Vitali Klitschko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Vitali Klitschko
Vitali Klitschko 2009 01 27.jpg
Statistik
Nama asli Vitali Volodymyrovych Klychko
Nama panggilan Dr. Ironfist
Tinggi 2.01 m (6 ft 7 in)[1]
Mencapai 201 cm (79 in)
Kebangsaan Ukraina
Lahir 19 Juli 1971 (umur 43)
Belovodsk, RSS Kirgizstan
Sikap Orthodox
Catatan tinju
Total perkelahian 47
Menang 45
Menang oleh KO 41
Kalah 2
Imbang 0
Tanpa kontes 0

Vitali Klitschko (Ukraina: Віта́лій Володи́мирович Кличко́; lahir 19 Juli 1971) merupakan seorang petinju berkebangsaan Ukraina. Saat ini dia menjabat sebagai pemimpin Partai Aliansi Demokratik Ukraina untuk Reformasi.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia memulai karir tinju profesional pada tahun 1996, memenangkan empat perkelahian awal baik oleh KO atau TKO (TKO). Ia dan Wladimir Jerman menandatangani kontrak dengan perusahaan promosi atlet universum. Dengan kedua saudara laki-lakinya memegang Ph.D. dan menjadi multibahasa, mereka mengartikulasikan halus dan kepribadian yang dibuat untuk pemasaran mainstream ketika mereka pindah ke Jerman dan universum.

Pada saatnya, mereka menjadi selebriti nasional di negara asal mereka. Dalam pertarungan 25 pro, pada tanggal 26 Juni 1999, Klitschko memenangkan gelar WBO kelas berat dari Herbie Hide dari Inggris Raya oleh 2nd round KO.

Ia berhasil mempertahankan gelar dua kali sebelum 1 April tahun 2000 pertandingan melawan Amerika Chris Byrd. Mengeluhkan nyeri bahu, Vitali dan sudut melemparkan handuk setelah ronde kesembilan meskipun membawa petunjuk pada ketiga hakim ‘Scorecard (89-82, dan 88-83 dua kali). Klitschko, yang kemudian didiagnosis dengan manset rotator robek, menerima banyak kritik untuk berhenti berjuang.

Klitschko mulai berkampanye untuk walikota Kiev lama setelah pensiun. Ia kalah dalam pemilihan wali kota 2006 Leonid Chernovetsky tetapi ditempatkan kedua dengan 26% suara, di depan Oleksandr Omelchenko incumbent. Klitschko berkampanye pada platform anti-korupsi yang terkait dengan pesta Pora. Analis menyatakan relatif terlambat masuk ke dalam biaya kampanye mungkin dia suara.

Namun, ia terpilih sebagai wakil rakyat di Dewan Kota Kiev. Pada Mei 2008 Kiev menuju Pilkada ia berlari lagi dan memenangkan 18% suara. Partainya, Vitaliy Klychko Blok, memenangkan 10,61% suara dan 15 kursi dan lagi-lagi ia terpilih ke Dewan Kota Kiev. Pada tahun 2008 ia juga ditunjuk untuk Ukraina delegasi dari Kongres Dewan Eropa.

Vitali dan saudaranya juga telah terlibat dalam kegiatan-kegiatan amal yang didedikasikan untuk mendukung kebutuhan sekolah, gereja dan anak-anak. Pada 2002, saudara-saudara Klitschko mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk bekerja secara khusus untuk UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) yang mendukung lebih dari 180 proyek di 87 negara.

Ayah mereka, Rodionovich Vladimir Klitschko, adalah seorang Kolonel Angkatan Udara Soviet. Ibu mereka adalah Nadezhda Ulyanovna.

Ia menikah dengan Natalia Egorova, mantan atlet dan model. Mereka bertemu di Kiev dan menikah pada April 1996. Dia memiliki tiga orang anak, Egor-Daniel, Elizabeth-Victoria dan Max (dinamai setelah mantan World Heavyweight Champion Max Schmeling).

Pada tahun 1996, ia lulus dari Pedagogical Pereyaslav-Khmelnytsky Institute (Ukraina) dan diterima dalam program studi pascasarjana di Kyiv University. Pada tanggal 29 Februari 2000, ia menyajikan tesis doktoralnya tentang “bakat dan sponsor dalam olahraga” di Universitas Kiev Ilmu Fisik dan Olahraga, dan Ph.D. dalam Ilmu Olahraga berunding.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boxing | BoxRec. boxrec.com. Retrieved on 2011-05-10.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]