Vampir Sussex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Vampir Sussex"
Pengarang Arthur Conan Doyle
Seri Koleksi Kasus Sherlock Holmes
Tanggal terbit 1924
Klien Robert Ferguson
Latar waktu 1896
Penjahat

Vampir Sussex adalah salah satu cerita pendek Sherlock Holmes yang ditulis Arthur Conan Doyle dalam buku Koleksi Kasus Sherlock Holmes. Cerita ini pertama kali dipublikasikan dalam The Strand Magazine pada Januari 1924.[1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Holmes menerima dua surat aneh yang membuat referensi ke vampir. Mr. Robert Ferguson, yang datang ke 221B Baker Street pagi berikutnya, telah yakin bahwa istrinya yang berasal dari Peru telah mengisap darah bayi putra mereka. Wanita itu adalah istri kedua Mr. Ferguson, dan dengan istri pertamanya ia memiliki anak lelaki berumur 15, yang tulang belakangnya melengkung saat jatuh waktu kecil, namun masih bisa berjalan. Namanya adalah Jack, dan ia telah mengalami pemukulan di tangan ibu tirinya, meskipun Mr Ferguson tidak tahu alasannya. Sejak diketahui oleh suaminya, istrinya telah mengunci diri di kamarnya dan menolak untuk keluar.

Bahkan sebelum Holmes dan Watson berangkat ke rumah Mr. Ferguson di Sussex, Holmes telah menyimpulkan apa yang sedang terjadi, dan itu tidak ada hubungannya dengan vampir. Perjalanan Holmes dibuat hanya untuk mengamati dan mengkonfirmasi apa yang telah disimpulkan.

Pembantu Mrs. Ferguson mengumumkan bahwa majikannya sakit, dan Dr. Watson menawarkan untuk membantu. Dia menemukan seorang wanita gelisah di ruang atas. Dia mengatakan bahwa semuanya telah hancur, dan lebih baik mengorbankan dirinya daripada menghancurkan hati suaminya. Dia juga menginginkan anaknya, yang telah dengan perawat, Mrs Mason, sejak Mr. Ferguson telah mengetahui tentang insiden pengisap darah.

Holmes meneliti senjata Amerika Selatan dipajang di dalam rumah, dan bertemu anak-anak. Sementara Mr. Ferguson menggendong dan menimang anaknya yang lebih muda, Watson melihat bahwa Holmes sedang menatap jendela. Watson tidak mengerti mengapa temannya melakukan hal ini.

Mrs Ferguson lega bahwa Holmes mengatakan kebenaran tentang apa yang telah terjadi, karena ini adalah persis apa yang dia inginkan: kebenaran datang dari bibir orang lain. Tampaknya bahwa pelakunya adalah Jack, anak sulung Mr. Ferguson, yang sangat cemburu dengan adik tirinya. Holmes telah menyimpulkan ini, dan menegaskan hal itu dengan melihat bayangan Jack yang penuh iri dan kebencian di jendela saat perhatian ayahnya pada bayi. Jack telah menembak panah yang telah dilumuri curare - racun yang mematikan - pada adiknya, dan perilaku ibu tirinya tentang mengisap leher bayi dengan demikian bisa dijelaskan: dia mengisap racun itu keluar. Luka-luka itu disebabkan oleh anak panah, bukan karena gigitannya.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Dalam "Vampir Sussex", Holmes memberitahukan Watson tentang kasus tikus raksasa dari Sumatera, menyebutnya sebagai "kisah yang benar-benar baru bagi seluruh isi dunia". Referensi ini telah diperluas oleh sejumlah penulis dan artis lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Christopher Redmond, Sherlock Holmes Handbook: Second Edition (Dundurn, 2009), ISBN 978-1554884469, pp. 35-36. Excerpts available at Google Books.