Universitas HKBP Nommensen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas HKBP Nommensen
Moto Pro Deo Et Patria
(bagi Tuhan dan ibu pertiwi)
Didirikan 7 Oktober 1954
Jenis Perguruan Tinggi Swasta, milik HKBP
Rektor Dr. Ir. Jongkers T.Bolon, MSc
Jumlah mahasiswa 8219
Lokasi Medan dan Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia
Kampus Urban
Julukan UHN
Situs web www.nommensen-id.org/

Universitas HKBP Nommensen adalah sebuah universitas di Medan, Indonesia. Universitas ini didirikan pada 7 Oktober 1954. Namanya diambil dari nama Ingwer Ludwig Nommensen, seorang penyebar agama Kristen Protestan di antara suku Batak di Sumatera Utara pada akhir abad ke-19. Selain di Medan, universitas ini juga mempunyai kampus di Pematangsiantar.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

Suara untuk mendirikan Universitas HKBP Nommensen pertama kali lahir di Sinode Agung HKBP tahun 1952, sebagai respon atas permintaan masyarakat dan tugas pelayanan yang diemban. Sinode Agung menerima usulan tersebut dan membentuk suatu Panitia Persiapan Pendirian dengan jangka waktu kerja satu tahun. Pada Sinode Agung tahun 1953, panitia tersebut melaporkan hasil kerja mereka yang kemudian diterima dan disahkan oleh sinode tersebut. Selama dua tahun bekerja, panitia tersebut mempersiapkan alat-alat perlengkapan yang dibutuhkan yaitu kompleks universitas (gedung untuk ruangan kuliah termasuk sidalamnya perumahan staf pengajar) di bekas Kompleks Rumah Sakit Pantoan milik Marjanji Estate Pematang Siantar, yang dibeli karena konsesinya telah berakhir. Pada tanggal 7 Oktober 1954, bertepatan dengan Ulang Tahun ke-73 HKBP, Universitas HKBP Nommensen diresmikan. Waktu pembukaannya, Universitas ini memiliki tiga (3) Fakultas yaitu:

Fakultas Hukum dengan jumlah mahasiswanya delapan belas (18) orang. Karena kesulitan tenaga dosen, pada tahun 1955 fakultas ini terpaksa ditutup. Akan tetapi untuk memenuhi permintaan masyarakat, pda tahun 1980 fakultas ini dibuka kembali di kampus Medan. Fakultas Ekonomi dengan jumlah mahasiswa enam belas (16) orang. Fakultas Theologia dengan mahasiswanya dua (2) orang. Tetapi pada tahun 1978 fakultas ini sesuai dengan keputusan sinode godang, berdiri dan langsung diasuh oleh pucuk pimpinan HKBP sebagai Sekolah Tinggi Teologia. Kemudian menyusul dibuka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tahum 1961, FKIP tahun 1962, Fakultas Teknik tahun 1975, Fakultas Peternakan tahun 1976, Fakultas Pertanian tahun 1984, Fakultas Bahasa dan Seni tahun 1987, Fakultas psikologi tahun 2001, Program Pasca Sarjana tahun 2003 dan Fakultas Kedokteran pada tahun 2008.

Akademik[sunting | sunting sumber]

Universitas HKBP Nommensen terdiri dari 11 Fakultas dan 33 program studi untuk tingkat Sarjana dan Pasca Sarjana [1] dan memiliki dua lokasi kampus, Medan dan P.Siantar:

Kampus Medan[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomi memiliki 3 (tiga) Program Studi yaitu :

  1. Akuntansi,
  2. Manajemen, dan
  3. Ekonomi Pembangunan.
  4. Administrasi Perpajakan (D3).

Ketiga jurusan tersebut telah berstatus terakreditasi dengan nilai akreditasi B. Fakultas ini memiliki Laboratorium Auditing, Komputer, Teknologi Informasi Akuntansi (Komputer Akuntansi), Laboratorium Manajemen Bisnis, Bahasa Inggris dan Fakultas Ekonomi termasuk salah satu fakultas tertua di Indonesia setelah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Ketiga Universitas ini pernah secara bersama-sama menggunakan bantuan Ford Foundation (1957-1970).

Fakultas ini diasuh oleh dosen-dosen berkualitas lulusan universitas ternama dalam dan luar negeri. Salah satu pentolannya yang sudah tidak diragukan kualitasnya sebagai pakar ekonomi handal negeri ini adalah Prof. Amudi Pasaribu, Ph.D., dan masih banyak lagi alumni-alumni Fakultas ini yang memiliki peranan penting di sektor swasta dan pemerintahan.

