Pengguna:Chriswaterguy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dulu dikenal sebagai Singkong2005.


Kalau mau menghubungi saya, paling baik di-email. Meninggalkan pesan di sini boleh, tapi balasnya mungkin terlambat karena tidak sering di sini... lebih baik di Appropedia atau Wikipedia Bahasa Inggeris.


Perkenalan[sunting | sunting sumber]

Nama asli: Chris Watkins.

Lahir: Sydney, Australia, 1970.

Baru di Wikipedia pada 2005. Biasanya saya di Appropedia atau Wikipedia Bahasa Inggris.

Saya 2 tahun di Indonesia (di 1995-96 dan 1998-2000) dan mau kembali ke sana.

Bahasa Indonesia ku cukup utk berkomunikasi, tapi saya rasa kurang utk artikel-2 di Wikipedia. Jadi kalau saya ikut redaksi, saya mohon kesabaran dari wikipediawan yg lain.

Dulu saya pakai nama pengguna "Singkong," tapi saya kira membingungkan kalau ada orang cari info ttg Singkong.

Singkong2005 05:40, 20 Oktober 2005 (UTC)

Bak pasir[sunting | sunting sumber]

Silahkan main di sini :)

Lagi coba toggletext.com alat penerjemahan. Juga ada (Kapuk Indonesian English Translator.)

Hmm... Bermanfaat apa nggak?

en:Appropriate technology:


Appropriate technology is technology that is most appropriate to the environment and culture it is intended to support. It is suitable for use in developing nations or underdeveloped rural areas of industrialized nations, which may lack the money and specialised expertise to operate and maintain high technology. In practice, it is often something that might be described as using the simplest and most benign level of technology that can effectively achieve the intended purpose in a particular location.

The terminology is not very precise. Isolated rural communities in developed nations may also benefit by using some of the same technologies. On the other hand, large cities in developing countries may find it more appropriate to use technologies usually found in wealthy countries. An expensive technology may be the most appropriate in a wealthy community with the ability to pay for and maintain it.

Such technology, as asserted in the book Small is Beautiful [1] by E. F. Schumacher, tends to promote values such as health, beauty and permanence, in that order.

What exactly constitutes appropriate technology in any given case is a matter of debate, but generally the term is used by theorists to question high technology or excessive mechanization, human displacement, resource depletion or increased pollution associated with unchecked industrialisation. The term has often, though not always, been applied to the predicaments of developing nations or underdeveloped rural areas of industrialized nations.

It could be argued that "appropriate technology" for a technologically advanced society may mean a more expensive, complex technology requiring expert maintenance. However, this is not the usual meaning of the term, and is not the meaning intended in this article.

menjadi: Teknologi pantas adalah teknologi yang paling pantas sampai lingkungan dan kebudayaan dimaksudkan untuk menyokong. Cocok untuk penggunaan dalam membangun bangsa atau daerah pedesaan kurang maju industrialized bangsa, yang mungkin kurang uang dan keahlian yang dikhususkan untuk menjalankan dan memelihara teknologi tinggi. Dalam prakteknya, adalah sering sesuatu yang mungkin tergambar sebagai memakai derajat teknologi yang secara efektif bisa mencapai maksud yang dimaksudkan di lokasi khusus yang paling sederhana dan paling baik. Istilah tidak sangat tepat. Himpunan-himpunan pedesaan terisolasi di bangsa telah berkembang juga mungkin beruntung dengan memakai beberapa teknologi sama. Di tangan yang lain, kota besar di negara berkembang mungkin merasa itu lebih sesuai memakai teknologi biasanya ditemukan di negara kaya. Teknologi mahal mungkin menjadi yang paling sesuai di himpunan kaya dengan kemampuan untuk membayar untuk dan mengurusinya. Teknologi seperti itu, sedipaksakan di buku Kecil Indah [1] oleh E. F. Schumacher, cenderung memajukan nilai seperti kesehatan, kecantikan dan kelangsungan, di perintah itu. Apa persis merupakan teknologi pantas di kasus yang diberi yang mana pun adalah soal perdebatan, tetapi umum masa dipergunakan oleh teoretikus untuk mempertanyakan teknologi tinggi atau mekanisasi berlebihan, pengusuran manusiawi, sumber penghasilan pengurangan atau menambah pencemaran digaul dengan tak memeriksa industrialisation. Masa mempunyai sering, meskipun tidak selalu, dipergunakan sampai dilema bangsa sedang berkembang atau daerah pedesaan kurang maju industrialized bangsa. Bisa didesak "teknologi pantas" itu untuk masyarakat yang maju secara teknologis mungkin berarti lebih mahal, teknologi kompleks yang memerlukan pemeliharaan ahli. Tetapi, ini tidak adalah bermaksud biasa masa, dan tidak adalah yang dimaksudkan yang berarti di artikel ini.


dan:


Some technologies that may be considered appropriate technology in the right context: [edit]

Information and communication technology

The $100 laptop and the Simputer are computers aimed at developing countries, their primary advantage being low cost. Other relevant factors include resistance to dust, reliability and use of the target language.

