Use Your Illusion World Tours

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Use Your Illusion Tour
Tur World oleh Guns N' Roses
LokasiAmerika, Eropa, Australia, Asia
Use Your Illusion I
Use Your Illusion II
Mulai20 Januari 1991 (1991-01-20)
Berakhir17 Juli 1993 (1993-07-17)
Putaran9
Penampilan194
Kronologi konser Guns N' Roses

Use Your Illusion Tour adalah tur konser oleh band hard rock Guns N Roses yang berlangsung sejak 20 Januari 1991 sampai 17 Juli 1993. Itu bukan hanya tur band terpanjang, tapi salah satu tur konser terpanjang dalam sejarah musik rock, yang terdiri dari 194 pertunjukkan di 27 negara. Itu juga merupakan sumber keburukan banyak untuk band, karena kerusuhan, mulai akhir, pembatalan dan kehebohan yang blak-blakan oleh vokalis Axl Rose.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam Use Your Illusion World Tours termasuk juga solo gitar Slash yang membawakan The God Father Theme, sebuah permainan piano dari Axl dengan membawakan cover dari Black Sabbath yang berjudul It’s Alright. Dan perluasan permainan untuk klasik rock yang menginspirasi Move To The City yang di pamerkan Axl dengan penyetelan dan penggabungan beberapa musisi untuk tur ini. Setiap sukses besar yang di raih dalam tur ini terbayar, sering dinaungi media dalam kekacauan, mulai yang telat dan omong besar dari Axl. Sementara isu tentang obat-obat bius yang mereka pakai sudah mereda, Axl sering di hasut oleh lemahnya pihak keamanan. masalah Sound, dan pengambilan film dari kamera yang tidak di inginkannya. Dia juga sering menggunakan waktu di antara lagu untuk membakar statement politik dan menangkis kritik-kritik music atau isu-isu tentang selebritis.

Pada 2 Juli 1991, bertempat di Riverport Amphitheatre di Maryland Heights, Missouri, sedikit di luar St. Louis, ketika sedang membawakan Rocket Queen Axl melihat seorang fans sedang merekam dengan kameranya, Axl meminta pihak Security untuk mengambil kamera itu lewat mikrofon, dan beberapa saat kemudian dia memutuskan untuk mengambilnya sendiri dengan melompat ke arah kerumunan. Dia mendapat konfrontasi yang panas dengan para fan sebelum akhirnya mereka menyerang Axl. Setelah di tarik dari kerumunan oleh anggota Crew, Rose bilang “Baiklah, terima kasih untuk para keamanan yang pincang, saya pulang!”, membanting mikrofonnya dan mengabaikan panggung. Kerumunan yang marah mulai membuat kekacauan, dan banyak yang mengalami kecelakaan gara-gara hal tersebut. Foto-foto tentang hal itu diambil oleh Robert John, yang memang bertugas mendokumentasikan seluruh tur itu untuk band. Rose di tuntut karena telah menghasut kerusuhan, tetapi polisi tidak bisa menahannya hampir setahun kemudian, karena band terus melakukan tur. tuntutan telah di jatuhkan padanya, tetapi hakim bilang dia tidak secara langsung menghasut kekacauan. Dalam pembelaannya, Rose mengatakan bahwa tim security dari GnR meminta kepadda tim security event empat permintaan berbeda, diantaranya untuk melarang adanya kamera yang jelas-jelas di abaikan oleh pihak event security, sementar itu anggota band yang lain juga komplen karena di lempar pakai botol minuman yang juga diminta untuk di batasi, ini juga di abaikan oleh pihak security event. Akibatnya, pada artwork Use Your illusion terbersit sebuah kata-kata di barisan Thank You to about : “Fuck You St. Louis!”

