Urutan waktu Invasi Polandia (1939)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Berikut adalah urutan waktu Invasi Polandia (1939)

September[sunting | sunting sumber]

1: Perang Dunia II dimulai dengan invasi ke Polandia oleh Nazi Jerman. Invasi Polandia berakhir hingga 6 Oktober 19391, ketika pasukan militer Polisi menyerah di Kock. Operasi Jerman dilakukan dibawah rencana operasi Fall Weiss ketika di Polandia, kampaney ini disebut sebagai Perang Pertahanan Polandia 1939.
2: Pasukan Polandia di Wieluń menyerah pada Angkatan Darat ke-10 Jerman.
3: Angkatan Darat Poznań Polandia melakukan serangan terhadap Angkatan Darat ke-8 Jerman. Rencana pengepungan oleh Jerman terungkap, tapi proposal tersebut dibatalkan.
4: Pertempuran Mława berakhir setelah Angkatan Darat Modlin Polandia mulai mundur.
5: Pasukan Polandia di sekitar Piotrków menyerah pada Angkatan Darat ke-10.
6: Pasukan Polandia berkumpul kembali di sepanjang Sungai Narew, Vistula, dan San. Kraków jatuh pada Angkatan Darat ke-14 Jerman.
7: Pengepungan Westerplatte berakhir dengan menyerahnya tentara yang tersisa. Komandan tertinggi Polandia pindah ke Brześć dari Warsawa. Pertahanan sepanjang Narew memulai penarikan diri ke Sungai Bug. Tarnów jatuh kepada Angkatan Darat ke-14.
8: Pengepungan Warsawa memulai fase tanah dengan datangnya unit Jerman di pinggiran kota. Pengeboman udara telah dilakukan ketika dimulainya Kampanye. Tentara di Radom dikurangi oleh Angkatan Darat ke-14.
9: Pertempuran Bzura dimulai dengan serangan balik terhadap Angkatan Darat ke-8 Jerman. Pasukan Jerman dan Soviet bertemu dekat Brest-Litovsk.
12: Białystok jatuh kepada Angkatan Darat ke-3 Jerman.
13: Pertahanan Vistula dimasuki setelah pasukan Jerman melintasi sungai di selatan Warsawa.
14: Jerman menduduki Gdynia dan Brest-Litovsk. Siedice ditaklukkan oleh Angkatan Darat ke-3.
15: Pertempuran Bzura yang besar berakhir dengan Jerman yang memperoleh kemenangan. Di timur, Przemyśl diduduki oleh Angkatan Darat ke-14.
16: Pengepungan Warsawa selesai.
17: Front timur Kampanye dimulai dengan invasi Polandia oleh Uni Soviet. Kutno jatuh pada Angkatan Darat ke-8 dan Brześć diduduki Angkatan Darat ke-3.
18: Presiden Polandia Ignacy Mościcki dan Komandan Bertugas Edward Rydz-Śmigły meninggalkan Polandia menuju Rumania, dimana mereka berdua dilindungi; pasukan Rusia mencapai Vilna dan Brest-Litovsk.
19: Pasukan Soviet menduduki Wilno.
22: Pasukan Soviet menduduki Lwów.
27: Pengepungan Warsawa berakhir setelah pasukan Polandia menyerah. Pasukan Jerman memasuki kota pada 1 Oktober 1939.
28: Pemerintahan terusir Polandia didirikan di Paris dengan Raczkiewicz sebagai Presiden dan Władysław Sikorski sebagai Komandan Bertugas.

Oktober[sunting | sunting sumber]

1: Garnisun di Semenanjung Hel menyerah pada pasukan Jerman.
2: Pertempuran Kock dimulai dengan serangan Jerman.
5: Parade kemenangan Jerman diadakan di Warsawa.
6: Pertempuran Kock berakhir dengan penyerahan pasukan Polandia yang bertahan di sana. Ini merupakan pemberontakan militer terakhir terhadap serangan Jerman atau Soviet.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]