Universitas Muhammadiyah Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Muhammadiyah Malang
Lambang UMM
Moto"Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa"
Moto dalam bahasa Inggris
"From Muhammadiyah for the Nation"
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan9 Juni 1964
Lembaga induk
Persyarikatan Muhammadiyah
Afiliasi keagamaan
Islam
AkreditasiUNGGUL
RektorProf. Dr. Nazaruddin Malik, S.E., M.Si.
Staf akademik
1.045
Staf administrasi
289
Jumlah mahasiswa39.485 (per 5 Mei 2023)
Sarjana45
Magister13
Doktor5
Jumlah mahasiswa lain
122 Mahasiswa Luar Negeri
Lokasi
KampusUrban; Kota Malang
(I Jl. Bandung No. 1 Penanggungan,
II Jl. Bendungan Sutami No. 188 Sumbersari,
III Jl. Raya Tlogomas No. 246 Tlogomas)
WarnaMerah Maroon  
MaskotSi Moju IMM
Situs webwww.umm.ac.id

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. UMM terakreditasi "Unggul" dengan Nomor SK: 858/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/IX/2021, berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. Oleh karena didominasi warna dinding putih, UMM sering disebut sebagai kampus putih.

Pada sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk S1 Fisioterapi. Sedangkan kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama, sekarang di konsentrasikan sebagai kampus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat dari seluruh aktivitas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akta Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tanggal 19 Juni 1963.

Pada waktu itu, Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai 3 (tiga) fakultas, yaitu (1) Fakultas Ekonomi, (2) Fakultas Hukum, dan (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. Ketiga fakultas ini mendapat status Terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 1966 dengan Surat Keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1966 tertanggal 30 Desember 1966.

Pada tanggal 1 Juli 1968 Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta), yang penyelenggaraannya berada di tangan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang, dengan Akta Notaris R. Sudiono, No. 2 tertanggal 1 Juli 1968. Pada perkembangan berikutnya akta ini kemudian diperbaharui dengan Akta Notaris G. Kamarudzaman No. 7 Tanggal 6 Juni 1975, dan diperbaharui lagi dengan Akta Notaris Kumalasari, S.H. No. 026 tanggal 24 November 1988 dan didaftar pada Pengadilan Malang Negeri No. 88/PP/YYS/ XI/ 1988 tanggal 28 November 1988.

Pada tahun 1968, Universitas Muhammadiyah Malang menambah fakultas baru, yaitu Fakultas Kesejahteraan Sosial yang merupakan fi‘lial dari Fakultas Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dengan demikian, pada saat itu Universitas Muhammadiyah Malang telah memiliki empat fakultas. Selain itu, FKIP Jurusan Pendidikan Agama mendaftarkan diri sebagai Fakultas Agama yang berada dalam naungan Departemen Agama dengan nama Fakultas Tarbiyah.

Pada tahun 1970 Fakultas Tarbiyah ini mendapatkan status yang sama dengan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (IAIN), dengan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 50 Tahun 1970. Pada tahun ini pula Fakultas Kesejahteraan Sosial mengubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Sosial dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial. Kemudian pada tahun 1975 Fakultas ini resmi berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta) dengan Surat Keputusan Terdaftar Nomor 022 A/1/1975 tanggal 16 April 1975.

Fakultas yang kemudian ditambahkan adalah Fakultas Teknik, yaitu pada tahun 1977. Pada tahun 1980 dibuka pula Fakultas Pertanian, kemudian menyusul Fakultas Peternakan. Antara tahun 1983 sampai dengan 1993, ditambahkan jurusan-jurusan baru dan ditingkatkan status jurusan-jurusan yang sudah ada. Yang terakhir, pada tahun 1993 Universitas Muhammadiyah Malang membuka Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen dan Magister Sosiologi Pedesaan. Sampai tahun akademik 1994/1995 ini, Universitas Muhammadiyah Malang telah memiliki 9 fakultas dan 25 jurusan/program studi tingkat strata Si, dua program studi strata-S2, dan satu akademi /strata-D3 Keperawatan. Pada rentang tiga puluh tahun perjalanan UMM ini (1964- 1994), perkembangan yang paling berarti dimulai pada tahun 1983-an. Sejak saat itu dan seterusnya UMM mencatat perkembangan yang sangat mengesankan, balk dalam bidang peningkatan status Jurusan, dalam pembenahan administrasi, penambahan sarana dan fasilitas kampus, maupun penambahan dan peningkatan kualitas tenaga pengelolanya (administrasi dan akademik). Tahun 2009, UMM menggabungkan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan menjadi Fakultas Pertanian dan Peternakan agar sesuai dengan konsorsium Ilmu-ilmu Pertanian.

Dalam bidang sarana fisik dan fasilitas akademik, kini telah tersedia tiga buah kampus: Kampus I di Jalan Bandung No. 1, Kampus II di Jalan Bendungan Sutami No. 188a, dan Kampus III (Kampus Terpadu) di Jalan Raya Tlogo Mas. Dalam bidang peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga akademik, telah dilakukan (1) rekruitmen dosen-dosen muda yang berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di pulau Jawa, (2) Peningkatan kualitas para dosen dengan mengirim mereka untuk studi lanjut (S2 dan S3) di dalam maupun di luar negeri. Berkat perjuangan yang tidak mengenal berhenti ini, maka kini Universitas Muhammadiyah Malang sudah menjelma ke arah perguruan tinggi alternatif. Hal ini sudah diakui pula oleh Koordinator Kopertis Wilayah VII yang pada pidato resminya pada wisuda sarjana Universitas Muhammadiyah Malang tanggal 11 Juli 1992, mengemukakan bahwa UMM tergolong perguruan tinggi yang besar dan berprospek untuk menjadi perguruan tinggi masa depan yang berkualitas.

Kompetensi Lulusan[sunting | sunting sumber]

Kompetensi Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang, dapat berkehidupan yang Islami dan beruswah khasanah, sehingga mampu:

  1. Merancang dan mengimplementasikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang keilmuan yang ditekuni.
  2. Memiliki kreativitas dan integritas ilmiah.
  3. Memiliki kemampuan mengkaji dan memecahkan masalah di bidang keilmuan saat ini dan yang akan datang dengan dukungan IPTEKS.