Fakultas Kedokteran[sunting | sunting sumber]

Fakultas Kedokteran adalah fakultas termuda di Universitas HKBP Nommensen. Fakultas ini didirikan pada tahun 2008 dan mulai menerima mahasiswa pada tahun ajaran 2009/2010 dengan mahasiswa pertama berjumlah 50 orang. Program Pendidikan Kedokteran Universitas HKBP Nommensen bertujuan menghasilkan lulusan dokter-dokter yang kompeten dalam hal pengetahuan (Knowledge), keterampilan (Skills), dan perilaku (Attitudes). Fakultas Kedokteran UHN menjalin kerja sama dengan Yayasan DEL, Rumah Sakit Gleni Medan dan Gleneagles Hospital Singapura, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, dan Rumah Sakit Adam Malik sebagai Taeching Hospital dan RWTH University of Aachen Medical Faculty. Fakultas Kedokteran HKBP Nommensen mengembangkan kerjasama dengan fakultas-fakultas kedokteran di Jerman yang berdasarkan hubungan antara HKBP dengan gereja-gereja Lutheran di Jerman.

Fakultas Teknik[sunting | sunting sumber]

Berdiri tahun 1975 dengan membuka satu jurusan yaitu Teknik Sipil, kemudian pada tahun 1976 dibuka Jurusan Teknik Mesin, dan Teknik Elektro pada tahun 1978. Teknik Sipil memiliki konsentrasi Struktur, Geotrans dan Teknik Sumber Air. Teknik Mesin dengan konsentrasi Konversi Energi dan Teknik Produksi Pembentukan dan Material serta Teknik Elektro dengan Konsentrasi Teknik Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Kendali. Sampai saat ini Fakultas Teknik telah meluluskan lebih dari 2000 alumni dan tersebar di seluruh tanah air dengan berbagai profesi. Memiliki fasilitas yang lebih lengkap baik laboratorium yang dikelola masing-masing jurusan maupun fakultas. Ketiga jurusan telah Terakreditasi oleh BAN-DIRJEN DIKTI, dengan Akreditasi "A".

Fakultas Hukum[sunting | sunting sumber]

Fakultas Hukum didirikan tahun 1954 kemudian dinonaktifkan karena keterbatasan tenaga kerja pada saat itu, dan pada tahun 1980 diaktifkan kembali berdasarkan Surat Keputusan Kopertis Wilayah I No. 019/PD/KOP.1/1980 tanggal 10 Juli 1980 serta menerima mahasiswa dimulai pada tanggal 22 Juli 1980, dengan SK BAN No. 007/BAN-PT/Ak-IX/S-1/VIII/2005 ditetapkan menjadi Akreditasi "C". Pertama kali dibuka, Fakultas Hukum terdiri dari 3 Jurusan yang kemudian pada tahun 1995 hanya memiliki 1 program studi yaitu Ilmu Hukum dengan 3 bagian, terdiri dari :

  1. Bagian Hukum Tata Negara,
  2. Bagian Hukum Pidana,
  3. Bagian Hukum Perdata.

Fakultas Pertanian[sunting | sunting sumber]

Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen berdiri tahun 1984 dengan Jurusan/Program Studi:

  1. Agroekoteknologi,
  2. Agribisnis,
  3. Ilmu Teknologi Pangan.

Ketiga Jurusan/Program Studi ini telah Terakreditasi.

Fakultas Bahasa dan Seni[sunting | sunting sumber]

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas HKBP Nommensen berdiri tahun 1987 dengan Program Studi Seni Musik dan tahun 2001 dengan Program Studi Bahasa Inggris, masing-masing dengan status Terakreditasi. Sudah menjadi tradisi Fakultas Bahasa dan Seni untuk melakukan kegiatan-kegiatan musikal, antara lain mengikuti festival gamelan di Yokyakarta, mengadakan konser piano di PPIA, mengikuti acara "arten Melanges" atas kerjasama dengan L'Alliance Francaise de Medan, bekerjasama dengan Australia Indonesia Institute untuk acara "Australia Today", mengadakan proyek eksperimentasi musik tradisional modern bekerjasama dengan taman budaya Sumatera Utara, dan mengadakan workshop musik. Di samping itu FBS telah mendatangkan pakar-pakar musik untuk memberikan ceramah, workshop, konser, antara lain:

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik[sunting | sunting sumber]

Fakultas FISIPOL terdiri dari tiga (tiga) Program Studi :

  1. Administrasi Bisnis (S-1),

Program Studi Administrasi Bisnis pada awalnya merupakan suatu fakultas yang disebut dengan Fakultas Ilmu Administrasi Niaga (FAN) tahun 1977 s/d 1979, kemudian tahun 1979 s/d 1980 Fakultas Administrasi Niaga berubah menjadi Fakultas Ilmu Administrasi Negara dan Niaga (FANN). Kemudian dari FANN berubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Mulai berdirinya hingga tahun 1992 jumlah mahasiswa selalu meningkat, hal ini tidak terlepas dari kebijakan program studi untuk tetap memperhatikan mutu pendidikan. Namun ketika gaung globalisasi menggema maka istilah administrasi niaga tenggelam, tetapi istilah yang diterjemahkan dalam bahasa inggrisnya business lebih kuat gaungnya. Pada tahun 2007 Program Studi Administrasi Niaga berubah nama menjadi Administrasi Bisnis. Perubahan nama ini diikuti dengan perubahan lainnya seperti kurikulum, tenaga pendidikan, laboratorium, dan sistem administrasi.  Berdasarkan SK Dirjen Dikti tanggal 13 April 2012 Jurusan Administrasi Bisnis FISIP-UHN kembali mendapat Peringkat Akreditasi "B". Dengan Tenaga Pengajar yang telah Master, Doktor dan Guru Besar baik lulusan dalam dan luar negri,sebut saja : Drs. Charles M. Sianturi, MSBA (lulusan USU/University  Of ILLINOIS, USA), Prof. Dr. Monang Sitorus, M.Si (lulusan Univ.HKBP Nommensen/UNPAD), Drs. Darma Manalu, M.Si (Univ.HKBP Nommensen/USU), Drs. Nalom Siagian, MM (Univ.HKBP Nommensen), Ridhon M.B. Simangunsong, SE.,M.MA (Univ. HKBP Nommensen/IPB), Drs. Eben Ezer Pakpahan, M.Si (lulusan Univ. HKBP Nommensen/UGM), Drs. Kepler Sinaga, M.M (UHN), Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd (UNIMED/IKIP Jakarta), Drs. Rafles D. Tampubolon, MA (UHN/Virginia  State  University, USA), Dra. Selma Simanjuntak, M.M (UHN), Dr. Hendaru Sadyadharma, MBA (UKSW/University  Of Yonsei, Korea Selatan),Dra.Tiara K. Pasaribu,BA.Hons.,M.Hum(UNIMED/Western Washington University,USA),Drs. Jusmer Sihotang, M.Si (UHN/IPB)

  1. Administrasi Negara (S-1)
  2. Sekretaris (D-3)
  3. Public Relations (D-3)
  4. Perpajakan (D-3)
  5. Manajemen Bisnis (D-3)

Tiga dari keenam program studi itu memiliki akreditasi B. Dengan penasehat akademik Fisipol antara lain: Prof. D.P Tampubolon, PhD; Prof. Harlem Marpaung, PhD; Prof. Parlin Pangaribuan, PhD; Prof. Dr. Belferik Manullang; Prof. Dr. J Naibaho, juga kerja sama dengan PT INALUM, Grand Angkasa International Hotel, Pemerintah Toba Samosir, bahkan pernah disokong oleh alm. Johanes Raw (Presiden Federal Jerman).

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu dari Fakultas yang ada di lingkungan Universitas HKBP Nommensen yang berkedudukan di Pematang Siantar dan yang merupakan unsur pelaksana sebagian tugas pokok dan fungsi dari Universitas. Dalam hal ini yang khusus bertugas menghasilkan tenaga pengajar yang terampil dan bertanggung jawab dalam tugasnya sebagai guru, pendidik di sekolah lanjutan dalam berbagai bidang studi. Untuk tugas dan fungsi ini, FKIP harus melaksanakan, mengembangkan dan membina program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat menurut bidang ilmu pendidikan.

