Volver

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Volver
Sutradara Pedro Almodóvar
Produser Esther Garcia
Penulis Pedro Almodóvar
Pemeran Penélope Cruz
Carmen Maura
Lola Dueñas
Blanca Portillo
Yohana Cobo
Chus Lampreave
Musik Alberto Iglesias
Sinematografi Jose Luis Alcaine
Penyunting José Salcedo
Distributor Sony Pictures Classics
Tanggal rilis 6 Maret 2006
Durasi 91 menit
Negara Bendera Spanyol Spanyol
Bahasa Spanyol
Anggaran 9,4 juta €

Volver adalah film tahun 2006 asal Spanyol yang ditulis dan disutradarai oleh Pedro Almodóvar. Film ini dibintangi aktris Penélope Cruz dan Lola Dueñas yang berperan sebagai kakak adik, dan Carmen Maura sebagai ibu mereka. Volver memenangkan kategori Skenario Terbaik dan Aktris Terbaik (dimenangkan bersama-sama oleh enam aktrisnya) dalam 2006 Cannes Film Festival. Pada tahun 2007, Penelope Cruz dinominasikan sebagai Aktris Terbaik dalam Academy Awards ke-79, namun kalah dengan terhormat kepada Helen Mirren untuk film The Queen.

Plot[sunting | sunting sumber]

Raimunda (Penélope Cruz) dan Sole (Lola Dueñas) adalah dua kakak beradik yang kedua orangtuanya tragis tewas tiga tahun lalu dalam kebakaran rumah di La Mancha. Keduanya kini tinggal di Madrid dan senantiasa kembali ke La Mancha untuk membersihkan makam orangtua mereka sekaligus untuk mengunjungi bibi mereka yang sudah lanjut usia, Paula (Chus Lampreave). Agustina (Blanca Portillo), tetangga Bibi Paula, bercerita bahwa dia sering melihat hantu ibu Raimunda dan Sole, Irene (Carmen Maura), mengobrol dengan Bibi Paula.

Pada suatu malam, Sole sendiri melihat hantu Irene keluar dari bagasi mobilnya, ketika ia pulang ke Madrid sendirian dari pemakaman Bibi Paula yang baru meninggal di La Mancha. Paula mengungkapkan bahwa dia punya urusan yang belum selesai, dan ingin tinggal dengan Sole untuk beberapa saat. Ketakutan, Sole pun mengizinkan ibunya untuk tinggal. Sole yang membuka salon kecantikan tidak berizin di apartemen nya, kemudian memperkenalkan Irene sebagai perempuan asal Rusia yang tidak mengerti bahasa Spanyol kepada para pelanggannya. Sambil tinggal di sana, Irene pun kemudian mulai bekerja membantu Sole di salon. Karena Sole terus mendesak ingin tahu alasan Irene sesungguhnya kembali ke dunia, Irene akhirnya mengaku bahwa ia ingin bertemu putrinya yang lain, Raimunda, dan mencari tahu kenapa Raimunda membencinya.

Sementara itu Paco, suami Raimunda, berusaha memperkosa Paula (Yohana Cobo), putri Raimunda, sambil mengaku bahwa dia bukan lah ayah kandung dari Paula. Untuk melindungi dirinya, Paula menikam Paco dengan pisau hingga tewas. Mengetahui hal ini, Raimunda dan Paula bergegas menyembunyikan mayat Paco di dalam lemari es restoran milik tetangganya. Sang pemilik restoran yang sedang pergi ke luar kota telah meninggalkan kuncin kepada Raimunda, agar calon pengontrak restoran yang baru bisa melihat-lihat bangunan sepeninggalnya.

Pada suatu hari, sebuah rombongan film tiba untuk memproduksi film di daerah tempat tinggal Raimunda. Raimunda tanpa sepengetahuan sang tetangga, kemudian membuka restorannya sebagai jasa boga kepada mereka. Raimunda juga menjelaskan kepada Paula, bahwa Paco memang bukanlah ayah kandungnya dan dia bernjanji akan menceritakan semuanya suatu saat nanti.

Kembali di La Mancha, Agustina didiagnosis menderita kanker dan harus pergi ke Madrid untuk pengobatan lebih lanjut . Ketika Raimunda membesuknya di Madrid, Agustina memohon Raimunda menanyakan hantu Irene akan nasib ibunya yang juga menghilang dalam kebakaran tiga tahun lalu, seandainya Raimunda bertemu hantu Irene nanti.

Setelah meninggalkan Paula di rumah Sole, Raimunda menyewa mobil dan pergi ke Júcar, 180 kilometer di luar Madrid. Di sanalah dibantu dengan seorang tetangganya yang tidak tahu-menahu, Raimunda kemudian mengubur lemari es yang berisi mayat Paco. Seementara itu Paula kemudian berkenalan dengan hantu neneknya di rumah Sole.

Keesokan malamnya, Agustina datang ke restoran untuk menanyai, apakah Raimunda sudah bertemu dengan hantu Irene. Agustina kemudian membeberkan rahasia bahwa ayah Raimunda pernah bereselingkuh dengan ibunya, namun tidak tahu alasan ibunya menghilang di hari yang sama ketika orangtua Raimunda tewas dalam kebakaran.

Ketika Raimunda menjemput Paula di rumah Sole, Raimunda akhirnya bertemu hantu Irene. Raimunda marah, ketakutan, dan terlebih lagi tidak mengerti apakah ibunya masih hidup atau sudah meninggal. Irene kemudian mengaku bahwa dia masih hidup dan tidak pernah meninggal dalam kebakaran. Alasan Raimunda membenci ibunya pun akhirnya terungkap. Ayah Raimunda ternyata melecehinya secara seksual, hinga Raimunda hamil. Raimunda kecewa ibunya tidak pernah tahu mengenai hal ini. Ia melarikan diri ke Madrid, menikah dengan Paco, dan melahirkan Paula, yang bukan saja putrinya melainkan juga adiknya sendiri. Irene menjelaskan, bahwa dirinya tidak pernah mengetahui hal ini, sampai kakaknya, Paula, memberitahunya. Irene menjadi marah besar dan membakar rumahnya sendiri, tepat ketika suaminya sedang tidur dengan ibu Agustina. Irene kemudian pergi tinggal di pedesaan sebelum akhirnya diam-diam kembali ke La Mancha untuk merawat Bibi Paula yang sakit-sakitan. Bibi Paula yang pernah sakit jiwa, menyambut Irene seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Karena takhyul masih hidup di La Mancha, polisi dan para tetangga yang sesekali melihat Irene, hanya mengiranya sebagai hantu.

Irene, Raimunda, Sole, dan Paula kemudian dipersatukan kembali di rumah Bibi Paula. Irene kemudian menampakkan dirinya kepada Agustina yang sudah kembali ke La Mancha, berpura-pura sebagai hantu dirinya. Irene memohon agar diizinkan merawat Agustina yang kondisinya semakin buruk, karena Irene merasa bersalah telah membunuh ibunya. Pada adegan terakhir, Raimunda mengunjungi Irene di rumah Agustina. Keduanya berpelukan dan berjanji untuk memperbaiki hubungan mereka kembali.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Menang[sunting | sunting sumber]

  • 2006 Cannes Film Festival:
    • Aktris Terbaik (Penélope Cruz, Carmen Maura, Lola Dueñas, Blanca Portillo, Yohana Cobo dan Chus Lampreave)
    • Skenario Terbaik (Pedro Almodóvar)

Nominasi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]