Versailles Philharmonic Quintet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Versailles -Philharmonic Quintet-
Latar belakang
Asal Jepang
Genre Power metal, Symphonic metal, Visual Kei
Label CLJ Artist Society, Sony Music, Warner Music Japan
Situs web Web Resmi
Anggota Hizaki
Kamijo
Teru
Yuki
Masashi
Mantan anggota Jasmine You

Versailles (dikenal sebagai Versailles -Philharmonic Quintet- di Amerika Serikat) adalah sebuah band Metal yang terbentuk tahun 2007. Versailles terbentuk dari nama-nama legendaris di dunia Visual Kei. Karakter Versailles yang menonjol adalah gaya pakaian mereka yang berkesan abad renaissans (1500-an), suara gitar duel, dan melodi yang berat namun melodik.

2007: Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2007, Versailles dibentuk oleh Kamijo (ex-Lareine), Hizaki (ex-Sulfuric Acid), Jasmine You (Yuu, ex-Jakura), Teru (ex-Aikaryu) dan Yuki (ex-Sugar Trip).

Kamijo dan Hizaki membangun konsep Versailles selama musim gugur 2006 dan menghabiskan 6 bulan untuk mengumpulkan anggota dan menyatakan konsepnya. Konsep mereka adalah "youshikibi (sejenis cara mengekspresikan keindahan) suara yang otentik dan estetika yang ekstrem”. Di bulan Maret 2007, keterangan mengenai Versailles disebarkan pertama kali. Mereka memposting materi untuk promosi di Internet, membuat halaman berbahasa Inggris di MySpace, dan melakukan wawancara dengan media luar negeri.

Versailles tampil pertama kali pada 23 Juni, dan diikuti penampilan musikal mereka pada 24 Juni. Pada hari itu juga mereka mendistribusikan single dan DVD pertama mereka, The Revenant Choir.

Mereka menandatangani kontrak dengan CLJ Records, sebuah label Jerman, dan merilis album pertama mereka, Lyrical Sympathy pada 31 Oktober di Jepang dan Eropa. Lagu mereka "The Love From A Dead Orchestra" juga ada di album kompilasi Sony BMG di Jerman pada 9 November, bernama 'Tokyo Rock City'.

2008: Noble[sunting | sunting sumber]

Pada 2008, Versailles tampil pertama kali di Eropa dan AS. Pada bulan Maret dan April mereka melakukan tur keliling Eropa dengan Matenrou Opera. Versailles lalu diundang oleh Tainted Reality untuk melakukan konser pada 30 Mei di Project A-Kon di Dallas, Texas dan pada 3 Juni di Knitting Factory, Los Angeles, California, sebagai debut Amerika mereka. Konser di Project A-Kon disaksikan 3000 penonton dan tiket untuk konser setelahnya terjual habis.

Pada 9 Juli 2008, Versailles merilis album pertama mereka, Noble, secara digital di iTunes Music Store Internasional. Kemudian diikuti oleh rilis CD di Jepang pada 16 Juli dan rilis CD Internasional pada 30 Juli.

Label rekaman Versailles di Jepang mengumumkan pada 19 Agustus 2008, bahwa mereka menerima surat dari musisi di Amerika yang sudah menggunakan nama Versailles. Mereka dipaksa untuk mencari nama baru untuk meneruskan rencana tur mereka ke Amerika. Pada 14 September 2008, mereka mengumumkan bahwa nama mereka untuk fans Amerika adalah "Versailles -Philharmonic Quintet-", namun tetap menggunakan nama yang lama untuk fans di luar Amerika. "Prince" adalah single mereka yang dirilis dengan nama baru ini dan disediakan secara digital untuk diunduh.

2009: Menjadi Major[sunting | sunting sumber]

Kamijo mengumumkan pada pertemuan C.C Lemon Hall bahwa Versailles akan menjadi band major di Juni 2009, baik di Jepang maupun Internasional, melalui Warner Music Japan. Single debut mereka di label major, "Ascendead Master", dirilis pada 24 Juni 2009.

Versailles melakukan tur nasional terakhir mereka saat menjadi band indie pada 26 Maret - 9 Mei, yang berjudul "The Fragment Collectors". Event selanjutnya seperti "Anthology of Revolution" menandai konser-konser akhir mereka, ditutup dengan konser 5 malam di Meguro Rock May Kan. Konser terakhir mereka sebagai band indie berlangsung pada 21 Juni 2009.

Versailles mengumumkan bahwa mereka tidak akan melakukan konser dan merilis konten baru sampai mereka menyelesaikan album ketiga mereka. Album ini akan dirilis pada 16 September 2009 dalam 2 jenis : CD biasa dan CD+DVD edisi terbatas dalam wadah tri-fold dengan booklet.

Meninggalnya Jasmine You[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Agustus, diumumkan bahwa Jasmine You akan menghentikan sementara aktivitas bermusiknya karena kondisi kesehatannya yang memburuk. Diumumkan juga bahwa album terbaru Versailles sedang dalam tahap pengerjaan final dan trek bass mereka sedang direkam. Pada 9 Agustus 2009 dinihari, dilaporkan pada website resmi mereka bahwa Jasmine You telah meninggal. Berikut ini adalah terjemahan dari pesan tersebut:

2009.8.9 「Versailles」 Pemberitahuan Penting: Meskipun Jasmine You telah beristirahat karena penyakitnya, namun kami menerima pesan pada 9 Agustus 2009 dini hari bahwa Jasmine You telah meninggal dunia. Karena berita ini begitu mendadak, seluruh staf dan anggota berusaha keras untuk mempercayainya. Setelah keluarganya diberitahu detail kejadiannya, dan memberikan izin untuk menyebarkannya, kami akan menyebarkannya untuk fans. Selain itu, mengikuti pemberitahuan ini, kami memohon izin untuk menghentikan aktivitas sementara.

Saat Ini[sunting | sunting sumber]

Setelah penampilan yang gagal, Versailles tampil di V-Rock Festival '09 pada tanggal 25 Oktober. You dari Matenrou Opera bermain sebagai bassist pendukung. Diumumkan juga bahwa album terbaru mereka berjudul Jubilee akan dirilis pada 20 Januari 2010. Saat ini album tersebut sudah dijual. Album itu berisi 12 trek. Ini adalah rilis album major internasional pertama mareka. Mereka juga mengumumkan tur dunia yang berawal pada 28 Feb 2010 di Yokohama. Tidak ada tanggal akhir yang pasti, namun mereka mengumumkan tanggal kedatangan untuk Amerika Latin dan Eropa pada pertengahan Juli. Single terbaru mereka, Philia digunakan pada mini-drama Onegai Kanaete Versailles sebagai ending.

Album[sunting | sunting sumber]

Tautan Luar[sunting | sunting sumber]