Fakultas-Fakultas[sunting | sunting sumber]

Pada awal berdiri, UMM baru membuka beberapa fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Hukum, Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta jurusan Ilmu Agama (Cabang dari FAI Universitas Muhammadiyah Jakarta). Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan zaman, maka UMM telah membuka fakultas-fakultas lain, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian-Peternakan, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, serta Program Pasca Sarjana yang masing-masing mengembang beberapa jurusan. Jurusan atau program studi di UMM baik tingkat diploma 3, Sarjana, Magister maupun Doktoral 70 persen telah terakreditasi A / Unggul BAN-PT.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Terdapat 11 Fakuktas yang terdiri dari 65 Program Studi, antara lain:

Fakultas Jenjang Program Studi Akreditasi Gelar
Fakultas Agama Islam

(Kode: FAI)

S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Unggul S.Pd.I.
S1 Hukum Keluarga Islam (Syari'ah) Unggul S.H.I.
S1 Pendidikan Bahasa Arab B S.Pd.
S1 Ekonomi Syari'ah B S.E.
S2 Pendidikan Ilmu Agama Islam A M.Pd.I.
S3 Pendidikan Agama Islam Unggul Dr.
Fakultas Teknik

(Kode: FT)

S1 Teknik Mesin Unggul S.T.
S1 Teknik Industri Unggul S.T.
S1 Informatika A S.Kom.
S1 Teknik Sipil B S.T.
S1 Teknik Elektro B S.T.
Profesi Insinyur B Ir.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

(Kode: FISIP)

S1 Kesejahteraan Sosial Unggul S.Sos.
S1 Ilmu Pemerintahan Unggul S.IP.
S1 Sosiologi Unggul S.Sos.
S1 Hubungan Internasional Unggul S.I.P.
S1 Ilmu Komunikasi A S.I.Kom
S2 Sosiologi A M.Sos.
S3 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik B Dr.
S3 Sosiologi B Dr.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

(Kode: FEB)

S1 Akuntansi Unggul S.Ak.
S1 Manajemen A S.M.
S1 Ekonomi Pembangunan A S.E.
S2 Manajemen Baik Sekali M.M.
Profesi Akuntan proses akreditasi Ak.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

(Kode: FKIP)

S1 Pendidikan Matematika Unggul S.Pd.
S1 Pendidikan Biologi Unggul S.Pd.
S1 Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Unggul S.Pd.
S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unggul S.Pd.
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unggul S.Pd.
S1 Pendidikan Pancasila dan KWN Unggul S.Pd.
S2 Pendidikan Bahasa Inggris A M.Pd.
S2 Pendidikan Biologi Baik Sekali M.Pd
S2 Pendidikan Bahasa Indonesia B M.Pd.
S2 Pendidikan Matematika B M.Pd.
S2 Kebijakan-Pengembangan Pendidikan B M.Pd.
S2 Pedagogi B M.Pd.
S3 Pendidikan proses akreditasi Dr.
Profesi Pendidikan Guru B Gr.
Fakultas Pertanian dan Peternakan

(Kode: FPP)

S1 Agroteknologi Unggul S.P.
S1 Agribisnis Unggul S.Agr.
S1 Peternakan Unggul S.Pt.
S1 Ilmu dan Teknologi Pangan Unggul S.T.P.
S1 Akuakultur Unggul S.Pi.
S1 Kehutanan Baik Sekali S.Hut.
S2 Agribisnis Unggul M.Si.
S3 Ilmu Pertanian B Dr.
Fakultas Psikologi

(Kode: FAPSI)

S1 Psikologi A S.Psi.
S2 Psikologi Profesi A M.Psi.
S2 Sains Psikologi Baik Sekali M.Si.
Fakultas Hukum

(Kode: FH)

S1 Ilmu Hukum Unggul S.H.
S2 Ilmu Hukum A S.H.
Fakultas Kedokteran

(Kode: FK)

S1 Pendidikan Dokter B S.Ked.
Profesi Dokter B dr.
Fakultas Ilmu Kesehatan

(Kode: FIKES)

S1 Ilmu Keperawatan A S.Kep.
S1 Farmasi B S.Farm.
S1 Fisioterapi B S.Ft.
Profesi Ners A Ns.
Profesi Fisioterapi Baik Sekali Ftr.
Profesi Apoteker B Apt.
Fakultas Vokasi D3 Keperawatan A A.Md.
D3 Keuangan dan Perbankan A A.Md.
D3 Teknologi Elektronika B A.Md.
D4 Agribisnis Unggas proses akreditasi S.Tr.
D4 Bisnis Properti proses akreditasi S.Tr.

Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Saat ini jumlah mahasiswa aktif UMM sebanyak 38.802[1] orang mahasiswa dari seluruh penjuru tanah air. Jumlah tersebut bisa lebih jika ditambah mahasiswa luar negeri.

Pejabat Universitas[sunting | sunting sumber]

Rektorat[sunting | sunting sumber]

  1. Rektor : Prof. Dr. H. Fauzan M.Pd.
  2. Wakil Rektor I : Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si.
  3. Wakil Rektor II : Prof. Dr. H. Nazaruddin Malik, S.E., M.Si.
  4. Wakil Rektor III : Dr. Nur Subeki, S.T., M.T.
  5. Wakil Rektor IV : Dr. Sidik Sunaryo, SH., M.Si., M.Hum.

Badan Pembina Harian (BPH)[sunting | sunting sumber]

  1. Ketua : Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.
  2. Sekretaris : Drs. H. Wakidi.
  3. Anggota : Drs. Noer Cholis Huda, M.Si.
  4. Anggota : Drs. Taufik Kusuma.
  5. Anggota : Prof. Dr. Drs. Joko Widodo, M.Si.
  6. Anggota : Hj. Komariah, S.H., M.Si., M.Hum.
  7. Anggota : Dra. Su'adah, M.Si.
  8. Anggota : Dr. Mursidi

Biro[sunting | sunting sumber]

  1. Kepala Biro Administrasi Akademik dan Al-Islam Kemuhammadiyahan : Dr. Rahmad Wijaya, S.E., M.M.
  2. Kepala Biro Administrasi Umum : Dr. Ahmad Juanda, Ak., M.M., C.A.
  3. Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni : Yudi Suharsono, S.Psi., M.Si.
  4. Kepala Biro Administrasi Kelembagaan, Pengembangan SDM, dan Kerjasama : Prof. Dr. Baiduri, M.Si.
  5. Kepala Biro Informasi dan Komunikasi : Ir. Suyatno, M.Si.