Setelah kejadian di St Louis, dan nyaris di bentangkan di Jerman, pemain gitar rhtym Izzy Stradlin tiba-tiba saja mengundurkan diri. Dia mengutip bahwa dua kebiasaan burukk Axl yaitu: suka menunda nunda show dan manajemen band nya yang salah. Izzy juga merasa kesulitan berada di sekitar Slash, Sorum dan McKaggan seiring dengan telah ditemukannya ketenangan hatinya sementara itu mereka tetap memakai dan kecanduan mereka terhadap obat bius makin parah. Sebenarnya Axl Rose menginginkan Dave Navarro dari gitaris Jane addiction untuk menggantikan posisi Izzy, tapi keburu diganti oleh Gilby Clarke yang di sarankan oleh Slash. Selama beberapa show sepanjang tur, Axl selalu memperkenalkan Gilby Clarke dan membiarkan dia memainkan “Wild Horses” lagu Cover dari The Rolling Stones dengan Slash. Pada akhir 1991, Rose menambahkan lagi beberapa musisi yang juga termasuk sesi terompet dan beberapa penyanyi latar dan mengesampingkan penolakan dari anggota band yang lain.

Pada tahun 1992, GnR tampil di acara tribute to Freddie Mercury, membawaakan dua set lagu, Slash kemudian tampil bareng dengan sisa anggota Queen dan vokalis Def Leppard Joe Elliot membawakan Tie Your Mother Down, sementara itu Axl Rose membawakan We Will Rock You dan bernyanyi duet dengan Elton John membawakan Bohemian Rapshody. Lagu mereka sendiri yang mereka bawakan adalah Paradise City dan Knockin’ on Heaven door. Ketika mereka kembali ke Amerika untuk melanjutkan tur, Brian May membuka pertunjukan dan juga Cozy Powell pada Drum. Axl sebenarnya ingin membawa band grunge ( yang juga satu label dengan mereka ) yaitu Nirvana untuk menjadi band pembuka tur mereka, namun orang nomor satu di Nirvana menolaknya. Cobain juga membuat beberapa komen negatif tenteng GnR yang memancing permusuhan pribadi dengan mereka disamping begitu juga dengan anggota band yang lain.

Kemudian dalam tahun yang sama mereka memulai tur mini antara GNR-METALLICA stadium tur dengan band Metal asal Amerika Juga yaitu Metallica. Selama pertunjukan di buan agustus 1992, di Montreal’s Olympic Stadium, vokalis Metallica, James Hetfield mengalami kecelakaan luka bakar setelah melangkah terlalu dekat dengan ledakan kembang api untuk panggung. Metallica terpaksa menunda jam berikutnya dari penampilan mereka, tetapi mereka berjanji akan kembali ke kota itu untuk pertunjukan yang lain. Setelah penundaan yang cukup lama, dan para penonton sudah mulai bosan, GnR mengambil alih panggung. Bagaimanapun, dalam jangka waktu yang pendek tidak cukup untuk melakukan penyetelan set monitor panggung, menyebabkan musisi yang naik ke panggung itu tidak bisa mendengar permainan mereka sendiri. ditambah lagi setelan tersebut membuat tenggorokan Axl jadi sakit, yang menyebabkan band meninggalkan panggung lebih awal. Pembatalan ini memancing kerusuhan lagi dari para penonton, mengingatkan kan kerusuhan yang terjadi di St Louis setahun yang lalu. Para perusuh menjungkir balikkan mobil-mobil yang mereka temui, memecahkan kaca-kaca jendela, menjarah toko-toko setempat dan membuat kebakaran. Pihak berwenang setempat hampir bisa menguasai kerusuhan tersebut. Ini bisa di lihat di video yang berjudul A Year and A Half In The Life Of Metallica. Pada acara MTV Rockumentary Metallica membicarakan tur ini dan bagaimana mereka belajar dari Guns n’ Roses hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.

