Ucok Baba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Usnan Batubara)

Ucok Baba
LahirUsnan Batubara
10 Mei 1971 (umur 52)
Sipirok, Sumatera Utara, Indonesia
Nama lainUcok Baba
Pekerjaan
Tahun aktif1993—sekarang
Tinggi91 cm (3 ft 0 in)[1]
Partai politikPPP
Suami/istri
Rina Angelina
(m. 1997)
[2]
Anak5
Karier musik
GenrePop Melayu
InstrumenVokal

Usnan Batubara (lahir 10 Mei 1971), dikenal sebagai Ucok Baba, adalah pemeran, presenter, pelawak, dan penyanyi Indonesia Yang juga merupakan vokalis Dari The Baba Band. Ucok dikenal masyarakat melalui tubuh berukuran mininya, yang secara medis disebut dengan istilah akondroplasia.[3]

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Lahir sebagai anak ketujuh dari sembilan bersaudara dari pasangan Mahad Batubara dan Zakiah Lubis, Ucok menghabiskan masa kecilnya hingga SMA di Lembah Pegunungan Tor Desa Hurase, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Setelah lulus SMA, Ucok ingin melanjutkan kuliah, tetapi orang tuanya yang bekerja sebagai petani tak mampu membiayai. Sempat menganggur, akhirnya Ucok mengadu nasib ke Jakarta pada tahun 1990.

Nasib baik menghampiri saat Ucok bertemu dengan salah satu staf Soraya Intercine Films di tempat fotokopi. Dia ditawari main film Bagi-bagi Dong bersama Warkop yang ditayangkan tahun 1993. Selain bermain film, Ucok juga kerap menjadi badut di beberapa acara hiburan. Nama Ucok mulai melejit kala membawakan acara Piala Dunia di RCTI bersama Dik Doank pada tahun 2002, yang kemudian namanya semakin melejit sejak bermain sebagai Jono di sinetron Si Kembar di tahun 2004.

Kehidupan pribadi dan sosial[sunting | sunting sumber]

Ucok menikah dengan Rina Angelina pada tahun 1997.[2] Pernikahan itu sempat ditentang oleh orang tua Rina. Namun akhirnya mereka merestui. Meski keduanya memiliki perbedaan fisik tinggi badan yang cukup signifikan yang mana Ucok Baba diketahui memiliki tinggi badan hanya 91 cm sedangkan Rina Angelina setinggi 164 cm. Namun, dari pernikahan ini lahirlah 6 orang anak yang masing-masing bernama Rizky (wafat 1999), Septi Aulia Batubara (lahir 2001), Ahmad Usriano Batubara (lahir 2004), Adamayansyah Batubara (lahir 2005), Nabilla Shafa Fakhirah (lahir 2012) dan Ahmad Rizky Batubara (lahir 2018).

Tahun 2000, Ucok bersama teman-temannya yang sama-sama bertubuh kecil, Asep Rahman, Dani Acil, dan Kasmui mendirikan Unique Entertainment yang menaungi orang-orang bertubuh mini. Perkumpulan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan diri dan memupuk rasa percaya diri anggotanya. Pada tahun 2013 lalu, bersama Mukhlis, Dedi, Loli, Ronny, Dhany dan Ucok mendirikan group musik yang diberi nama The Baba Band, dengan para personilnya yang bertubuh mini. Selain menjadi vokalis utama di bandnya, Ucok juga berperan sebagai produser untuk band yang di bentuknya.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Tersenyumlah (2014)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

FTV[sunting | sunting sumber]

  • Anak Bawang Pencetak Uang sebagai Ucok Baba
  • Terpikat Cinta Mandor Kawinan (2014) sebagai Rambu Mini

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lutfi Dwi Puji Astuti; Rizky Sekar Afrisia (1 Juli 2013). "Kisah Ucok Baba, Tubuh Kecil Membawa Berkah". Viva.co.id. Diakses tanggal 30 Januari 2023. 
  2. ^ a b Putra Marenda (28 Agustus 2019). "5 Momen Keakraban Ucok Baba Bareng Anak Bungsunya, Kompak Banget". Liputan6.com. Diakses tanggal 30 Januari 2023. 
  3. ^ Sugiyarto (20 April 2018). Sugiyarto, ed. "Ucok Baba Tak Terlihat Lagi Melawak, Kondisinya Bikin Kaget Banyak Orang". Tribunnews.com. Diakses tanggal 9 April 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]