Direktorat[sunting | sunting sumber]

  1. Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat : Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si.
  2. Direktur Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Vokasi : Prof. Dr. Tulus Winarsunu, M.Si.

Lembaga[sunting | sunting sumber]

  1. Kepala Lembaga Pengembangan Bahasa : Dr. Masduki, M.Pd.
  2. Kepala Lembaga Kebudayaan : Dr. Daroe Iswatiningsih, M.Si.
  3. Kepala LP3A : Dra. Thathit Manon Andini, M.Hum.
  4. Kepala Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah : Dr. Fardini Sabilah, S.Pd., M.Pd.
  5. Kepala Lembaga Inovasi Pembelajaran : Prof. Dr. Mohammad Syaifuddin, M.M.
  6. Kepala Lembaga Sertifikasi Profesi : Prof. Dr. Ihyaul Ulum, S.E., M.Si., Ak., CA.

Badan[sunting | sunting sumber]

  1. Kepala Badan Pemakmuran Masjid Kampus : Dr. Drs. Sunarto, M.Ag.
  2. Kepala Badan Pemakmuran Masjid RS UMM : Choirul Amin Setyadi, S.H.
  3. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia : Prof. Dr. Ir. Jabal Tarik Ibrahim, M.Si.
  4. Kepala Badan Penjaminan Mutu Internal : Prof. Dr. Muslimin Machmud, M.Si.
  5. Kepala Badan Pengawasan Pembangunan Kampus : Ir. Erwin Rommel, M.T.
  6. Kepala Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum : Isdian Anggraeny, S.H., M.Kn.
  7. Kepala Badan Pengendalian Internal : Drs. Ahmad Waluya Jati, M.M., CRA., CRP.

Unit Pelaksana Teknis (UPT)[sunting | sunting sumber]

  1. Kepala UPT. Perpustakaan : Prof. Dr. Asep Nurjaman, M.Si.
  2. Kepala UPT. Kesehatan dan Medical Center : Dr. dr. H. Febri Endra Budi Setyawan, M.Kes., FISPH., FISCM.
  3. Kepala UPT. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) : Nurudin, S.Sos., M.Si.
  4. Kepala UPT. Bimbingan dan Konseling : Hudaniah, S.Psi., M.Si.
  5. Kepala UPT. Bengkel Sepeda Motor : H. Poniri.
  6. Kepala UPT. Kursus Bahasa Asing : Dr. Sri Hartiningsih, M.M.
  7. Kepala UPT. Penerbitan : Dr. Wahyu Hidayat Riyanto, M.M.
  8. Kepala UPT. Program Bahasa Indonesian untuk Penutur Asing : Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si.
  9. Kepala UPT. Akreditasi dan Pemeringkatan : Dr. Surya Anoraga, S.H., M.Hum.

Unit Bisnis[sunting | sunting sumber]

  1. Kepala SPBU UMM : H. Alfan Effendi, S.A.P.
  2. Kepala University Farm : Rahmad Pulung Sudibyo, S.P., M.P.
  3. Kepala Rusunawa UMM : Drs. H. Katino Wihatmo, M.M.
  4. Kepala Asrama Mahasiswa UMM : Dra. Su'adah, M.Si.
  5. Kepala Dome UMM : Dr. Abdul Samad, S.T., M.T
  6. Kepala Taman Rekreasi Sengkaling UMM : Dr. Achmad Mohyi, M.M.
  7. Kepala Rayz Hotel UMM : Ir. Hj. istis Baroh, M.P.
  8. Kepala Koperasi UMM : Dra. Dewi Nurjannah, M.M.
  9. Kepala Bengkel Rinjani UMM : Yunan Syaifullah, S.E., M.Sc.
  10. Kepala UMM Bakery : Afifa Husna, S.TP., M.T.P., M.Sc.

