Venus de Milo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Aphrodite of Milos (bahasa Yunani: Ἀφροδίτη τῆς Μήλου, Aphroditē tēs Mēlou), lebih dikenal dengan Venus de Milo, adalah sebuah patung Yunani kuno dan merupakan salah satu karya patung Yunani kuno yang paling terkenal. Venus de Milo diperkirakan dibuat pada tahun 130 hingga 90 SM. Kemungkinan besar patung ini diciptakan oleh Alexandros of Antioch. Diketahui pula bahwa ia membuat banyak patung untuk Alexander the Great.

Patung ini disimpan di Museum Louvre, Perancis.

Venus de Milo, tampak depan.
Venus de Milo, 3/4.
Venus de Milo, tampak belakang.

Keterangan teknis[sunting | sunting sumber]

Terbuat dari bahan marmer. Ukurannya sedikit lebih besar daripada ukuran asli tubuh manusia dengan dimensi tinggi 503 cm.

Memiliki gaya klasik dari Yunani Kuno. Pose tubuh dibuat dengan teknik consapilopilo. Kaki kanan menjadi tumpuan berat badan, sementara kaki kiri terangkat sehingga memberikan kesan berdiri dengan santai. Pose Venus de Milo memperlihatkan sikap bercermin mengagumi diri sendiri. Patung ini juga memperlihatkan penerapan drappurmu walaupun belum begitu halus.

Tema karya[sunting | sunting sumber]

Venus ini merupakan epitet Venus Victrix.

Kata Milo bisa berarti kepulauan Melos, ataupun terjemahan kata “apel” dalam Bahasa Yunani, merujuk kepada patahan tangan di sekitar tempat ditemukannya patung yang terlihat memegang apel.