Universitas Tenaga Nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Universitas Tenaga Nasional (bahasa Melayu: Universiti Tenaga Nasional) atau dikenal juga dengan sebutan UNITEN adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Malaysia yang dimiliki oleh Tenaga Nasional Berhad. Universitas ini menawarkan program akademik sekaligus kursus kemampuan teknologi teknik di dalam kampusnya. Universiti Tenaga Nasional memiliki 4 fakultas yaitu fakultas teknik, fakltas teknologi informasi, fakultas bisnis dan administrasi dan juga fakultas pascasarjana. Kesemua program akademiknya telah diakui oleh Lembaga Akreditasi Negara. Kampus ini terbagi atas dua kampus. Kampus utama terletak di Putrajaya, Selangor. Dan kampus cabang terletak di Muadzam Shah, Pahang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Tenaga Nasional mulai beroperasi pada tahun 1976, dengan nama Institut Latihan Sultan Ahmad Shah (ILSAS), sebuah pusat latihan korporat untuk Tenaga Nasional Berhad (TNB). Pada tahun 1994, ILSAS ditukar ke sebuah Institusi untuk Perguruan tinggi yang dinamakan Institut Kejuruteraan Teknologi Tenaga Nasional (IKATAN). Institusi ini menawarkan program akademik dalam bidang teknik dan manajemen bisnis untuk tingkat Strata 1 dan Strata 2 dengan menggunakan kerjasama dengan universitas lokal maupun asing. Dan pada tahun 1997, IKATAN telah diubah namanya menjadi Universitas Tenaga Nasional.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Universitas Tenaga Nasional mempunyai asrama yang berbentuk apartemen. Ada 4 apartemen di dalam kampus Putrajaya, dan 4 apartemen di kampus Muadzam Shah. Masing-masing apartemen terpisah untuk apartemen laki-laki dan perempuan.

Apartemen di kampus Putrajaya:

  • Apartemen Murni
  • Apartemen Ilmu
  • Apartemen Cendikiawan
  • Apartemen Amanah

Pranala luar[sunting | sunting sumber]