Pejabat Fakultas dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

  1. Fakultas Teknik.
    • Dekan : Prof. Ilyas Masudin, S.T., M.LogSCM., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.
    • Wakil Dekan I : Zulfatman, S.T., M.Eng., Ph.D.
    • Wakil Dekan II : Ir. Hj. Gita Indah Marthasari, S.T., M.Kom.
    • Wakil Dekan III : Ir. Zamzami Septiropa, S.T., M.T., Ph.D.
    • Kepala Prodi Informatika : Ir. Galih Wasis Wicaksono, S.Kom., M.Cs.
    • Kepala Prodi Teknik Mesin : Ir. Iis Siti Aisyah, S.T., M.T., Ph.D., IPM.
    • Kepala Prodi Teknik Sipil : Dr. Ir. Sulianto, M.T.
    • Kepala Prodi Teknik Elektro : Khusnul Hidayat, S.T., M.T.
    • Kepala Prodi Teknik Industri : Ir. Shanty Kusuma Dewi, S.T., M.T.
    • Kepala Prodi Profesi Insinyur : Ir. Ali Mokhtar, M.T., IPM., ASEAN Eng.
  2. Fakultas Kedokteran.
    • Dekan : Dr. dr. Meddy Setiawan, Sp.PD.
    • Wakil Dekan I : Dr. dr. Ruby Ariana Asparini, Sp.BP-RE.
    • Wakil Dekan II : dr. Sri Adila Nurainiwati, Sp.KK.
    • Wakil Dekan III : dr. Indra Setiawan, Sp.THT.
    • Kepala Prodi Pendidikan Dokter : Dr. dr. Fathiyah Safithri, M.Kes.
    • Kepala Prodi Profesi Dokter : dr. H. Mochamad Bahrudin, Sp.S.
  3. Fakultas Agama Islam.
    • Dekan : Dr. Khozin, M.Si.
    • Wakil Dekan I : Pradana Boy ZTF, S.Ag., M.A., Ph.D.
    • Wakil Dekan II : Dr. Saiful Amien, S.Ag., M.Pd.
    • Wakil Dekan III : Imamul Hakim, S.E., M.E.Sy.
    • Kepala Prodi Pendidikan Agama Islam : Mohammad Kamaludin, S.Pd.I., M.Si.
    • Kepala Prodi Hukum Keluarga Islam : Muhammad Arif Zuhri, Lc., M.H.I.
    • Kepala Prodi Ekonomi Syari'ah : Dr. Rahmad Hakim, S.H.I., M.MA.
    • Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Arab : Mochammad Firdaus, Lc., M.Ed.
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
    • Dekan : Prof. Dr. Muslimin Machmud, M.Si.
    • Wakil Dekan I : Dr. Salahudin, S.IP., M.Si., M.P.A.
    • Wakil Dekan II : Dr. Dyah Estu Kurniawati, S.Sos., M.Si.
    • Wakil Dekan III : Muhammad Himawan Sutanto, S.Sos., M.Si.
    • Kepala Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial : Prof. Dr. Drs. Oman Sukmana, M.Si.
    • Kepala Prodi Ilmu Pemerintahan : Muhammad Kamil, S.IP., M.A.
    • Kepala Prodi Ilmu Komunikasi : Nasrullah, S.Sos., M.Si.
    • Kepala Prodi Sosiologi : Luluk Dwi Kumalasari, S.Sos., M.Si.
    • Kepala Prodi Hubungan Internasional : M. Syaprin Zahidi, S.IP., M.A.
  5. Fakultas Hukum.
    • Dekan : Prof. Dr. Tongat, S.H., M.Hum.
    • Wakil Dekan I : Bayu Dwi Widdy Jatmiko, S.H., M.Hum.
    • Wakil Dekan II : Ratri Novita Erdianti, S.H., M.H.
    • Wakil Dekan III : Said Noor Prasetyo, S.H., M.H.
    • Kepala Prodi Ilmu Hukum : Cholidah, S.H., M.H.
  6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
    • Dekan : Prof. Dr. Idah Zuhroh, M.M.
    • Wakil Dekan I : Dr. Drs. Widayat, M.M.
    • Wakil Dekan II : Drs. Adi Prasetyo, M.Si. Ak, CA.
    • Wakil Dekan III : Dr. Drs. Eko Handayanto, M.M.
    • Kepala Prodi Manajemen : Dr. Nurul Asfiyah, M.M.
    • Kepala Prodi Akuntansi : Dr. Driana Leniwati, S.E., Ak., M.SA., CSRS., CSRA.
    • Kepala Prodi Ekonomi Pembangunan : Muhammad Sri Wahyudi, S.E., M.E.
  7. Fakultas Psikologi.
    • Dekan : Muhamad Salis Yuniardi, S.Psi., M.Psi., Ph.D.
    • Wakil Dekan I : Dr. Dra. RR Siti Suminarti Fasikhah, M.Si.
    • Wakil Dekan II : Dr. Dra. Nida Hasanati, M.Si.
    • Wakil Dekan III : Dr. Ari Firmanto, S.Psi., M.Si.
    • Kepala Prodi Psikologi : Sofa Amalia, S.Psi., M.Si.
  8. Fakultas Ilmu Kesehatan.
    • Dekan : Dr. Yoyok Bekti Prasetyo, M.Kep., Sp.Kom.
    • Wakil Dekan I : Ns. Henny Dwi Susanti, M.Kep., Sp.Kep.Mat., Ph.D.
    • Wakil Dekan II : apt. Nailis Syifa', S.Farm., M.Sc., Ph.D.
    • Wakil Dekan III : Rakhmad Rosadi, SST.FT., M.Sc.PT., Ph.D.
    • Kepala Prodi Ilmu Keperawatan : Ns. Edi Purwanto, S.Kep., M.Ng.
    • Kepala Prodi Fisioterapi : Dimas Sondang Irawan, SST.FT., M.Fis.
    • Kepala Prodi Farmasi : apt. Siti Rofida, S.Si., M.Farm.
    • Kepala Prodi Profesi Ners : Ns. Sunardi, S.Kep., M.Kep.
    • Kepala Prodi Profesi Apoteker : Dr. apt. Hidajah Rachmawati, S.Si., Sp.FRS.
    • Kepala Prodi Profesi Fisioterapi : Safun Rahmanto, SST.FT., M.Fis.
  9. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
    • Dekan : Dr. Trisakti Handayani, M.M.
    • Wakil Dekan I : Dr. Sugiarti, M.Si.
    • Wakil Dekan II : Prof. Dr. Abdulkadir Rahardjanto, M.Si.
    • Wakil Dekan III : Bayu Hendro Wicaksono, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
    • Kepala Prodi Pendidikan Matematika : Adi Slamet Kusumawardhana, S.Si., M.Si.
    • Kepala Prodi Pendidikan Biologi : Prof. Dr. Rr Eko Susetyarini, M.Si.
    • Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia : Arif Setiawan, S.Pd., M.Pd.
    • Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Inggris : Drs. Jarum, M.Ed.
    • Kepala Prodi PPKN : Drs. Mohammad Mansur Ibrahim, M.H.
    • Kepala Prodi PGSD : Bustanol Arifin, S.Pd., M.Pd.
    • Kepala Pendidikan Profesi Guru : Dr. Iin Hindun, M.Kes.
  10. Fakultas Pertanian dan Peternakan.
    • Dekan : Prof. Dr. Ir. Aris Winaya, M.M., M.Si., IPU., ASEAN Eng.
    • Wakil Dekan I : Ir. Henik Sukorini, M.P., Ph.D., IPM.
    • Wakil Dekan II : Dr. Ir. Mochamad Chanan, M.P.
    • Wakil Dekan II : Dr. Hariyadi, S.Pi., M.Si.
    • Kepala Prodi Agroteknologi : Dr. Ir. Agus Zainudin, M.P.
    • Kepala Prodi Agribisnis : Ary Bakhtiar, S.P., M.Si
    • Kepala Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan : Hanif Alamudin Manshur, S.Gz., M.Si.
    • Kepala Prodi Kehutanan : Galit Gatut Prakosa, S.Hut., M.Sc.
    • Kepala Prodi Peternakan : Bayu Etti Tri Adiyastiti, S.Pt., M.Sc.
    • Kepala Prodi Akuakultur : Dr. Hany Handajani, S.Pi, M.Si.
  11. Fakultas Vokasi.
    • Dekan : Prof. Dr. Tulus Winarsunu, M.Si.
    • Sekretaris : Dr. Sri Budi Cantika Yuli, S.E., M.M.
    • Kepala Prodi D3 Keuangan dan Perbankan : Syamsul Hadi, S.E., M.Si., CRA.
    • Kepala Prodi D3 Keperawatan : Ns. Indah Dwi Pratiwi, S.Kep., M.Ng.
    • Kepala Prodi D3 Teknologi Elektronika : Ir. Diding Suhardi, M.T., IPM., ASEAN Eng.
    • Kepala Prodi D4 Agribisnis Unggas : Ir. Ali Mahmud, S.Pt., M.Pt.
    • Kepala Prodi D4 Bisnis Properti :Risky Angga Pramuja, S.E., M.Ec.Dev.
  12. Pascasarjana.
    • Direktur : Prof. Akhsanul In'am, Ph.D.
    • Wakil Direktur I : Dr. Hj. Diah Karmiyati, M.Si.
    • Wakil Direktur II : Prof. Dr. Wahyudi, M.Si.
    • Kepala Prodi Magister Manajemen : Dr. Aniek Rumijati, M.M.
    • Kepala Prodi Magister Pedagogi : Dr. H. Agus Tinus, M.Pd.
    • Kepala Prodi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan : Dr. Mokh. Najih, SH., M.Hum.
    • Kepala Prodi Magister Pendidikan Matematika : Prof. Dr. Dwi Priyo Utomo, M.Pd.
    • Kepala Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris : Dr. Estu Widodo, M.Hum.
    • Kepala Prodi Magister Pend. Bahasa Indonesia : Prof. Dr. Ribut Wahyu Eriyanti, M.Si., M.Pd.
    • Kepala Prodi Magister Pendidikan Biologi : Dr. Atok Miftachul Hudha, M.Pd.
    • Kepala Prodi Magister Hukum : Dr. Herwastoeti, S.H., M.Si.
    • Kepala Prodi Magister Psikologi Sains : Prof. Dr. Iswinarti, M.Si.
    • Kepala Prodi Magister Psikologi Profesi : Dr. Dra. Cahyaning Suryaningrum, M.Si.
    • Kepala Prodi Magister dan Doktor Pendidikan Agama Islam : Prof. Dr. Abdul Haris, M.A.
    • Kepala Prodi Magister dan Doktor Sosiologi : Prof. Dr. Ishomuddin, M.Si.
    • Kepala Prodi Magister Agribisnis dan Doktor Pertanian : Prof. Dr. drh. Lili Zalizar, M.S.
    • Kepala Prodi Doktor Pendidikan : Prof. Dr. Drs. Joko Widodo, M.Si.

