Vladimir Vysotsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Vladimir Vysotsky
Vladimir vysotsky.jpg
Vladimir Vysotsky, 1972.
Latar belakang
Lahir 25 Januari 1938
Asal Moskow, Uni Soviet
Meninggal 25 Juli 1980 (umur 42)
Genre Bard
Chanson Rusia
Pekerjaan Penyanyi, bard, penulis lagu, aktor
Instrumen Gitar tujuh dawai, vokal
Tahun aktif 1959–1980

Vladimir Semyonovich Vysotsky (bahasa Rusia: Влади́мир Семёнович Высо́цкий [vɫɐˈdʲimʲɪr sʲɪˈmʲonəvɪt͡ɕ vɨˈsot͡skʲɪj]) (25 Januari 1938 – 25 Juli 1980) adalah seorang penyanyi, penulis lagu, penyair, dan aktor Uni Soviet yang kariernya memiliki efek besar dan abadi pada budaya Rusia. Ia menjadi dikenal secara luas untuk gaya menyanyi yang unik dan lirik, yang menampilkan komentar sosial dan politik di jalanan sering jargon lucu. Dia juga tahap menonjol dan aktor layar. Meskipun karyanya diabaikan oleh pembentukan budaya resmi Soviet, ia mencapai ketenaran yang luar biasa selama hidupnya, dan sampai hari ini memiliki pengaruh signifikan pada banyak musisi populer Rusia dan aktor yang ingin meniru status ikonik-nya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Vladimir Vysotsky lahir di Moskow di rumah sakit bersalin 3rd Meshchanskaya St. (61/2).[1] Ayahnya, Semyon Vladimirovich (1915-1997), seorang kolonel di tentara, Yahudi, berasal dari Kiev. Ibunya, Nina Maksimovna, (Seryogina née, 1912-2003) adalah Rusia, dan bekerja sebagai penerjemah bahasa Jerman.[1] Keluarga Vysotsky tinggal di sebuah flat komunal Moskow di kondisi yang keras, dan memiliki kesulitan keuangan yang serius. Ketika Vladimir berusia 10 bulan, Nina harus kembali ke kantornya di biro Transkrip Departemen Geodesi dan Kartografi Uni Soviet (terlibat dalam membuat peta Jerman tersedia bagi militer Soviet) sehingga dapat membantu suaminya mencari nafkah keluarga.[2]

Kecenderungan luar biasa Vladimir teater menjadi jelas pada usia yang sangat dini, dan didukung oleh ayah nenek Dora nya Bronshteyn, penggemar teater. Anak itu digunakan untuk membaca puisi, berdiri di atas kursi dan "melemparkan rambutnya ke belakang, seperti penyair nyata", sering menggunakan ekspresi dalam pidato publiknya ia hampir tidak bisa mendengar di rumah. Sekali, pada usia dua, ketika ia lelah permintaan puisi tamu keluarga ', ia, menurut ibunya, duduk sendiri di bawah pohon Baru tahun dengan udara frustrasi tentang dia dan mendesah: "Anda tossers konyol Berikan! anak peristirahatan! "Rasa humor luar biasa, tetapi sering membingungkan bagi orang-orang di sekitarnya. A tiga tahun bisa mengejek ayahnya di kamar mandi dengan improvisasi puitis yang tak terduga ("Sekarang lihat apa yang ada di sini sebelum kami/kambing kami mencukur dirinya sendiri!")[3] atau tamu yang tidak diinginkan menggemparkan dengan beberapa lagu rakyat jalanan, segera mengarahkan mereka pergi. Vysotsky teringat tiga tahun pertama hidupnya dalam otobiografinya Ballad of Childhood (Баллада о детстве, 1975), salah satu lagunya yang paling terkenal.[4]

Karier profesional[sunting | sunting sumber]

Pada 1955, Vladimir terdaftar dalam Institut Teknik Sipil Moskow (МИСИ), namun keluar setelah hanya satu semester untuk mengejar karier akting. Pada bulan Juni 1956 ia bergabung dengan kelas Boris Vershilov di Teater Seni Moskow Studio-Institute. Di sanalah ia bertemu dengan mahasiswa tingkat 3, Iza Zhukova (yang empat tahun kemudian menjadi istrinya); segera dua kekasih ini menetap di 1 Meschanskaya. Di studio itu pula, Vysotsky bertemu Bulat Okudzhava untuk pertama kalinya, seorang penyair bawah tanah yang sudah populer. Dia bahkan lebih terkesan oleh guru sastra Rusianya Andrey Sinyavsky yang bersama dengan istrinya sering mengundang siswa ke rumahnya untuk tahap perselisihan improvisasi dan konser. Pada tahun 1958, ia mendapat peran MAT pertamanya (Teater Seni Moskow): bahwa dari Porfiry Petrovich di Dostoyevsky's Crime and Punishment.[1][5] A short stint in 1962 with the Moscow Theater of Miniatures (administered at the time by Vladimir Polyakov) ended with him being fired, officially "for a total lack of sense of humour".[6]

