Vera Menchik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Vera Menchik (lahir di Moskow, 16 Februari 1906 – meninggal di Clapham, London Selatan, 27 Juni 1944 pada umur 38 tahun) adalah seorang pecatur berkebangsaan Britania Raya yang memenangkan Kejuaraan Dunia Catur Wanita untuk pertama kalinya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Anak dari ayah berdarah Ceko dan ibu berdarah Britania Raya ini telah diajari catur oleh ayahnya sejak berusia 9 tahun. Keluarga tersebut telah tinggal di Inggris sejak tahun 1921, dan saat tiba di Inggris pada usia 15 tahun, Menchik telah memenangkan kejuaraan catur untuk gadis. Pada tahun berikutnya, ia menjadi murid Maróczy Géza, yang banyak dianggap sebagai pecatur terbesar di abad ke-20.

Ia memenangkan Kejuaraan Catur Dunia Wanita pada tahun 1927 dan berhasil mempertahankan gelarnya 6 kali sepanjang hidupnya, dan hanya kalah sekali, sementara ia menang 78 kali dan remis 4 kali.

Pada tahun 1937, ia menikah dengan Rufus Henry Streatfeild Stevenson (1878-1943), editor British Chess Magazine dan kemudian menjadi sekretaris kehormatan Federasi Catur Britania Raya.

Ketika ikut serta dalam turnamen catur Carlsbad 1929, Albert Becker, seorang master catur dari Austria, mencemooh keikutsertaannya dengan mengusulkan bahwa setiap pemain yang dikalahkan Menchik harus diberi keanggotaan dalam Vera Menchik Club. Dalam turnamen tersebut, Becker menjadi anggota pertama.[1] Vera Menchik Club akhirnya dimasuki oleh sejumlah pecatur terkenal seperti Jacques Mieses, Frederick Yates, Mir Sultan Khan, Friedrich Sämisch, Max Euwe dan Edgar Colle.

Olga Menchik, adik Vera, juga menjadi pecatur profesional. Vera yang masih memegang jabatan juara catur wanita, bersama 2 saudari dan ibu mereka tewas akibat serangan pengeboman roket V-1 oleh Luftwaffe selama Perang Dunia II.

Untuk memperingatinya, trofi untuk tim pemenang Olimpiade Catur Wanita disebut sebagai Vera Menchik Cup.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chess Notes Edward Winter, nomor entri 3433. Dari The Encyclopaedia of Chess karya A. Sunnucks (1976)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]