First typical setlist[sunting | sunting sumber]

(Taken from the Deer Creek Music Center, Noblesville, IN, USA on May 29, 1991)

  1. Right Next Door To Hell
  2. Mr. Brownstone
  3. Bad Obsession
  4. Dust N' Bones
  5. Double Talkin' Jive
  6. Patience
  7. Civil War
  8. 14 Years
  9. Live And Let Die
  10. It's So Easy
  11. Rocket Queen
  12. November Rain
  13. Knockin' On Heaven's Door
  14. Perfect Crime
  15. Estranged
  16. Sweet Child O' Mine
  17. Welcome To The Jungle
  18. Paradise City

Second typical setlist[sunting | sunting sumber]

(Taken from the Tokyo, Japan Tokyo Dome show on February 22, 1992)

  1. "Nightrain"
  2. "Mr. Brownstone"
  3. "Live and Let Die" (originally performed by Paul McCartney)
  4. "It's So Easy"
  5. "Bad Obsession"
  6. "Attitude" (originally performed by the Misfits)
  7. "Pretty Tied Up"
  8. "Welcome to the Jungle"
  9. "Don't Cry" (Original)
  10. "Double Talkin' Jive"
  11. "Civil War"
  12. "Wild Horses" (originally performed by The Rolling Stones)
  13. "Patience"
  14. "You Could Be Mine"
  15. "November Rain"
  16. "Sweet Child o' Mine"
  17. "So Fine"
  18. "Rocket Queen" with "It Tastes Good, Don't It?" (Unreleased original)
  19. "Move to the City"
  20. "Knockin' on Heaven's Door" (originally performed by Bob Dylan)
  21. "Estranged"
  22. "Paradise City"

Third typical setlist[sunting | sunting sumber]

(Taken from the Buenos Aires, Argentina River Plate Stadium show on July 17, 1993)

  1. "Nightrain"
  2. "Mr. Brownstone"
  3. "Yesterdays"
  4. "Live and Let Die" (originally performed by Paul McCartney)
  5. "Attitude" (originally performed by the Misfits)
  6. "Welcome to the Jungle"
  7. "Double Talkin' Jive"
  8. "Dead Flowers" (originally performed by The Rolling Stones)
  9. "You Ain't the First"
  10. "You're Crazy"
  11. "Used to Love Her"
  12. "Patience"
  13. "Knockin' on Heaven's Door" (originally performed by Bob Dylan)
  14. "November Rain"
  15. "Dead Horse"
  16. "You Could Be Mine"
  17. "Sweet Child o' Mine"
  18. "Paradise City"

Tour dates[sunting | sunting sumber]

