Infeksi papilomavirus manusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Virus papiloma manusia)
Infeksi papilomavirus manusia
Informasi umum
SpesialisasiPenyakit menular Sunting ini di Wikidata
Infeksi papilomavirus manusia
EM of papillomavirus
Klasifikasi virus
Grup:
Grup I (dsDNA)
Famili:
Papovaviridae

[1]Infeksi papilomavirus manusia adalah virus yang menyerang kulit dan membran mukosa manusia dan hewan. Lebih dari 100 jenis papilomavirus manusia telah diidentifikasikan.

Human papillomavirus (HPV) adalah infeksi menular seksual (IMS).[1] Beberapa jenis papilomavirus dapat menyebabkan kutil, sementara lainnya dapat menyebabkan infeksi yang menyebabkan munculnya lesi. Semua HPV ditransmisikan melalui hubungan kulit ke kulit. Penularan bisa me lalui hubungan seksual. Terdapat banyak tipe dari virus ini namun yang paling berbahaya adalah tipe 16 dan 18.

Bagaimana penularan HPV?[sunting | sunting sumber]

Siapapun bisa tertular HPV melalui hubungan seks vagina, anal, atau oral dengan seseorang yang mengidap virus tersebut. Penyakit ini paling sering menyebar selama hubungan seks vagina atau anal. Penyakit ini juga menyebar melalui sentuhan kulit ke kulit saat berhubungan seks. Seseorang dengan HPV dapat menularkan infeksinya kepada seseorang meskipun mereka tidak menunjukkan tanda atau gejala.

Jika seseorang aktif secara seksual, maka ia bisa tertular HPV, meskipun hanya berhubungan seks dengan satu orang. Orang tersebut juga dapat mengalami gejala bertahun-tahun setelah berhubungan seks dengan seseorang yang mengidap infeksi tersebut. Hal ini membuat sulit untuk mengetahui kapan seseorang pertama kali mendapatkannya.

Apakah HPV menyebabkan kanker?[sunting | sunting sumber]

HPV sendiri merupakan agen utama dari penyakit kanker serviks dan kanker penis yang mana keduanya tergabung dalam penyakit menular seksual atau infeksi menular seksual bersama penyakit seksual lainnya seperti HIV.

HPV dapat menyebabkan kanker serviks dan  kanker lainnya , termasuk kanker vulva, vagina, penis, atau anus. Hal ini juga dapat menyebabkan kanker di bagian belakang tenggorokan (disebut kanker orofaringeal). Ini bisa mencakup pangkal lidah dan amandel.[1]

Kanker seringkali membutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, untuk berkembang setelah seseorang terkena HPV. Kutil kelamin dan kanker disebabkan oleh berbagai jenis HPV.[1]

Tidak ada cara untuk mengetahui siapa yang akan terkena kanker atau masalah kesehatan lainnya akibat HPV. Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah (termasuk pengidap HIV) mungkin kurang mampu melawan HPV. Mereka juga lebih mungkin mengalami masalah kesehatan akibat HPV.

Bagaimana cara menghindari HPV?[sunting | sunting sumber]

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menurunkan peluang Anda terkena HPV, yaitu:

  1. Dapatkan vaksinasi.  Vaksin HPV aman dan efektif. Dapat melindungi terhadap penyakit (termasuk kanker) yang disebabkan oleh HPV bila diberikan pada kelompok usia yang direkomendasikan. (Lihat “Siapa yang harus mendapatkan vaksinasi?” di bawah.)
  2. Jalani pemeriksaan kanker serviks . Skrining rutin pada wanita usia 21 hingga 65 tahun dapat mencegah kanker serviks.
  3. Jika Anda aktif secara seksual:
  • Gunakan kondom dengan cara yang benar setiap kali Anda berhubungan seks. Hal ini dapat menurunkan peluang Anda terkena HPV. Namun HPV dapat menginfeksi area yang tidak terjangkau oleh kondom. Jadi, kondom mungkin tidak sepenuhnya melindungi terhadap penularan HPV; Dan
  • Berada dalam hubungan monogami – atau berhubungan seks hanya dengan seseorang yang hanya berhubungan seks dengan Anda.[1]

Siapa yang harus mendapatkan vaksin HPV?[sunting | sunting sumber]

Vaksinasi HPV direkomendasikan untuk:

  1. Semua praremaja (termasuk laki-laki dan perempuan) pada usia 11 atau 12 tahun (atau dapat dimulai pada usia 9 tahun).
  2. Semua orang yang berusia di atas 26 tahun, jika belum divaksinasi.

Vaksinasi tidak dianjurkan untuk semua orang yang berusia lebih dari 26 tahun. Namun, orang dewasa berusia kisaran 27 hingga 45 tahun yang belum divaksinasi, mungkin memutuskan untuk mendapatkan vaksin HPV setelah berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan mereka; mengenai risiko infeksi HPV baru dan kemungkinan manfaat vaksinasi. Vaksinasi HPV pada rentang usia ini kurang memberikan manfaat. Sebagian besar orang dewasa yang aktif secara seksual telah terpajan HPV, meski belum tentu semua jenis HPV menjadi sasaran vaksinasi.

Pada usia berapa pun, memiliki pasangan seks baru merupakan faktor risiko tertular infeksi HPV baru. Orang-orang yang sudah menjalin hubungan monogami jangka panjang tidak mungkin tertular infeksi HPV baru.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ a b c d e "STD Facts - Human papillomavirus (HPV)". www.cdc.gov (dalam bahasa Inggris). 2022-12-20. Diakses tanggal 2023-12-26.