Urs Bühler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Urs Bühler
Nobel Peace Prize Concert 2008 Il Divo, Urs Bühler.jpg
Urs Bühler di konser Nobel Peace Prize di Oslo, Norwegia.
Latar belakang
Nama lahir Urs Toni Bühler
Genre Pop Opera
Pekerjaan Penyanyi
Instrumen vokal, gitar elektrik, biola, klarinet, piano, drum
Tahun aktif 2004–kini
Label Sony BMG
Artis terkait Il Divo

Urs Toni Bühler (lahir di Willisau, Lucerne, Swiss, 19 Juli 1971; umur 43 tahun)[1] adalah penyanyi asal swiss dan ia juga merupakan anggota dari Il Divo.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Urs kehidupan musiknya pada umur lima tahun, ketika dia bernyanyi di paduan suara dan bermain biola, klarinet, piano, gitar, dan drum. Pada saat Urs berumur 17 tahun, dia bergabung dalam sebuah band rock yang bernama Conspiracy dimana dia menjadi vokalisnya. Pada saat yang sama, dia juga bersekolah di Academy for School and Church Music. Kemudian dia pindah ke Amsterdam, Belanda dan belajar musik di Sweelink Conservatorium dengan Udo Reinemann, yang dikenal sebagai penyanyi bariton Jerman. Dan dibawah ajaran penyanyi tenor Swiss Gösta Winbergh, salah satu anggota dari Stockholm’s Royal Opera, dan penyanyi tenor Christian Papis, Urs memperkaya pengalaman musik klasiknya. Dia juga bernyanyi di sebuah paduan suara di Dutch dan tampil di Festival Salzburg. Urs menghabiskan tujuh tahun di Belanda, bernyanyi bersama Netherlands Operaa Gezelschap.

Il Divo[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, dia menjadi salah satu anggota grup quartet multiinternasional Il Divo bersama Carlos Marin(Spanyol), Sébastien Izambard (Prancis), and David Miller (Amerika Serikat).

Dengan pengalaman dan kehebatannya dalam musik, Il Divo juga memperlihatkan kesempurnaannya dalam memilih busana. Hal ini dapat dilihat dari pakaian yang hampir seluruhnya di disain secara ekslusif oleh Armani. Dan hasilnya, album pertama mereka, IL DIVO mendapatkan banyak platinum dari hasil penjualan di seluruh dunia, masuk dalam urutan keempat tangga lagu Billboard kurang dari satu tahun dan mangalahkan Robbie Williams dari posisi pertama. Album kedua mereka, Ancora. yang dirilis tanggal 7 November 2005 di Inggris. Album ketiga Il Divo adalah Siempre dan album terakhir mereka The Promise, yang dirilis pada 10 November 2008 (seluruh dunia) & 18 November 2008 (Amerika Serikat), langsung melejit ke posisi pertama di Inggris.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Urs pernah berpacaran dengan seorang artis dan penyanyi sopran Jackie van Oppen selama 3 tahun ketika tinggal di Amsterdam, Belanda. Tahun 2001, Urs mulai berpacaran dengan seorang violis bernama Valerie Brusselle. Hubungan mereka berakhir pada penghujung tahun 2006. Terakhir, ia berhubungan denga Tania Rodney, yang dikenal sebagai perias wajah untuk Il Divo. Mereka tinggal di London dan memiliki seorang anak perempuan yang bernama Billie Bühler/Rodney.

Referensi[sunting | sunting sumber]