Vagina dentata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Vagina dentata adalah kata dalam bahasa Latin yang berarti "vagina bergigi". Berbagai kebudayaan memiliki cerita tentang wanita yang memiliki vagina bergigi, seringkali dituturkan sebagai cerita nasihat akan suatu bahaya dalam melakukan hubungan seksual dengan wanita asing dan untuk menciutkan niat untuk melakukan aksi pemerkosaan. Pada tahun 2007, sineas Amerika Serikat membuat film berdasarkan mitos tersebut, dengan judul Teeth.

Basis dari budaya[sunting | sunting sumber]

Vagina dentata muncul dalam mitos di berbagai kebudayaan. Erich Neumann menyatakan ada suatu mitos, di mana "seekor ikan mendiami vagina Wanita Monster; sang pahlawan adalah pria yang mengalahkan wanita tersebut, mematahkan gigi-gigi dalam vaginanya, dan membuatnya menjadi seorang wanita."[1] Sebuah legenda terkait juga muncul dalam mitologi suku Chaco dan Guiana. Dalam beberapa versi, sang pahlawan menyisakan satu gigi saja.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Neumann, Erich; translated by Ralph Manheim (1955). The Great Mother. Princeton: Princeton University Press. hlm. 168. 
  2. ^ Leach, Maria (1972). "vagina dentata". Funk & Wagnalls Standard Dictionary of Folklore, Mythology and Legend. entry by Erminie W. Voegelin. New York: Funk & Wagnalls. hlm. 1152. ISBN 0308400909. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]