Biro[sunting | sunting sumber]

  1. Biro Administrasi Akademik dan Pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  2. Biro Administrasi Umum.
  3. Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni.
  4. Biro Administrasi Kelembagaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Kerjasama.
  5. Biro Informasi dan Komunikasi.
  6. Biro Hubungan Internasional.
  7. Biro Administrasi Keuangan.

Direktorat[sunting | sunting sumber]

  1. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
  2. Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Vokasi.

Badan[sunting | sunting sumber]

  1. Badan Pemakmuran Masjid UMM.
  2. Badan Bimbingan Rohani dan Masjid RS UMM.
  3. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
  4. Badan Penjaminan Mutu Internal.
  5. Badan Pengawasan Pembangunan Kampus.
  6. Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum.
  7. Badan Pengendalian Internal

Lembaga[sunting | sunting sumber]

  1. Lembaga Pengembangan Bahasa.
  2. Lembaga Kebudayaan.
  3. Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak.
  4. Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah.
  5. Lembaga Inovasi Pembelajaran.
  6. Lembaga Sertifikasi Profesi.

Unit Pelaksana Teknis (UPT)[sunting | sunting sumber]

  1. UPT. Perpustakaan.
  2. UPT. Kesehatan dan UMM Medical Center.
  3. UPT. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).
  4. UPT. Bimbingan dan Konseling.
  5. UPT. Bengkel Sepeda Motor.
  6. UPT. Kursus Bahasa Asing.
  7. UPT. Percetakan dan Penerbitan.
  8. UPT. Program Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA).
  9. UPT. Akreditasi dan Pemeringkatan.
  10. UPT. Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK)
  11. UPT. Rusunawa UMM.

Unit Pelayanan (UP)[sunting | sunting sumber]

  1. UP. Pengelolaan Dana Pensiun.
  2. UP. Dome UMM.
  3. UP. Bookstore.
  4. UP. Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH).
  5. UP. Taman Rekreasi Sengkaling.

Pusat Studi[sunting | sunting sumber]

Hingga kini, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki berbagai macam pusat (center) yang membawahi sektor riset atau pusat studi dan pelayanan untuk meningkatkan mutu dan kualitas UMM. Pusat-pusat ini berada dibawah satu koordinasi Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM).

