Vicki Baum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hedwig "Vicki" Baum (bahasa Ibrani: ויקי באום; lahir di Wina, 24 Januari 1888 – meninggal di Los Angeles, 29 Agustus 1960 pada umur 72 tahun) adalah seorang penulis Austria-Amerika Serikat. Ia dikenal dengan karyanya Menschen im Hotel ("Orang di Hotel", 1929), salah satu karyanya yang mendunia.

Baum lahir dari keluarga Yahudi. Ia memulai karier seninya sebagai pemusik yang memainkan harpa. Ia belajar di Konservatorium Wina dan bermain orkestra di Jerman selama 3 tahun. Ia kemudian bekerja sebagai wartawati untuk majalah Berliner Illustrirte Zeitung, diterbitkan oleh Ullstein-Verlag di Berlin. Ia menikah 2 kali: pertama pada tahun 1914 dengan wartawan Max Prels yang memperkenalkannya ke panggung budaya Wina; dan dari tahun 1916 dengan Richard Lert, seorang dirigen dan sahabat baiknya sejak masa kanak-kanak. Semasa Perang Dunia I, Vicki Baum pernah bekerja sebagai perawat.

Baum sudah memulai menulis sejak masa remaja. Buku pertamanya Frühe Schatten diterbitkan ketika berusia 31. Ia terkenal akan novelnya Menschen im Hotel yang difilmkan dengan judul Grand Hotel. Ia pindah ke AS bersama keluarganya setelah diundang menulis skenario untuk film itu, dan tidak kembali menetap di Austria karena pada tahun 1938 negerinya sudah diduduki Nazi-Jerman. Memoarnya It Was All Quite Different diterbitkan secara anumerta pada tahun 1964. Ia menulis lebih dari 50 novel, dan setidaknya 10 buah diadaptasi sebagai film di Hollywood. Karya-karyanya pasca-Perang Dunia II ditulis dalam bahasa Inggris.

Baum mengunjungi Bali pada tahun 1935 - dan kemudian ia menulis Liebe und Tod auf Bali (Kisah dari Bali) yang diterbitkan pada tahun 1937. Buku itu berkisah tentang sebuah keluarga yang terperangkap dalam pembantaian tahun 1906.

Vicki Baum meninggal akibat leukemia di Hollywood, California.

Vicki Baum dianggap sebagai salah satu pengarang terlaris, dan buku-bukunya mendapat reputasi sebagai salah satu contoh pertama sastra mainstream kontemporer.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]