Date City Country Venue
Rock in Rio II
January 20, 1991 Rio de Janeiro Brasil Estádio do Maracanã
January 23, 1991
Warm-up shows
May 9, 1991 San Francisco, California United States Warfield Theatre
May 11, 1991 Los Angeles, California Pantages Theatre
May 16, 1991 New York City, New York The Ritz
North America & Europe leg
May 24, 1991 East Troy, Wisconsin United States Alpine Valley Music Theatre
May 25, 1991
May 28, 1991 Noblesville, Indiana Deer Creek Music Center
May 29, 1991
June 1, 1991 Grove City, Ohio Capital Music Center
June 2, 1991 Toledo, Ohio Toledo Speedway
June 4, 1991 Richfield, Ohio Richfield Coliseum
June 5, 1991
June 7, 1991 Toronto, Ontario Canada CNE Stadium
June 8, 1991
June 10, 1991 Saratoga Springs, New York United States Saratoga Performing Arts Center
June 11, 1991 Hershey, Pennsylvania Hersheypark Stadium
June 13, 1991 Philadelphia, Pennsylvania Wachovia Spectrum
June 17, 1991 Uniondale, New York Nassau Coliseum
June 19, 1991 Landover, Maryland Capital Centre
June 20, 1991
June 22, 1991 Hampton, Virginia Hampton Coliseum
June 23, 1991 Charlotte, North Carolina Charlotte Coliseum
June 25, 1991 Greensboro, North Carolina Greensboro Coliseum
June 26, 1991 Knoxville, Tennessee Thompson–Boling Arena
June 29, 1991 Lexington, Kentucky Rupp Arena
June 30, 1991 Birmingham, Alabama Birmingham Race Course
July 2, 1991 Maryland Heights, Missouri Riverport Amphitheatre
July 8, 1991 Dallas, Texas Reunion Arena
July 9, 1991
July 11, 1991 Denver, Colorado McNichols Sports Arena
July 13, 1991 Salt Lake City, Utah Salt Palace
July 16, 1991 Tacoma, Washington Tacoma Dome
July 17, 1991
July 19, 1991 Mountain View, California Shoreline Amphitheatre
July 20, 1991
July 23, 1991 Sacramento, California ARCO Arena
July 25, 1991 Costa Mesa, California Pacific Amphitheatre
July 29, 1991 Inglewood, California Great Western Forum
July 30, 1991
August 2, 1991
August 3, 1991
August 13, 1991 Helsinki Finland Helsinki Ice Hall
August 14, 1991
August 16, 1991 Stockholm Sweden Globen
August 17, 1991
August 19, 1991 København Denmark Forum
August 24, 1991 Mannheim Germany Maimarkt-Gelände
August 26, 1991 Warsaw Poland Stadion Dziesięciolecia
August 31, 1991 London United Kingdom Wembley Stadium
North America & Japan leg
December 5, 1991 Worcester, Massachusetts United States Worcester Centrum Centre
December 6, 1991
December 9, 1991 New York City, New York Madison Square Garden
December 10, 1991
December 13, 1991
December 16, 1991 Philadelphia, Pennsylvania Wachovia Spectrum
December 17, 1991
December 28, 1991 St. Petersburg, Florida Suncoast Dome
December 31, 1991 Miami Gardens, Florida Joe Robbie Stadium
January 3, 1992 Baton Rouge, Louisiana LSU Assembly Center
January 4, 1992 Biloxi, Mississippi Mississippi Coast Coliseum
January 7, 1992 Memphis, Tennessee The Pyramid
January 9, 1992 Houston, Texas The Summit
January 10, 1992
January 13, 1992 Fairborn, Ohio Nutter Center
January 14, 1992
January 21, 1992 Minneapolis, Minnesota Target Center
January 22, 1992
January 25, 1992 Paradise, Nevada Thomas & Mack Center
January 27, 1992 San Diego, California San Diego Sports Arena
January 28, 1992
January 31, 1992 Chandler, Arizona Compton Terrace
February 1, 1992
February 19, 1992 Tokyo Japan Tokyo Dome
February 20, 1992
February 22, 1992
April 1, 1992 Mexico City Mexico Palacio de los Deportes
April 2, 1992
April 6, 1992 Oklahoma City, Oklahoma United States Myriad Arena
April 9, 1992 Rosemont, Illinois Rosemont Horizon
The Freddie Mercury Tribute Concert
April 20, 1992 London United Kingdom Wembley Stadium
Europe
May 16, 1992 Slane Ireland Slane Castle
May 19, 1992 Chorzów Poland Stadion Śląski
May 20, 1992 Prague Czech Republic Strahov Stadium
May 22, 1992 Budapest Hungary Népstadion
May 23, 1992 Vienna Austria Donauinsel Stadium
May 26, 1992 Berlin Germany Olympiastadion
May 28, 1992 Stuttgart Neckarstadion
May 30, 1992 Cologne Müngersdorfer Stadion
June 3, 1992 Hannover Niedersachsenstadion
June 6, 1992 Paris France Hippodrome de Vincennes
June 13, 1992 London United Kingdom Wembley Stadium
June 14, 1992 Manchester Maine Road
June 16, 1992 Gateshead Gateshead International Stadium
June 20, 1992 Würzburg Germany Talavera-Mainwiese
June 21, 1992 Basel Switzerland St. Jakob Stadium
June 23, 1992 Rotterdam Netherlands Feijenoord Stadion
June 27, 1992 Turin Italy Stadio Delle Alpi
June 30, 1992 Seville Spain Estadio Benito Villamarin
July 2, 1992 Lisbon Portugal Estádio José Alvalade
North American stadium tour with Metallica
July 17, 1992 Washington, D.C. United States RFK Stadium
July 18, 1992 East Rutherford, New Jersey Giants Stadium
July 21, 1992 Pontiac, Michigan Pontiac Silverdome
July 22, 1992 Indianapolis, Indiana Hoosier Dome