  1. Pusat Studi Pengembangan Holtikultura Tropika.
  2. Pusat Studi Energi Lingkungan dan Pengembangan Wilayah.
  3. Pusat Studi Kajian Energi Baru dan Terbarukan.
  4. Pusat Studi ASEAN.
  5. Pusat Studi Pengembangan Manajemen.
  6. Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan.
  7. Pusat Studi Pengembangan Bioteknologi.
  8. Pusat Studi Kewilayahan, Kependudukan, dan Pengelolaan Bencana.
  9. Pusat Studi Islam dan Filsafat.
  10. Pusat Studi Peragaan IPTEK.
  11. Pusat Studi Bahasa (Language Center).
  12. Pusat Studi Kegiatan Mahasiswa (Student Center).
  13. Sentra Hak atas Kekayaan Intelektual

Pusat Layanan[sunting | sunting sumber]

  1. Pusat Layanan Psikologi.
  2. Pusat Layanan Kesehatan.
  3. Pusat Layanan ICT.
  4. Pusat Layanan IPTEK.

Unit Bisnis dan Usaha[sunting | sunting sumber]

  1. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
  2. University Farm.
  3. Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA).
  4. Asrama Mahasiswa.
  5. Taman Rekreasi Sengkaling UMM.
  6. Rayz Hotel.
  7. Kapal Garden Hotel.
  8. My Dormy Hostel UMM.
  9. Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang.
  10. Rumah Sakit Surya Medika Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).
  11. Bengkel Rinjani UMM.
  12. Bank Bumi Rinjani UMM.
  13. New Bookstore UMM.
  14. Kontainer Cafe UMM.

Center of Excellence (COE)[sunting | sunting sumber]

  1. Kelas Profesional Welding Inspector - Program Studi Teknik Mesin.
  2. Kelas Profesional Unggas - Program Studi Peternakan.
  3. Kelas Profesional Udang - Program Studi Akuakultur/Perikanan.
  4. Kelas Profesional Ruminansia - Program Studi Peternakan.
  5. Kelas Profesional Koi - Program Studi Akuakultur/Perikanan.
  6. Kelas Profesional Unggulan Anggrek - Program Studi Pendidikan Biologi.
  7. Kelas Profesional Human Resource Development (HRD) - Program Studi Psikologi.
  8. Kelas Profesional Metaverse - Program Studi Informatika.
  9. Kelas Profesional PLTS - Program Studi Teknik Elektro.
  10. COE Data Science - Amazon Web Service (AWS).
  11. COE Digital Transformation - Amazon Web Service (AWS).
  12. Sekolah Asisten Advokat - Program Studi Ilmu Hukum.
  13. Kelas Profesional Para Diplomasi Institute - Program Studi Hubungan Internasional.
  14. School of Creative Digital Communication - Program Studi Ilmu Komunikasi.
  15. COE Financial Technology - Amazon Web Service (AWS).
  16. Kelas Profesional Sustainability Accounting (SSAC) - Program Studi Akuntansi.
  17. Kelas Profesional Akuntansi Desa - Program Studi Akuntansi.
  18. Kelas Profesional Accounting for SME's - Program Studi Akuntansi.
  19. Kelas Profesional Tourism and Hospitality - Program Studi Manajemen.
  20. Kelas Profesional Supply Chain Management (SCM) - Program Studi Manajemen.
  21. Kelas Profesional Bahasa Arab untuk Penerjemah - Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.
  22. Sekolah Coorporate Law - Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI).
  23. Kelas Profesional Analisis Pemerintah dan Politik - Program Studi Ilmu Pemerintahan.
  24. Kelas Profesional B-Sospol - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
  25. Kelas Profesional Manajer - Program Studi Sosiologi.
  26. Kelas Pemerintahan Desa - Program Studi Ilmu Pemerintahan.
  27. Kelas Profesional Enterpreuneur Perbukuan - Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
  28. Kelas Profesional English for Hospitality - Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
  29. Kelas Profesional Super School - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  30. Kelas Profesional Media dan Animasi Pendidikan Digital - Program Studi Pendidikan Matematika.
  31. Kelas Profesional Wisata Sejarah Digital - Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  32. Kelas Profesional PIBK - Program Studi Psikologi.
  33. Kelas Profesional Ekspor Produk Agrokomplek - Program Studi Agribisnis.
  34. Kelas Profesional Industri Produksi Benih Tanaman - Program Studi Agroteknologi.
  35. Kelas Profesional Essential Oil - Program Studi Kehutanan.
  36. Kelas Profesional Kakao - Program Studi Teknologi Pangan.
  37. Kelas Profesional Kosmetik - Program Studi Farmasi.
  38. Kelas Profesional Pengembangan Realestate - Program Studi Teknik Sipil.
  39. Kelas Profesional Construction & Vehicle Simulation (CVS) - Program Studi Teknik Mesin.

Dosen dan staf teknis[sunting | sunting sumber]

Di bidang akademik, UMM terus mengembangkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pendidikan, penelitian yang berstandar internasional serta didukung dosen yang qualified. Hal ini dilakukan, karena UMM telah bertekad menjadi The Real University. Saat ini, UMM mempunyai staf pengajar tidak kurang 615[1] orang dengan kualifikasi pendidikan hampir 80% lulusan S2, 15% S3 dan Guru Besar sedangkan sisanya masih lulusan S1 dari berbagai PT dalam dan luar negeri. Selain itu UMM juga didukung oleh ratusan staf administrasi, teknisi dan laboran yang masing-masing ahli di bidangnya. Untuk meningkatkan Skill dan kualitas SDM, UMM secara berkala mengirimkan dosen dan staf teknis ke luar negeri untuk mempelajari dan mendalami ilmu dan pengetahuan di semua bidang.

Lingkungan Kampus[sunting | sunting sumber]

Kampus III merupakan kampus terbesar yang dimiliki UMM. Kampus ini terhampar indah dengan bangunan tertata apik sesuai topografi lahan berlembah yang indah menghijau dan dialiri Sungai Brantas. Di tengah-tengah kampus terdapat danau luas terbelah jembatan menuju gedung megah, asri, damai dan sejuk. Di seputar kampus III inilah dikelilingi beberapa unit bisnis UMM, yakni gedung pertunjukkan UMM Dome, Rayz Hotel UMM, Kapal Garden Hotel UMM, Taman Rekreasi Sengkaling UMM, UMM Bookstore, Rumah Sakit Pendidikan UMM, UMM farm, SPBU UMM, dan Bengkel Motor UMM. Sedangkan Medical Center dan Apotek UMM terletak di kawasan kampus II.