Gaya bermusik[sunting | sunting sumber]

Secara musikal, hampir semua lagu Vysotsky itu dituliskan dalam sebuah kunci minor, dan cenderung untuk mempekerjakan tiga sampai tujuh akord. Vysotsky terdiri lagu dan memainkan mereka secara eksklusif pada gitar tujuh senar Rusia, sering disetel nada, atau nada-dan-setengah di bawah penyetelan Rusia tradisional "Open G mayor". Gitar ini, dengan penyetelan Rusia khusus nya, membuat sedikit perbedaan namun penting dalam akor suara dari setelan standar enam senar gitar Spanyol (klasik), dan menjadi pokok dari suaranya. Karena Vysotsky menyetel turun nada setengah, dawainya memiliki ketegangan kurang, yang juga mewarnai suara.

Lagu-lagunya paling awal biasanya ditulis dalam C minor (dengan gitar disetel nada turun dari DGBDGBD untuk CFACFAC), dengan menggunakan bentuk kord berikut:

Nama Kord nomor Fret (bass ke string tenor)
C minor [0 X 3 3 2 3 3]
A sharp 7 rootless [X 0 5 5 3 5 5]
A major [X 5 5 5 5 5 5]
E major [X X 6 X 5 6 7]
F 7 rootless [X X 7 7 5 7 7]
D minor [X 0 8 8 7 8 8]
F major [2 2 2 2 2 2 2]

Lagu yang ditulis dalam kunci ini termasuk "Stars" (Zvyozdy), "Teman saya telah meninggalkan untuk Magadan" (Moy drug uyekhal v Magadan), dan sebagian dari "Lagu larangan".

Pada sekitar 1970, Vysotsky mulai menulis dan bermain secara eksklusif di A minor (gitar disetel untuk CFACFAC), yang ia teruskan melakukannya sampai kematiannya. Bentuk akord utama ia mendasarkan pada lagu adalah:

Nama akor Nomor Fret (bass ke string tenor)
A minor [X X 0 4 4 3 4]
A major [X X 4 4 4 4 4]
D minor [X X 5 5 4 5 5]
E 7 [X X X 4 3 2 2]
F major [2 2 2 2 2 2 2]
C major [X X X 0 2 3 4]
A 7 rootless [X X 4 4 2 4 4]

Vysotsky menggunakan jari-jarinya, bukannya pick, untuk memetik dan memetik, seperti tradisi dengan bermain gitar Rusia. Dia menggunakan berbagai memetik jari dan teknik memetik. Salah satu favoritnya adalah untuk memainkan alternating bass dengan ibu jarinya saat ia dipetik atau memetik dengan jari-jari yang lain.

Seringkali, Vysotsky akan lalai untuk memeriksa tuning gitarnya, yang terutama terlihat pada rekaman sebelumnya. Menurut beberapa catatan, Vysotsky akan marah ketika teman akan berusaha untuk menyempurnakan gitarnya, mengakibatkan beberapa percaya bahwa ia lebih suka bermain sedikit tidak selaras sebagai pilihan gaya. Sebagian besar ini juga disebabkan fakta bahwa gitar yang disetel turun lebih dari 1 langkah keseluruhan (Vysotsky terkadang menyetel sebagai sebanyak 2 dan langkah-langkah setengah ke bawah) adalah rentan terhadap masalah intonasi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Новиков В. И. — Высоцкий. 6-е изд. М., Молодая гвардия, 2010. Серия: Жизнь замечательных людей. Вып. 1248. 474 с. ISBN 978-5-235-03353-5. Хронология. Стр. 444. (Vysotsky's life chronology, p.444)
  2. ^ V. Novikov, p.12.
  3. ^ Вы смотрите, что творится/Наш козел решил побриться!
  4. ^ Svetlana Zubrilina (1998). "Vladimir Vysotsky. Pages of biography. Page 2". Diakses 2011-01-01. 
  5. ^ V. Novikov, p.24-32.
  6. ^ V. Novikov, p.47.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber Bahasa Inggris[sunting | sunting sumber]

My Life on Stage

(autobiographical reminiscences)

Sumber Bahasa Rusia[sunting | sunting sumber]

Vladimir Vysotsky. 1980. Moscow. Sampo, 1998. 272 p.