Vuelta Ciclista al País Vasco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tour of the Basque Country
Tour of the Basque Country 2014
Rincian balapan
PelaksanaanAwal April
LokasiBasque Spanyol
Nama lokal
  • Vuelta al País Vasco (Spanyol)
  • Euskal Herriko itzulia (Basque)
DisiplinJalan raya
KompetisiUCI World Tour
TipeBalap tahapan
Sejarah
Edisi pertama1924 (1924)
Edisi terbaru61 (pada tahun 2022)
Juara pertama Francis Pélissier (FRA)
Juara terbanyak José Antonio González (ESP) (4 kemenangan)
Juara bertahan Daniel Martinez (COL)

Tour of the Basque Country (Spanyol: Vuelta Ciclista al País Vasco, bahasa Basque: Euskal Herriko Itzulia) adalah sebuah balap sepeda tahapan tahunan yang diadakan di Basque Spanyol/Pais Vasco pada bulan April. Balap ini pertama diadakan pada tahun 1924. Antara tahun 1935 dan 1969 balapan tidak secara resmi diadakan, meskipun balapan yang mirip diadakan pada tahun 1939 hingga 1969. Balapan ini disebutkan dan dijelaskan dalam novel Ernest Hemingway The Sun Also Rises. Balapan ini juga menjadi salah satu dari 24 balapan dalam kalender UCI World Tour.

Pemenang pertama dari Vuelta Ciclista al Pais Vasco adalah Francis Pélissier dari Prancis, sedangkan pemenang pertama dalam era modern (1969) adalah Jacques Anquetil, juga dari Prancis. Pembalap tersukses dalam sejarah Vuelta ini adalah José Antonio González Linares dari Spanyol, yang memenagkan balapan sebanyak empat kali pada tahun 1972, 1975, 1977 dan 1978.

Karena Pais Vasvo adalah wilayah yang bergunung-gunung, hanya terdapat sedikit tahapan datar, dan balapan ini menarik bagi banyak penanjak kuat. Sebagian besar tanjakan di Vuelta ini secara umum tidak terlalu tinggi dalam standard balap sepeda professional, tetapi sering kali sangat terjal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]