersangkutan adalah seorang pengguna normal yang dipandang oleh komunitas sebagai mereka yang mampu mempergunakan peralatan tambahan secara bertanggung jawab dan menggunakannya secara produktif.

Kepengurusan bukan sebuah jabatan[sunting sumber]

Memiliki jumlah suntingan yang banyak dan memiliki dedikasi bagi Wikipedia seringkali dianggap sebagai kemampuan untuk menjadi pengurus. Namun demikian, kontribusi saja tidak dapat menjadikan seseorang sebagai pengurus. Kandidat dengan jumlah suntingan yang banyak kadang-kadang juga tidak terpilih dalam pemungutan suara untuk pengurus dengan beragam alasan. Janganlah diambil hati dan bukan berarti bahwa komunitas ini tidak menghargai kontribusi Anda. Kadang-kadang seorang kontributor yang baik dianggap tidak memiliki temperamen yang memadai untuk menjadi pengurus; tapi mereka sangatlah berharga bagi komunitas.

Kepengurusan tidak memberikan kekebalan diplomatik[sunting sumber]

Setiap pengurus harus menyadari bahwa mereka berfungsi untuk melayani Wikipedia secara keseluruhan. Semua kebijakan yang ada di komunitas berlaku juga bagi mereka sebagaimana bagi pengguna lainnya. Pengurus dapat diblokir, dilucuti hak kepengurusannya, atau bahkan dikeluarkan dari komunitas. Para pengurus wajib mengikuti seluruh kebijakan Wikipedia, seperti tiga kali pengembalian, menjunjung tinggi konsensus dan sudut pandang netral.

Kepengurusan bukanlah permainan[sunting sumber]

Mengajukan diri sendiri atau pengguna lain sebagai pengurus bukanlah sebuah permainan, bukan undian, dan harus diperlakukan dengan serius. Ketika Anda menjadi seorang pengurus bukanlah untuk sesuka hati memblokir/membuka blokir, menghapus/mengembalikan penghapusan, ataupun memproteksi/membuka proteksi halaman seenaknya.

Kepengurusan tidak untuk dijual[sunting sumber]

Anda, dan hanya Anda sendirilah yang boleh mengakses peralatan tambahan pengurus. Akses Anda sebagai seorang pengurus dapat dicabut bila Anda diketahui mengizinkan orang lain untuk mempergunakan akun pengguna Anda.

Kepengurusan tidak dibayar[sunting sumber]

Kepengurusan, termasuk para penyunting dan kontributor, adalah pekerjaan sukarela. Artinya, mereka tidak menerima bayaran atau kompensasi finansial atas kontribusi mereka dalam mengelola dan mengembangkan proyek Wikipedia. Para sukarelawan Wikipedia bekerja dengan tujuan berbagi pengetahuan dan memelihara sumber daya informasi daring ini untuk manfaat umum, tanpa motif keuntungan materi.

Lihat pula[sunting sumber]