Viva Aerobus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Viva Aerobus
IATA ICAO Kode panggil
VB VIV AEROENLACES
Didirikan2006
AOC #V8OF230F[1]
Penghubung
Kota fokus
Program penumpang setiaViva Fan[3]
Armada79[4]
Perusahaan indukInversionistas en Autotransportes Mexicanos S.A. de C.V.
Kantor pusatBandar Udara Internasional Monterrey, Apodaca, Meksiko
Tokoh utamaRoberto Alcántara (Ketua)
Juan Carlos Zuazua (CEO)
Robert Zoller (COO)
Manuel Ambriz (CCO)
Alan Bird (CFO)
Situs webvivaaerobus.com

Aeroenlaces Nacionales, S.A. de C.V., berdagang sebagai Viva Aerobus, merupakan sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah yang dimiliki oleh pendiri maskapai bertarif rendah terbesar di Eropa, Ryanair.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Viva Aerobus memulai operasinya pada 30 November 2006 dengan hub di Bandar Udara Internasional General Mariano Escobedo (MTY), di Monterrey, Nuevo León, Meksiko. Viva Aerobus mnghubungkan Bandar Udara Internasional General Mariano Escobedo dengan destinasi di Meksiko dan Amerika Serikat.

Maskapai ini dimiliki oleh keluarga Ryan, pendiri Ryanair, dan perusahaan bus Meksiko, IAMSA. Keluarga Ryan bergabung dengan Maurice Mason dari Kite Investments untuk mendirikan "RyanMex" bertujuan untuk memfasilitasi investasi keluarga Irlandia tersebut pada maskapai penerbangan Meksiko. RyanMex akan memegang 49% saham maskapai baru tersebut, sementara IAMSA memegang saham yang tersisa. Penerbangannya dimulai dengan investasi awal sebesar $50 juta dan 2 Boeing 737-300 dengan warna hijau dan logo titik berwarna merah. Maskapai ini berharap dapat mengangkut satu juta penumpang pada tahun pertamanya.

Tarif Viva Aerobus dipotong hingga 50%, dalam pertumbuhan industri yang dimulai sejak tahun lalu itu dengan kemunculan maskapai bertarif rendah pertama Meksiko (Avolar, Click Mexicana, Interjet, Volaris) dan privatisasi Mexicana, satu dari dua maskapai top lokal.

Destinasi[sunting | sunting sumber]

Viva Aerobus melayani destinasi di Meksiko berikut ini (Juni 2007):

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Viva Aerobus Air Operators Certificate". Airline Certificate Information–AEROENLACES NACIONALES S A DE C V. Diakses tanggal 20 December 2018. 
  2. ^ https://www.vivaaerobus.com/es-mx/sala-de-prensa/comunicados/nacional-220902-base-mid
  3. ^ "Cheap flights with Viva Fan | Viva Aerobus Airline". 
  4. ^ "Viva Aerobus receives its 79th aircraft with new interiors" (dalam bahasa Spanish). EnElAire. October 2023. Diakses tanggal October 18, 2023.