Vector Linux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
VectorLinux
Soho Deluxe 5.9 Desktop.png
Deluxe Soho Edition Desktop 5.9
Perusahaan / pengembang Robert S. Lange; Darrell Stavem
Keluarga Unix-like
Status terkini Current
Model sumber Open source
Rilis stabil terkini 7.0 GOLD[1] / 27 November 2011; 3 tahun yang lalu (2011-11-27)
Jenis kernel Monolithic
Antarmuka bawaan Xfce, KDE, LXDE, Openbox, JWM
Lisensi Various
Situs web resmi www.vectorlinux.com

VectorLinux, disingkat VL, adalah sistem operasi Linux untuk platform x86 berbasis Slackware Linux. Awalnya dikembangkan oleh pengembang Kanada: Robert S. Lange dan Darell Stavem, kini sistem operasi ini telah mempunyai komunitas internasional.

Edisi[sunting | sunting sumber]

Ada empat edisi VectorLinux: SOHO, Standard, Light dan Live.

  • Edisi SOHO (Small Office / Home Office) dirancang untuk komputer modern dan didasarkan atas lingkungan desktop KDE. Termasuk aplikasi-aplikasi OpenOffice.org, Java, The Gimp, Xsane, CUPS, Xara XTreme, aplikasi keuangan, dan lain-lain. Juga tersedia edisi SOHO deluxe, yang berisi aplikasi-aplikasi tambahan.
  • Edisi Standard yang bebas diunduh adalah distribusi yang dirancang untuk digunakan pada komputer lama dengan prosesor lambat dan RAM sedikit. Edisi Standar Deluxe berisi edisi standar ditambah berbagai aplikasi tambahan khusus yaitu berbagai aplikasi ekstra (dalam CD) yang dapat ditambahkan untuk membangun sistem yang sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi tambahan tersebut termasuk KDE, OpenOffice.org dan GIMP dan banyak lainnya.
  • Edisi Light dirancang untuk komputer lama, bagi mereka yang mempunyai ruang harddisk sedikit. Memakai window manager JWM dan Fluxbox, dengan Opera sebagai browser / email / chatting client dan beberapa aplikasi yang ada di Edisi Standar. Aplikasi tambahan tersedia melalui manajer paket atau kompilasi oleh pengguna aplikasi. Edisi ini dapat dipakai pada komputer yang hanya mempunyai RAM 64 MB.
  • Edisi Live adalah Live CD yang berisi sisitem operasi VectorLinux. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menguji distribusi pada sistem mereka tanpa perlu melakukan partisi dan instalasi ke hard drive. Edisi Live ini juga dapat di-instal. VectorLinux saat ini memiliki dua edisi Live: Standar dan Soho. Edisi terbaru adalah pratayang dari Deluxe Edition.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Salah satu fitur yang VL menonjol adalah sistem administrasi aplikasi: VasmCC yang menangani konfigurasi sistem, sementara slapt-get dengan antarmuka GUI bernama Gslapt mengelola instalasi dan penghapusan perangkat lunak.

  • VasmCC (Vector Administrative and Services Menu Control Center -- Pusat Pengawasan Administrasi dan Jasa Vector), mengkonfigurasi semuanya dari partisi disk ke Xorg Server. Selain menawarkan antarmuka GUI, mode teks juga tersedia. VasmCC telah tersedia sejak versi 2.0 dirilis dan telah ditingkatkan terus menerus selama bertahun-tahun, dengan penambahan fungsi GUI di SOHO 3.2. Peralatan konfigurasi seperti netconfig dan alsaconf juga tersedia dalam Vektor.
  • Gslapt adalah antarmuka GUI dari utilitas manajemen perangkat lunak slapt-get. Dikombinasikan dengan kompresi lzma dan pelacakan dpendensi, Gslapt menawarkan pengguna VectorLinux kemampuan untuk dengan cepat menginstal dan menghapus perangkat lunak. File kompresi lzma memungkinkan pengguna dengan bandwidth tinggi maupuan rendah untuk meminimalkan waktu pengunduhan.

Paket manajemen[sunting | sunting sumber]

Ada dua antarmuka grafis telah ditulis untuk slapt-get, untuk paket Slackware yang digunakan oleh VectorLinux. Yang pertama adalah VL-APT, awalnya ditulis oleh pengembang Vector untuk melayani kebutuhan paket instalasi dan manajemen dengan GUI, sementara gslapt ditulis oleh pengembang asli dari slapt-get untuk tujuan yang sama. Sebelumnya, kedua perangkat tersedia; namun, perubahan dalam kemasan slapt membuat format VL-APT usang, dan pengembang Vektor sekarang mempromosikan gslapt sebagai metoda grafis manajemen paket.

VL-APT dan gslapt dikonfigurasikan secara default menggunakan repositori Vector, yang menyediakan sebagian besar kebutuhan pengguna. Namun, sumber-sumber alternatif, termasuk mirror dari arsip resmi di seluruh dunia, dapat ditambahkan melalui menu konfigurasi masing-masing, atau langsung, melalui konfigurasi teks slapt-getrc. Bahkan, tidak jarang menggunakan informasi yang ada di / etc / versi-Slackware di Vector untuk mengunduh dan menginstal paket-paket Slackware dari LinuxPackages.net dan repositori resmi Slackware. [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ VectorLinux 7.0 GOLD has been released!!
  2. ^ "VectorLinux v5.8 (Manual): Slackware Packages". 2007. Diakses 2007-09-11. "VectorLinux is able to install Slackware packages." 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]