July 25, 1992 Orchard Park, New York Rich Stadium
July 26, 1992 Pittsburgh, Pennsylvania Three Rivers Stadium
July 29, 1992 East Rutherford, New Jersey Giants Stadium
August 8, 1992 Montreal, Quebec Canada Olympic Stadium
August 25, 1992 Avondale, Arizona United States Phoenix International Raceway
August 27, 1992 Las Cruces, New Mexico Aggie Memorial Stadium
August 29, 1992 New Orleans, Louisiana Louisiana Superdome
September 2, 1992 Orlando, Florida Citrus Bowl
September 4, 1992 Houston, Texas Astrodome
September 5, 1992 Irving, Texas Texas Stadium
September 7, 1992 Columbia, South Carolina Williams-Brice Stadium
September 9, 1992 Los Angeles, California Pauley Pavilion
September 11, 1992 Foxborough, Massachusetts Foxboro Stadium
September 13, 1992 Toronto, Ontario Canada Exhibition Stadium
September 15, 1992 Minneapolis, Minnesota United States Hubert H. Humphrey Metrodome
September 17, 1992 Kansas City, Missouri Arrowhead Stadium
September 19, 1992 Denver, Colorado Mile High Stadium
September 24, 1992 Oakland, California Oakland Coliseum
September 27, 1992 Los Angeles, California Los Angeles Coliseum
September 30, 1992 San Diego, California Jack Murphy Stadium
October 3, 1992 Pasadena, California Rose Bowl
October 6, 1992 Seattle, Washington Kingdome
South America
November 25, 1992 Caracas Venezuela Poliedro de Caracas
November 27, 1992 Bogotá Colombia Estadio El Campín
November 30, 1992
December 2, 1992 Santiago Chile Estadio Nacional
December 5, 1992 Buenos Aires Argentina River Plate Stadium
December 6, 1992
December 10, 1992 São Paulo Brazil Anhembi
December 12, 1992
December 13, 1992 Rio de Janeiro Autódromo Internacional Nelson Piquet
Asia and Oceania
January 12, 1993 Tokyo Japan Tokyo Dome
January 14, 1993
January 15, 1993
January 30, 1993 Sydney Australia Eastern Creek Raceway
February 1, 1993 Melbourne Calder Park Raceway
February 6, 1993 Auckland New Zealand Mount Smart Stadium
North American leg Skin N' Bones
February 23, 1993 Austin, Texas United States Frank Erwin Center
February 25, 1993 Birmingham, Alabama Birmingham–Jefferson Convention Complex
March 6, 1993 New Haven, Connecticut New Haven Coliseum
March 8, 1993 Portland, Maine Cumberland County Civic Center
March 9, 1993 Hartford, Connecticut Hartford Civic Center
March 12, 1993 Hamilton, Ontario Canada Copps Coliseum
March 16, 1993 Augusta, Maine United States Augusta Civic Center
March 17, 1993 Boston, Massachusetts Boston Garden
March 20, 1993 Iowa City, Iowa Carver–Hawkeye Arena
March 21, 1993 Fargo, North Dakota Fargodome
March 24, 1993 Winnipeg, Manitoba Canada Winnipeg Arena
March 26, 1993 Saskatoon, Saskatchewan Saskatchewan Place
March 28, 1993 Edmonton, Alberta Northlands Coliseum
March 30, 1993 Vancouver, British Columbia British Columbia Place
April 1, 1993 Portland, Oregon United States Portland Coliseum
April 3, 1993 Sacramento, California ARCO Arena
April 4, 1993 Reno, Nevada Lawlor Events Center
April 7, 1993 Salt Lake City, Utah Delta Center
April 9, 1993 Rapid City, South Dakota Rushmore Plaza Civic Center
April 10, 1993 Omaha, Nebraska Omaha Civic Auditorium
April 13, 1993 Auburn Hills, Michigan The Palace of Auburn Hills
April 15, 1993 Roanoke, Virginia Roanoke Civic Center
April 16, 1993 Chapel Hill, North Carolina Dean Smith Center
April 18, 1993 Virginia Beach, Virginia Virginia Beach Amphitheatre
April 21, 1993 Guadalajara Mexico Estadio Jalisco
April 23, 1993 Mexico City Palacio de los Deportes
April 24, 1993
April 27, 1993 Monterrey Estadio Universitario
April 28, 1993
European leg Skin N' Bones
May 22, 1993 Tel Aviv Israel Hayarkon Park
May 24, 1993 Athens Greece Olympic Stadium
May 26, 1993 Istanbul Turkey Inonu Stadium
May 29, 1993 Milton Keynes United Kingdom National Bowl
May 30, 1993
June 2, 1993 Vienna Austria Praterstadion
June 5, 1993 Nijmegen Netherlands Goffertpark
June 6, 1993
June 8, 1993 Copenhagen Denmark Gentofte Stadion
June 10, 1993 Oslo Norway Valle Hovin
June 12, 1993 Stockholm Sweden Stockholm Olympic Stadium
June 16, 1993 Basel Switzerland Fussballstadion St. Jakob
June 18, 1993 Bremen Germany Weserstadion
June 19, 1993 Cologne Müngersdorfer Stadion
June 22, 1993 Karlsruhe Wildparkstadion
June 25, 1993 Frankfurt Waldstadion
June 26, 1993 Munich Olympiastadion
June 29, 1993 Modena Italy Stadio Comunale
June 30, 1993
July 5, 1993 Barcelona Spain Estadi Olímpic Lluís Companys
July 6, 1993 Madrid Vicente Calderón Stadium
July 8, 1993 Nancy France Zenith de Nancy
July 9, 1993 Lyon France Halle Tony Garnier
July 11, 1993 Werchter Belgium Rock Werchter Festival
July 13, 1993 Paris France Palais Omnisports de Paris-Bercy
South American leg Skin N' Bones
July 16, 1993 Buenos Aires Argentina River Plate Stadium
July 17, 1993