Ranking dan Prestasi[sunting | sunting sumber]

Sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka, UMM sudah memperoleh pengakuan dari pihak eksternal, yaitu dengan diraihnya Nilai Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Bintang Tiga dari QS Star, Terakreditasi KNAPP, Terakreditasi dari MTD Registered Public Accountants, Terakreditasi dari NQA Global Assurance, dan lain-lain. Prestasi yang diraih UMM antara lain:

  1. Peraih Anugerah Kampus Unggul (AKU) Jawa Timur sejak tahun 2008 hingga sekarang.
  2. Peraih Anugerah AKU Kartika kopertis VII Jawa Timur sebagai kampus Terunggul di Jawa Timur.
  3. Runner Up Adi Upaya Puritama Kelas II (untuk Rusunawa).
  4. ASEAN Energy Award.
  5. Peringkat ke-5 Dunia konten Rich Files webometrics.
  6. Peringkat 5 Indonesia untuk Repository webometrics.
  7. Peringkat 19 Indonesia 4icu.
  8. Peringkat 22 TesCa-Telkom, dan lain-lain.
  9. Peringkat 1 Kampus Islam terbaik di Dunia versi UniRank 2021.
  10. Memperoleh penghargaan dari pemerintah USA sebagai Host Peace Corps USA mulai tahun 2010.
  11. Peringkat 6 Kampus Swasta terbaik di Asia Tenggara versi AppliedHE 2022.

Kerjasama Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

UMM telah bekerjasama dengan pihak luar kampus, baik dari instansi dalam dan luar negeri. Untuk kerjasama luar negeri yang sedang berjalan antara lain: Erasmus Mundus, ACICIS, Peace Corps Amerika, BGP Engineering Belanda, AMINEF, AIESEC, EESTEC, USAID, AUSAID, American Corner, Saudi Arabia Corner, China Corner, Australia Corner, India Corner, Thailand Corner, dan Inggris Corner.

-Universitas-[sunting | sunting sumber]

  1. Università degli Studi di Trento (Italia).
  2. Università degli studi di Foggia (Italia).
  3. University of London (Inggris).
  4. Leiden University(Belanda).
  5. Tillburg University (Belanda).
  6. Utrecht University (Belanda).
  7. Islamic University of Rotterdam (Belanda).
  8. University of Innsbruck (Austria).
  9. Technische Universität Dresden (Jerman).
  10. Technische Universiteit Delft (Jerman).
  11. Universidad de Murcia (Spanyol).
  12. University of Eastern Finland (Finlandia).
  13. Universidade do Minho (Portugal).
  14. Atılım Üniversitesi (Turki).
  15. University of Cyprus (Siprus).
  16. Saint Petersburg State University (Rusia).
  17. Mongolian University of Science and Technology (Mongolia).
  18. National University of Mongolia (Mongolia).
  19. Hanoi University of Science and Technology (Vietnam).
  20. The Nasional University of Laos (Laos).
  21. Universiti Sains Malaysia (Malaysia).
  22. Universiti Malaya (Malaysia).
  23. Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia).
  24. Asian Institute of Technology (Thailand).
  25. Burapha University (Thailand).
  26. Hunan Normal University (Cina).
  27. Jilin University (Cina).
  28. Guangzho University (Cina).
  29. Kun Shan University (Taiwan).
  30. Kyungdong University (Korea Selatan).
  31. Chonnam National University (Korea Selatan).
  32. Singapore Polytechnic (Singapura).
  33. National University of Singapore (Singapura).
  34. Australian National University (Australia).
  35. Charles Darwin University (Australia).
  36. Curtin University (Australia).
  37. Deakin University (Australia).
  38. Flinders University (Australia).
  39. La Trobe University (Australia).
  40. Monash University (Australia).
  41. Murdoch University (Australia).
  42. University of Adelaide (Australia).
  43. University of Melbourne (Australia).
  44. University of New England (Australia).
  45. University of New South Wales (Australia).
  46. University of Queensland (Australia).
  47. University of Sydney (Australia).
  48. University of Tasmania (Australia).
  49. University of Technology Sydney (Australia).
  50. University of Western Australia (Australia).
  51. University of Western Sydney (Australia).
  52. University of Wollongong (Australia).
  53. Auckland University of Technology (Selandia Baru).
  54. Universidad Escuela de Administración, Finanzas e Instituto Tecnológico (Kolombia).
  55. Toronto University (Kanada).
  56. University of Wisconsin (Amerika Serikat).

-Lembaga dan Perusahaan-[sunting | sunting sumber]

  1. Global Education for European Engineers And Entrepreneurs (Prancis).
  2. BGP Engineer (Jerman).
  3. Hanwha Corporation (Korea Selatan).
  4. Othman Hashim & Co (Malaysia).
  5. Peace Corps Amerika Serikat.
  6. Asia New Zealand Foundation.
  7. Kedutaan Besar Amerika Serikat.
  8. Kedutaan Besar Uni Eropa.
  9. Kedutaan Besar Uni Emirat Arab.
  10. Kedutaan Besar Australia.
  11. Kedutaan Besar Iran.
  12. Kedutaan Besar Rusia.
  13. Kedutaan Besar India.
  14. Kedutaan Besar Arab Saudi.
  15. Kedutaan Besar Kolombia.

Kerjasama Dalam Negeri[sunting | sunting sumber]

-Universitas-[sunting | sunting sumber]

