Universitas Widyagama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Widyagama Malang
Didirikan 1971
Rektor Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS
Lokasi Malang, Jawa Timur
Situs web http://widyagama.ac.id

Universitas Widyagama Malang adalah universitas swasta di Malang, Jawa Timur, Indonesia,

Universitas Widyagama Malang didirikan oleh yayasan yang bernama Yayasan Pembina Pendidikan Indonesia (YPPI) pada tahun 1971. Semula Universitas ini didirikan sebagai Akademi Bank Widyagama Malang pada tanggal 24 Pebruari 1971. Pada tanggal yang sama tahun 1974, berdiri pula Akademi Manajemen Widyagama Malang. Pada tanggal 24 Pebruari 1980, kembali didirikan Akademi Akuntansi Widyagama Malang.

Agar dapat menjadi sarjana lengkap, karena gelar sarjana muda akan dihapus, maka YPPI menggabung tiga akademi tersebut menjadi Institut Ekonomi dan Manajemen (IEM) Widyagama pada tanggal 19 September 1981. Pada tahun 1984, nama IEM berubah kembali menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Widyagama, yang memiliki jurusan Manajemen Keuangan dan Manajemen Perusahaan.

Pada tanggal 1 Januari 1985, YPPI sepakat mendirikan Universitas Widyagama Malang, sebagai pengembangan dari STIE Widyagama dan fakultas-fakultas baru. Universitas memiliki empat Fakultas, yakni (1) Fakultas Ekonomi, terdiri Program Studi (PS) Manajemen dan Akuntansi, (2) Fakultas Hukum dengan PS Ilmu Hukum, (3) Fakultas Pertanian, terdiri PS Agronomi, Teknologi Hasil Pertanian dan Agribisnis; dan (4) Fakultas Teknik, terdiri PS Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro.

Saat ini, pengembangan kelembagaan akademik sudah berkembang pesat. Universitas Widyagama sudah memiliki program studi S1 Teknik Industri (berdiri 1997), S2 Magister Manajemen (2002), S2 Magister Hukum (2002), Diploma D3 keuangan dan perbankan Syariah (2005), dan S1 Teknologi Informatika (2011)

Struktur Organisasi[sunting | sunting sumber]

Seiring dengan tuntutan peningkatan pelayanan dan dinamika perkembangan dalam dunia pendidikan tinggi maka struktur organisasi Universitas Widyagama Malang mengalami beberapa penyesuaian. Perubahan penting dalam struktur organisasi adalah dengan adanya statuta tahun 2010. Sejak tahun 2012, Rektor telah dibantu oleh dua wakil rektor (SK YPPI No 08/K/YPPIWM/II/2011) dengan pembagian tugas sebagai berikut Wakil Rektor I: membidangi tatakelola Akademik dan Kemahasiswaan dan Wakil Rektor II : membidangai tatakelola Administrasi Keuangan dan Administrasi Umum. Upaya perbaikan kinerja lembaga yang terus dilakukan telah mendapat pengakuan dari Kopertis Wilayah VII sebagai indikator pembanding (benchmarking) terhadap kualitas tata kelola PTS di lingkungan regional Jawa Timur dengan diraihnya penghargaan Tata Kelola sejak tahun 2008, 2009 dan 2010. Sebelumnya pada tahun 2007, Universitas ini menjadi 50 terbaik secara nasional (the 50th promising universities) sehingga diundang mengikuti pameran pendidikan sedunia di Univ. Philadelphia USA. Hal ini merupakan buah peran dan kerjasama segenap sivitas akademika yang perlu mendapat apresiasi. Namun tantangan kedepan semakin berat karena persaingan PT akan semakin ketat dengan upayanya masing-masing untuk peningkatan kualitas yang menjadi tuntutan pendidikan tinggi secara nasional melalui program-program pembinaan yang akan terus digulirkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Karena itu evaluasi secara berkelanjutan perlu dibudayakan untuk mencapai peningkatan kinerja lembaga mulai tingkat operasional di tingkat unit kerja hingga pelayanan ditingkat manajemen. Sistem pelayanan bagi stakeholder khususnya mahasiswa perlu disederhanakan dan dikonsentrasikan untuk mencapai peningkatan kepuasan layanan. Upaya pengembangan kelembagaan menuju tata kelola yang baik tidak hanya dalam aspek sistem dan struktur organisasi tetapi kompetensi sumber daya manusia menjadi bagian penting. Bergulirnya roda regenerasi secara sehat dan selektif, pembinaan kompetensi serta kepemimpinan perlu menjadi perhatian, mengingat sumber daya manusia merupakan penggerak berjalannya sistem untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Fakultas dan lembaga[sunting | sunting sumber]

Universitas Widyagama memiliki 5 fakultas, yaitu:

  1. Program Pascasarjana
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Teknik

Adapun (kode dan jenjang) program studi meliputi:

  1. 61101 S-2 Manajemen
  2. 74101 S-2 Ilmu Hukum
  3. 61201 S-1 Manajemen
  4. 62201 S-1 Akuntansi
  5. 74201 S-1 Ilmu Hukum
  6. 41231 S-1 Teknologi Hasil Pertanian
  7. 54201 S-1 Agribisnis
  8. 54211 S-1 Agroteknologi
  9. 20201 S-1 Teknik Elektro
  10. 21201 S-1 Teknik Mesin
  11. 22201 S-1 Teknik Sipil
  12. 26201 S-1 Teknik Industri
  13. 55201 S-1 Teknik Informatika
  14. 61301 D-4 Keuangan Dan Perbankan
  15. 21403 D-3 Mesin Otomotif
  16. 61406 D-3 Keuangan Dan Perbankan

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan pengembangan, Universitas juga memiliki unit pendukung antara lain

  1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  2. Pusat Pengembangan Kewirausahaan
  3. Penerimaan Mahasiswa Baru
  4. Bagian Kemahasiswaan lihat galeri
  5. Pengembangan Pembelajaran
  6. Pengembangan digital library
  7. Pengembangan E Journal
  8. Media Sosial Facebook

Dosen[sunting | sunting sumber]

Penyelenggaraan program akademik didukung staf dosen sebanyak 125 orang yang menyebar pada 15 program studi. Saat ini jumlah dosen yang bergelar doktor mencapai 24 orang, termasuk di dalamnya 5 orang guru besar. Dosen bergelar Magister sebanyak 99 orang. Pada tahun 2014, diproyeksikan jumlah doktor mencapai 48 orang. Daftar dosen dapat dilihat berikut (1, 2, 3, 4)

Program Kompetensi Unggulan[sunting | sunting sumber]

Untuk meningkatkan elastisitas lulusan dan agar dapat bersaing dalam dunia global, Universitas Widyagama Malang memberikan kompetensi unggulan kepada mahasiswanya. Kompetensi unggulan adalah serangkaian program akademik (non kurikulum) yang wajib ditempuh oleh mahasiswa selama masa perkuliahan. Tujuannya adalah memberikan bekal kompetensi agar kualitas lulusan memiliki mutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan khususnya lapangan kerja. Hasil akhir dari program adalah sertifikat kompetensi yang disahkan oleh Rektor. Universitas memberikan mengajarkan kompetensi unggulan sebagai berikut.

  1. Aplikasi Komputer, berisikan materi pengenalan hardware dan software, operating system, dan Microsoft Office. Materi diberikan selama 10 kali pertemuan @ 100 menit. Kompetensi Aplikasi Komputer dilaksanakan pada semester 2 dan atau 3 dalam tanggungjawab adalah Pusat Komputer.
  2. Basic conversation, berisikan materi pengenalan percakapan umum dan dasar dalam bahasa Inggris. Materi diberikan selama 10 kali pertemuan @ 100 menit (pada semester 3 hingga 4) dalam pengelolaan Laboratorium Bahasa. Setelah ini mahasiswa diharapkan aktif dalam English Club for Student untuk memelihara dan mengeksplorasi kemampuannya.
  3. Basic IT (Information Technology), terdiri materi pengenalan hardware IT, jaringan, developing system, dan internet. Materi diberikan selama 10 kali pertemuan @ 100 menit pada semester 4 dan atau 5. Penanggungjawab program adalah Pusat Komputer.
  4. Kewirausahaan, terdiri materi pembentukan sikap dan mental berwirausaha, manajemen sistem produksi, kelayakan usaha/proyek, negosiasi, prosedural lembaga keuangan, dan prosedur ekspor-impor. Materi diberikan dalam 10 kali pertemuan @ 100 menit pada semester 5 dan atau 6. Penanggungjawab program adalah Pusat Pengembangan Kewirausahaan (P2K).
  5. TOEFL (Test of English for Foreign Language), berisikan materi listening, reading comprehension, structure, and cultural understanding. Materinya sebanyak 10 kali pertemuan @ 100 menit pada semester 7 dan atau menjelang wisuda. Penanggungjawab program adalah Laboratorium Bahasa. Sasarannya adalah mahasiswa mencapai TOEFL 550 sehingga dapat meningkatkan elastisitas alumni Universitas Widyagama pada lapangan kerja yang semakin kompetitif.

Program unggulan tersebut mulai diimplementasikan pada tahun ajaran 2005/2006. Secara internal, disiapkan oleh sekretariat program kompetensi berkoordinasi dengan Biro dan Fakultas. Sementara hubungan eksternal telah dilakukan kerjasama kesepahaman dengan pihak asosiasi eksportir, pengusaha, instansi pemerintah, serta usaha kecil dan menengah (UKM). Pembeayaan kompetensi unggulan tersebut sudah masuk dalam SPP yang dibayarkan setiap semester, sehingga tidak membebani mahasiswa.

