Viscount I Frederick John Napier Thesiger Chelmsford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Viscount I Frederick John Napier Thesiger Chelmsford



Viscount I Frederick John Napier Thesiger Chelmsford adalah seorang administrator dan negarawan koloni Inggris yang yang lahir pada tanggal 12 Agustus 1868 di London, Inggris dan meninggal pada tanggal 1 April 1933 di tempat yang sama.[1][2] Chelmsford pernah menjabat sebagai gubernur kota Queensland dan New South Wales untuk beberapa tahun sebelum menjadi seorang Viceroy untuk India.[1][2] Dia berperan dalam reformasi institusi pemerintahan India dengan menambah perwakilan orang-orang India untuk masuk ke dalam pemerintahan namun juga memprovokasi perlawanan terhadap para kaum nasionalis.[1][2] Dia adalah putra sulung dari Baron Chelmsford dan ibunya adalah cucu dari seorang Mayor Jendral dari tentara Bombay. Chelmsford menempuh pendidikan di Magdalen College, Oxford University.[1][2] Kemudian dia melayani baik di London School Board dan Kounsil Negara. Pada tahun 1905 dia meneruskan ayahnya sebagai Baron Chelmsford dan kemudian terpilih menjadi gubernur dari negara bagian Queensland.[1][2] Pada tahun 1909 ia menjadi Gubernur New South dan menjadi aktif dan populer walaupun sering menghadapi konflik politik dan pekerjaan yang banyak.[1][2] Ketika dia pensiun pada tahun 1921, Chelmford mendapatkan gelar Viscount dan pada tahun 1924 menjadi first lord of the Admiralty dalam pemerintahan Ramsay Macdonald.[1][2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) "Viscount I Frederick John Napier Thesiger Chelmsford". Britannica. Diakses tanggal 20 juni 2014. 
  2. ^ a b c d e f g (Inggris) "Viscount I Frederick John Napier Thesiger Chelmsford". Your Dictionary. Diakses tanggal 20 juni 2014.