  1. Universitas Pancabudi.
  2. Universitas Muhammadiyah Sinjai.
  3. Universitas Magelang.
  4. STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyah Cilacap.
  5. Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah Kebumen.
  6. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
  7. Universitas Muhammadiyah Riau.
  8. Universitas Nusa Cendana.
  9. STIT Muhammadiyah Ngawi.
  10. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.
  11. Politeknik Negeri Banjarmasin.
  12. UPN Veteran Yogyakarta.
  13. Universitas Pamulang.
  14. Universitas Pasundan.
  15. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  16. STAIN Majene.
  17. Universitas Kristen Maranatha.
  18. Universitas Gresik.
  19. Universitas Surabaya.
  20. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
  21. Universitas Merdeka Malang.
  22. Universitas Kanjuruhan Malang.
  23. Universitas Islam Malang.
  24. Universitas Boyolali.
  25. Universitas Pancasakti Tegal.
  26. Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman.
  27. Universitas Dwijendra.
  28. Universitas Islam Sumatera.
  29. Universitas Muhammadiyah Kendari.
  30. Universitas Muhamamdiyah Cirebon.
  31. Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.
  32. Universitas IBA.
  33. Universitas Djuanda Bogor.
  34. Universitas Krisnadwipayana.
  35. Universitas Islam OKI.
  36. Universitas Borobudur.
  37. Universitas Janabrada.
  38. Universitas Merdeka Pasuruan.
  39. Universitas 17 Agustur 1945 Surabaya.
  40. Universitas Sahid Jakarta.
  41. Universitas Bung Hatta.
  42. Universitas Mahendradatta.
  43. Universitas Bumi Ruwa Jurai.
  44. Universitas Muria Kudus.
  45. Universitas Katolik Widya Karya Malang.
  46. Universitas Kuningan.
  47. Universitas Wahid Hasyim Semarang.
  48. Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.
  49. Universitas Muhammadiyah Palu.
  50. Universitas Al-Azhar Indonesia.
  51. Universitas Suryakencana.
  52. Universitas Tamansiswa Palembang.
  53. Universitas Islam Jakarta.
  54. Universitas Bandar Lampung.
  55. Universitas Muhammadiyah Luwuk.
  56. Universitas Sumpah Pemuda Palembang.
  57. Universitas Pelita Harapan Medan.
  58. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.
  59. Universitas Wiraraja.
  60. Universitas Palembang.
  61. Universitas Yarsi.
  62. Universitas Muhammadiyah Magelang.
  63. Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
  64. Universitas Esa Unggul.

-Lembaga dan Perusahaan-[sunting | sunting sumber]

  1. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur.
  2. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pamekasan.
  3. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang.
  4. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang.
  5. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Malang.
  6. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batu.
  7. Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
  8. Pemerintah Kota Malang.
  9. Pemerintah Kabupetn Malang.
  10. Pemerintah Kabupaten Blitar.
  11. Pemerintah Kabupaten Pasuruan.
  12. Pemerintah Kabupaten Jember.
  13. Pemerintah Kabupaten Dompu.
  14. Pemerintah Kabupaten Bima.
  15. Pemerintah Kota Bima.
  16. Pemerintah Kabupaten Bondowoso.
  17. Pemerintah Kabupaten Bireuen.
  18. Pemerintah Kota Kediri.
  19. PT. Bayu Agri Simbio.
  20. PT. Indosat Mega Media.
  21. PT. Telivisi Madium Media Visual Utama.
  22. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) tbk.
  23. PT. Bank Syariah Mega Malang
  24. PT. Alegria Indonesia.
  25. HPEQ Project.
  26. International Test Center.
  27. Hitachi High-Technologies Corporation.
  28. SMA Muhammadiyah 1 Malang.
  29. SMA Muhammadiyah 3 Batu.
  30. SMA Negeri 1 Kota Malang.
  31. SMA Negeri 3 Kota Malang.
  32. SMA Negeri 1 Kota Batu.
  33. SMA Negeri 2 Kota Batu.
  34. MA Negeri 1 Kota Malang.
  35. MA Negeri 3 Kota Malang.
  36. SMP Negeri 1 Mojokerto.
  37. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sekretariat Jenderal Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri.
  38. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  39. Direktorat PAI pada Sekolah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.
  40. Balitbang Pertanian Departemen Pertanian.
  41. Bank Indonesia wilayah Jember.
  42. Pusat Kedokteran dan Polri
  43. ICMI Wilayah Jawa Timur.

Daftar Rektor Universitas Muhammadiyah Malang[sunting | sunting sumber]

No Nama Mulai

Menjabat

Selesai

Menjabat

Keterangan
1 Prof. Drs. H. Sofyan Aman, S.H. 1964 1968 Rektor Pertama Universitas Muhammadiyah Malang pada masa kepemimpinannya UMM baru berdiri yang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) terdiri dari tiga fakultas yaitu Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Jurusan Ilmu Agama (cabang dari FAI UMJ). Pada masa akhir jabatan Prof. Sofyan tahun 1968, UMM resmi berdiri sendiri (terpisah dari UMJ).
2 Prof. Drs. H. Masyfuk Zuhdi. 1968 1978
3 Prof. H. Moh. Kasiram, M.Sc. 1978 1983
4 Prof. Dr. H. Abdul Malik Fadjar, M.Sc. 1983 2000 (1983) Kampus 2 UMM mulai ditempati, (1987) telah berdiri 8 Fakultas, (1991) Kampus 3 UMM mulai ditempati oleh Fakultas Pertanian yang pertama kali pindah, (1993) mulai dibuka Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen.
5 Prof. Dr. H Muhadjir Effendy, M.A.P. 2000 2016 (2002) telah berdiri 10 Fakultas, (2004) Magister: Hukum, Agribisnis, dan Pengembangan Kebijakan berdiri, (2009) Profit Center, Pusat Pengembangan Energi, Rusunawa, dll. Operasional, Teaching Hospital mulai dibangun, (2013) Kampus Swasta Pertama di Jawa Timur yang meraih akreditasi A

dari BAN-PT.

6 Prof. Dr. H. Fauzan, M.Pd. 2016 2024 (2021) Meraih Peringkat 1 Kampus Islam Terbaik di Dunia versi UniRank 2021, (2021) Terakreditasi Unggul / A dari BAN-PT.
7 Prof. Dr. Nazaruddin Malik, S.E., M.Si. 2024 2028

Alumni[sunting | sunting sumber]

Pemeringkatan dari Lembaga Nasional dan Internasional[sunting | sunting sumber]

Sumber Asal Lembaga Region Peringkat Tahun
Webometrics Ranking Spanyol Indonesia 57 2022
Webometrics Ranking Spanyol Dunia 4230 2022
AppliedHE Singapura Indonesia 4 2022
AppliedHe Singapura Asia Tenggara 6 2022
UniRank Australia Indonesia 19 2022
UI Green Metrics Indonesia Indonesia 24 2022
UI Green Metrics Indonesia Dunia 229 2022

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Forlap Dikti (2015)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-08. Diakses tanggal 2016-06-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]