Vihara Palpung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Vihara Palpung
Palpung in Tibet.jpg
Keterangan
Nama:  Vihara Palpung
Nama lainnya: Bahasa Tibet:དཔལ་སྤུངས།
Wylie: Dpal-spungs
Negara: Tibet
Kota: Sichuan
Koordinat: 31°38′18″LU 98°47′46″BT / 31,638353°LU 98,796118°BT / 31.638353; 98.796118
Tgl Pembangunan: 1727[1]
Aliran: Kagyu
Website
Situs web: Palpung Web Center

Portal.svg Portal:Buddhisme

Vihara Palpung (Bahasa Tibet: དཔལ་སྤུངས། ; Wylie: Dpal-spungs), yang juga dikenal dengan nama Babang adalah sebuah Vihara Tibet yang berada di Sichuan, daerah kawasan Dêgê yang berada di dekat perbatasan negara Tibet. Kata Palpung sendiri berarti "Perhimpunan Agung" (bahasa inggris: "Great Accumulation"). Vihara Palpung berasal dari abad ke-12 dan memiliki pengaruh keagamaan dan politik selama beberapa abad.[2]

Menurut catatan sejarah, Vihara Palpung yang sekarang dibangun pada tahun 1757[3] oleh Tai Situpa Rinpoche ke-8, yang merupakan vihara utamanya di bagian timur negara Tibet. Vihara Palpung menjadi pusat administratif untuk lebih dari seratus-delapan-puluh vihara dan tiga-belas tempat tinggal keagamaan di Tibet. Vihara Palpung merupakan sebuah pusat pembelajaran yang terkemuka dan salah satu institusi terkenal di dalam sejarah Tibet dengan perpustakaan luas dengan ribuan lukisan dan benda-benda seni yang bersejarah.

Pada saat kepemimpinan Tai Situpa ke-11, Palpung telah memiliki reputasi yang kuat akan keagamaan, pendidikan, kesenian dan kepemimpinan. Beberapa perwujudan penting dalam tradisi juga menempati Vihara Palpung, disamping pemimpin agung Vihara Palpung sendiri, Chamgon Tai Situpa. Vihara Palpung dan vihara cabang senantiasa merujuk kepada Tai Situpa untuk mendapatkan arahan akan semua permasalah sementara maupuan keagamaan mereka.

Berdasarkan sejarah, Vihara Palpung seringkali dihubungkan dengan Karmapa. Sebagai contoh, Karmapa ke-16 ditobatkan di Palpung sebelum berangkat ketempat kediamannya di Vihara Tsurphu di Tibet bagian tengah. Vihara ini dihuni oleh sekitar 40 orang bhikkhu dan jumlah yang lebih besar berada pada daerah sekitar vihara.

Setelah Tibet ditempati oleh Cina pada akhir tahun 1950-an, sebagian besar vihara-vihara Palpung dihancurkan dan kediaman Palpung menjadi tidak berfungsi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]