Untukmu Kuserahkan Segalanya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Untukmu Kuserahkan Segalanya
SutradaraYazman Yazid
ProduserJ. Adisubrata
Th. A. Budi Susilo
Ditulis olehSatmowi Atmowiloto
PemeranLydia Kandou
Rano Karno
A. Nugraha
Ami Prijono
Pitrajaya Burnama
Yustine Rais
Euis Darliah
Sofia WD
Sofia Amang
Darussalam
DistributorGramedia Film
Tanggal rilis
1984
Durasi102 menit
NegaraIndonesia

Untukmu Kuserahkan Segalanya adalah film Indonesia pada tahun 1984 dengan disutradarai oleh Yazman Yazid. Film ini dibintangi antara lain oleh Lydia Kandou dan Rano Karno.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Gandi (Pitrajaya Burnama) sebagai penanggungjawab perusahaan real estate, merencanakan untuk menggusur sebuah panti asuhan. Rini (Lydia Kandou), salah satu gadis yang dibesarkan di panti asuhan itu tak rela tempatnya tergusur begitu saja. la berjuang mati-matian, bahkan rela putus dengan calon suaminya yang hampir pasti, Freddi (A. Nugraha). Karena memang tidak mempunyai surat-surat yang lengkap, maka sia-sia juga memperoleh perlindungan dari para pecinta keadilan.

Maka Gandi segera memerintahkan Purnomo (Rano Karno), untuk segera membuldoser tempat tersebut. Ketika mesin traktor hendak menggilas tempat itu, terdengar jeritan dan raungan anak-anak yatim penghuni panti asuhan tersebut. Mendengar raungan itu hati Purnomo berubah menjadi trenyuh dan tak sampai hati. Bahkan Purnomo berbalik menentang bosnya dengan risiko dipecat. Berkenalan dengan Rini, maka Purnomo ikut memperjuangkan nasib panti asuhan itu.

Pada suatu hari, panti asuhan itu menyelenggarakan malam dana, dengan mementaskan tari dan lagu. Broto (Ami Prijono) sebagai manajer perusahaan real estate sempat hadir dan merasa trenyuh setelah menyaksikan kepiluan bocah-bocah yang menderita tersebut. Secara spontan, Broto lalu menyatakan, menghibahkan tanah seluas 1000 meter persegi sebagai tempat membangun komplek panti asuhan yang baru.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman Untukmu Kuserahkan Segalanya Diarsipkan 2008-09-25 di Wayback Machine., diakses pada 10 Juni 2009

Pranala luar[sunting | sunting sumber]