Eldis OnDisc[1] is a project which uses CDs and DVDs to give access to development information in areas without reliable and affordable internet access.

The Wind-up radio and the computer and communication system planned by the Jhai Foundation are independent from power supply.

There is also the Grameen Bank's telephone network, working in conjunction with its microfinance program, which gives Bangladeshi villagers access to communication.

They can use solar energy to power the network. [edit]

Construction

Adobe (including the variation called super-adobe), Rammed earth, Dutch brick, and Cob could be considered appropriate technology, as they make use of local materials and are thus relatively inexpensive. The local context must be considered as, for example, mudbrick may not be durable in a high rainfall area, and, if the materials are not readily available, the method may be inappropriate. Other forms of natural building may be considered appropriate technology, though in many cases the emphasis is on sustainability rather than affordability or suitability.

The organization Architecture for Humanity also follows principles consistent with appropriate technology, aiming to serve the needs of poor and disaster-affected people. [edit]

Energy

Biobutanol, biodiesel and straight vegetable oil can be appropriate, direct biofuels in areas where vegetable oil is readily available and cheaper than fossil fuels.

Renewable energy sources are often regarded as appropriate technologies, and they can be especially suitable for home, isolated and/or small scale power needs. However, cost must also be taken into account.

Electricity can be provided from solar cells (which are expensive but simple), wind power or micro hydro, with energy stored in batteries.


menjadi: Beberapa teknologi yang mungkin dianggap sebagai teknologi pantas di konteks benar: [meredaksikan] Informasi dan komunikasi technology

Ke$100 laptop dan Simputer adalah komputer yang dibidikkan ke negara berkembang, keuntungan pokok mereka yang rendah berharga. Faktor yang berkaitan lain termasuk perlawanan untuk menyapu, ketepercayaan dan penggunaan bahasa sasaran. Eldis OnDisc [1] adalah proyek yang menggunakan CDs dan DVDs untuk memberikan akses kepada informasi perkembangan di bidang tanpa akses internet yang dapat diandalkan dan dapat diberi. Angin-ke atas radio dan sistem komputer dan komunikasi yang direncanakan oleh Jhai Foundation mandiri dari sumber listrik. Ada juga jaringan telepon Grameen Bank, bekerja di kata sambung dengan program mikro-keuangannya, yang memberikan akses orang desa Bangladesh kepada komunikasi. Mereka bisa mempergunakan tenaga surya untuk menggerakkan jaringan. [meredaksikan] Construction

Bata kemuran (memasukkan variasi yang dianggap super-bata kemuran), menghantam tanah, bahasa Belanda bata, dan Tongkol bisa dianggap sebagai teknologi pantas, sewaktu mereka memakai bahan lokal dan ialah dengan begitu relatif murah. Konteks lokal harus dipertimbangkan sebagai, misalnya, mudbrick mungkin tidak awet di bidang curah hujan tinggi, dan, jika bahan tidak yang dengan mudah ada, metode mungkin tak pantas. Bentuk pembangunan alami lain mungkin dianggap sebagai teknologi pantas, meskipun di banyak kotak tekanan di sustainability daripada affordability atau kecocokan. Arsitektur organisasi bagi Umat Manusia juga mengikuti asas konsisten dengan teknologi pantas, mengarahkan untuk melayani keperluan miskin dan orang yang dipengaruhi oleh bencana. [meredaksikan] Energy

Biobutanol, biodiesel dan minyak sayur lurus bisa sesuai, langsung biofuels di bidang di mana minyak sayur yang dengan mudah ada dan lebih murah daripada bahan bakar fosil. Sumber tenaga yang dapat diperbarui sering dianggap sebagai teknologi pantas, dan mereka bisa teramat cocok untuk rumah, terisolasi dan/atau keperluan kekuasaan skala kecil. Tetapi, dihargai juga harus diperhitungkan. Listrik bisa disediakan dari sel surya (yang mahal tetapi sederhana), tenaga angin atau micro hydro, dengan tenaga disimpan di aki.