Personnel[sunting | sunting sumber]

Guns N' Roses
  • W. Axl Rose – lead vocals, piano, whistle, whistling, acoustic guitar, tambourine, backing vocals
  • Slash – lead guitar, acoustic guitar, backing vocals, talkbox, slide guitar
  • Izzy Stradlin – rhythm guitar, backing vocals, acoustic guitar, lead vocals (1991; 1993 - five shows)
  • Duff McKagan – bass, backing vocals, lead vocals, drum
  • Matt Sorum – drums, percussion, backing vocals, drum
  • Dizzy Reed – keyboards, piano, backing vocals, percussion, organ, tambourine
  • Gilby Clarke – rhythm guitar, backing vocals, drum (1991–1993)
Touring musicians
  • Teddy Andreadis – keyboards, backing vocals, harmonica, tambourine (1992–1993)
  • Roberta Freeman – backing vocals, tambourine (1992–1993)
  • Traci Amos – backing vocals, tambourine (1992–1993)
  • Diane Jones – backing vocals (1992 - nine shows)
  • Cece Worrall – horns (1992–1993)
  • Anne King – horns (1992–1993)
  • Lisa Maxwell – horns (1992–1993)
Additional musicians

Supporting acts[sunting | sunting sumber]

Songs played[sunting | sunting sumber]

From Appetite for Destruction:

From G N' R Lies:

From Use Your Illusion I:

From Use Your Illusion II:

From The Spaghetti Incident?:

Other commonly performed songs:

Referensi[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]