Vectari dari Friuli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Vectari (atau Wechthari), orang Lombardia dari Vicenza, merupakan seorang Adipati Friuli dari tahun 666 sampai 678. Ia mengendalikan Friuli atas perintah Raja Grimoald setelah pemberontakan Lupo dan Arnefrido dan serangan Avar Eurasia. Menurut Paul the Deacon, ia merupakan seorang pemimpin yang cakap dan adil.

Tak lama setelah Grimoald menenangkan wilayah itu, Vectari menunjuk seorang adipati. Segera setelah pemilihannya, ia melakukan perjalanan ke Pavia dan ketika ia tidak berada ditempat, Slavia, yang tadinya bersekutu dengan Arnefrido, menyerang wilayah adipatinya. Mereka bermaksud untuk mengambil Forum Julii (modern Cividale) dan berkemah di Boxas, lokasi yang tetap tidak jelas. Beberapa mengatakan di Purgessimus,[1] beberapa di Prosascus di dekat sumber Natisone (Natisio), dan yang lainnya di Borgo Bressana,[2] dan akhirnya, yang pasti didekat Brischis dipinggiran kota.[3] Paul menghubungkan bahwa Vectari baru saja kembali dari Pavia pada saat bersamaan ketika ia mendengar perkemahan mereka dan berbaris untuk melawan mereka dengan 25 orang pasukan. Pada sebuah jembatan di Natisone,[4] Vectari bertemu dengan mereka dan, sekali lagi menurut Paul, mengalahkan mereka di dalam perjalanan.[5] Kebenaran sejarah di dalam catatan Paul atas dasar jumlah yang berlebihan, telah menjadi tanda tanya.

Vectari meninggal dan digantikan oleh Landari.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bethmann.
  2. ^ Waitz.
  3. ^ Musoni, pp 187 – 188.
  4. ^ Possibly that of San Pietro dei Schiavi (Waitz) or that of San Quirino (Musoni, p 191). Also possible near Purgessimus, if that was the site of Slavic encampment.
  5. ^ Two anecdotes surround this brief expedition, the one concerning the insulting Slavic joke that the twenty six men advancing on them must be the Patriarch and his clergy, and the other concerning Wechtari's baldness, which he revealed by removing his helmet in order to inspire fear and flight in his enemies. The patriarch was then seated in Aquileia and not until 737 in Cividale, which supports doubts about this story.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Paul the Deacon. Historia Langobardorum Diarsipkan 2007-02-12 di Wayback Machine.. Translated by William Dudley Foulke. University of Pennsylvania: 1907.
  • Hodgkin, Thomas. Italy and her Invaders. Clarendon Press: 1895.
  • Oman, Charles. The Dark Ages 476–918. Rivingtons: London, 1914.
  • Musoni, Francesco. Atti del Congresso in Cividale. 1899.
  • Waitz, Georg, translator. "Pauli Historia Langobardorum." Monumenta Germaniae Historica Scriptores Rerum Langobardicarum.
  • Bethmann, Ludwig. "Paulus Diakonus Leben," "Paulus Diakonus Schriften," and "Die Geschichtschreibung der Langobarden." Archiv der Gesellschaft fur altere deutsche Geschichtkunde. Vol. 10. Hannover: 1849.
Didahului oleh:
Arnefrido
Adipati Friuli
666–678
Diteruskan oleh:
Landari