Peningkatan mutu[sunting | sunting sumber]

Peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Universitas Widyagama Malang senantiasa terus diupayakan. Dalam periode 2007 – 2011, kualitas diupayakan melalui berbagai kebijakan dan program dalam rambu-rambu kualitas pendidikan tinggi tingkat sarjana (development for undergraduate education) yang disebut dengan LRAISE, yakni singkatan dari komponen-komponen Leadership, Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management and Organization, Sustainability, dan Efficiency and productivity. Upaya peningkatan kualitas dalam keadaan apapun wajib dilakukan sebagai komitmen sebuah perguruan tinggi (magistrorum scholarium). Hal ini juga sejalan dengan visi Universitas yakni menjadi Menjadi Universitas bermutu yang mandiri dan bermartabat. Mutu dibangun dari competency dan consistency. Selanjutnya mutu menjadi modal bagi lahirnya competitiveness sebagai bentuk kesiapan Universitas ini menjalankan kehidupannya di tengah perubahan lingkungan strategis. Berbagai hal-hal positif berhasil dicapai Universitas melalui bechmarking, prestasi, atau penghargaan. Benchmarking Universitas Widyagama Malang secara umum menempati posisi yang baik ditengah-tengah dinamika perguruan tinggi swasta (PTS), dalam ukuran rangking. Prestasi sivitas akademika juga cukup membanggakan. Saat ini dosen bergelar doktor berjumlah 24 orang, dan empat guru besar. Dosen-dosen sudah mampu meraih hibah penelitian dalam derajad tertinggi, antara lain penulisan buku ajar, penelitian RAPID (Riset Andalan Perguruan Tinggu dan Industri), HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) dalam wujud Paten (lihat 1, 2, 3, 4). Mahasiswa juga berhasil mengakses ajang kompetisi tingkat nasional dalam program-program Dikti, misalnya Program Kreativitas Mahasiswa. Berbagai hibah institusi juga mampu diperoleh untuk penguatan fungsi-fungsi kelembagaan Universitas.

Penjaminan Mutu[sunting | sunting sumber]

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) merupakan salah satu bagian penting dalam mencapai peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Sebagai media peningkatan kualitas PT maka program ini telah dimonitor oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan dijadikan sebagai salah satu bagian evaluasi dalam program hibah-hibah institusi. Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Widyagama Malang terbentuk pada tahun 2007. Aktifitas BPM diawali fokus pada bidang akademik yang selanjutnya disebut sebagai Sistem Penjaminan Mutu Akademik yang kemudian menyusun Manual Mutu Akademik. Manual Mutu tersebut sudah disosialisasikan kepada unit kerja di lingkungan universitas, dan sudah dilakukan pelatihan untuk menyusun Dokumen Implementasi Penjaminan Mutu (Manual Prosedur, Instruksi Kerja dan Borang), namun pelaksanaan, monitoring dan evaluasi baru dapat dijalankan sejak tahun 2008. Universitas Widyagama Malang pada tahun 2009 meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Akademik menjadi SPMI (Standar Penjaminan Mutu Internal) yang mengacu pada SNP (Standar Nasional Pendidikan) sebagaimana yang diamanatkan PP No. 19 tahun 2005. Kebijakan universitas ini dimulai dengan merivisi Manual Mutu Akademik menjadi Manual Mutu UWG (Peraturan Rektor No 2 Tahun 2009) sebagaimana standar mutu sesuai PP No. 19 tahun 2005. Dokumen implementasi meliputi Manual Prosedur, Instruksi Kerja dan Borang telah tersusun melalui Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) tahun 2010.Kelengkapan dokumen tersebut juga sebagai bagian penting dalam evaluasi akreditasi program studi.Dengan tersusunnya kelengkapan dokumen tersebut maka perlu dilakukan sosialisasi lebih lanjut dan penetapan mekanisme pelaksanaan monitoring dan evaluasinya sehingga diharapkan sistem penjaminan mutu secara menyeluruh akan dapat berjalan dimasa mendatang secara berkelanjutan. Pencapaian jaminan mutu melalui SNP merupakan bentuk upaya memenuhi standar dalam skala nasional, dengan adanya globalisasi yang ditandai dengan dimulai pasar bebas maka di masa mendatang standar jaminan mutu perlu diarahkan untuk mencapai jaminan mutu skala internasional (ISO). Karena itu pencapaian SNP merupakan modal dasar untuk ditingkatkan dalam rangka mencapai jaminan mutu skala internasional.


Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Universitas Widyagama Malang mendapatkan berbagai prestasi/penghargaan institusi antara lain

  1. 50-th promising university, diberikan Dirjen Dikti, Jakarta. Tahun 2007
  2. 10 Universitas Unggulan di Jawa Timur, diberikan Kopertis Wilayah VII. Tahun 2008
  3. Universitas berprestasi di Jawa Timur, diberikan Kopertis Wilayah VII. Tahun 2009.
  4. 5 Universitas Unggulan di Jawa Timur, diberikan Kopertis Wilayah VII. Tahun 2010.
  5. Universitas berprestasi di Jawa Timur, diberikan Kopertis Wilayah VII. Tahun 2011
  6. 6 Universitas Unggulan di Jawa Timur, diberikan Kopertis Wilayah VII. Tahun 2012

Pranala luar[sunting | sunting sumber]