FKIP UHN didirikan pada tanggal 1 September 1962 dengan dua (2) jurusan, yaitu :

  • Pendidikan Umum
  • Sastra dan Bahasa Inggris

Pada tahun 1964 dibuka jurusan yang baru, yaitu Jurusan Civil/Hukum. Pada tahun 1965 dibuka dua (2) jurusan lagi yaitu Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Jurusan Sastra dan Bahasa Jerman. Pada tahun 1973 dbiuka Jurusan Sastra dan Bahasa Indonesia, dan pada tahun 1976 dibuka Jurusan Ekonomi. Pada tahun 2007 pemerintah melalui Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia menetapkan FKIP UHN sebagai salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Guru Dalam Jabatan sesuai SK Nomor 057/O/2007 tanggal 13 Juli 2007. Kemudian pada bulan September 2007 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menetapkan FKIP Universitas HKBP Nommensen sebagai salah satu pemenang Hibah Sistem PPL dan Lab Microteaching melalui surat No. 2195/D/T/2007. Penandatanganan kontrak pengadaan peralatan Lab Microteaching telah dilaksanakan oleh pimpinan universitas dengan pihak Dirjen Dikti pada tanggal 19 September 2007 di Jakarta.

FKIP UHN Pematang Siantar berdiri sejak tahun 1962, memiliki 8 (delapan) Program Studi berstatus Terakreditasi. Kedelapan Program Studi tersebut adalah:

  1. Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Pendidikan Bahasa Indonesia
  3. Pendidikan Bahasa Jerman
  4. Pendidikan Ekonomi Akuntansi
  5. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
  6. Pendidikan Agama Kristen (PAK)
  7. Pendidikan Matematika
  8. Pendidikan Fisika

FKIP pada tahun 2007 juga membuka kelas di Kampus UHN Medan untuk Program Studi Pendidikan :

  1. Bahasa Inggris
  2. Matematika
  3. Fisika
  4. Bahasa Indonesia

Fakultas Peternakan[sunting | sunting sumber]

Fakultas Peternakan Universitas HKBP Nommensen berdiri tahun 1976 di Pematang Siantar dengan tingkat sarjana muda. Pada tahun 1980 fakultas ini dipindahkan ke Medan dengan Jurusan/Program Studi, yaitu Produksi Ternak (Terakreditasi), Nutrisi dan Makanan Ternak, dan Perikanan & Kelautan (Proses Akreditasi).

Saat ini Fakultas Peternakan memiliki satu Program Studi (S1) yaitu : Produksi Ternak dengan status terakreditasi. <>Fakultas Peternakan UHN telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta baik yang ada di dalam dan luar negeri. Instansi dimaksud antara lain : Dinas Peternakan Propinsi Sumut da Kabupaten/Kota, Perusahaan Peternakan Pembibitan dan Penggemukan (PT. Charoend Pokhpand, PT. Berlian Unggas Jaya, PT. Mabar dll), Loka Penelitian (Lolit) Ternak Kambing Sungai Putih, BPTU-Sinur Siborong-borong, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, JICA-Jepang, dan VEM Jerman

Fakultas Psikologi[sunting | sunting sumber]

Fakultas Psikologi UHN berdiri pada tanggal 23 September 2001 dengan surat izin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Psikologi jenjang Program Sarjana (S1) terakreditasi dengan No.: 013/BAN-PT/Ak-X/S1/IX/2006 Kurikulum Fakultas Psikologi adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan mata kuliah magang dan praktikum penggunaan alat-alat tes psikologi. Diasuh oleh dosen-dosen yang berkompeten, lulusan universitas favorit dari dalam dan luar negeri.Serta telah berpengalaman dibidangnya selama sekian tahun.

Fakultas Pascasarjana[sunting | sunting sumber]

Fakultas Pasca Sarjana didirikan pada tahun 2009 dengan program studi pertamanya adalah Magister Manajemen (MM). Pada tahun 2008 fakultas ini menambah satu lagi program studi yaitu Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Pasca Sarjana diasuh oleh dosen-dosen berkualifikasi terbaik di bidangnya dan merupakan lulusan universitas ternama dalam dan luar negeri. Beberapa dosen yang tidak diragukan lagi kualitasnya dan mengajar di Fakultas ini antara lain:

  1. Ir. Parulian Simanjuntak, MA., Ph.D.,
  2. Dr. Pasaman Silaban, M.S.B.A.,
  3. Dr. Timbul Sinaga, M.S.A., Ak.,
  4. Drs. Pontas M. Pardede, M.Sc., M.B.A.,
  5. Drs. Vinsensius Matondang, M.B.A.,
  6. Dr. Tagor Pangaribuan,
  7. Prof. Dr. Paham Ginting, M.Sc.,
  8. Dr. Agusni Pasaribu, M.B.A., Ak.,
  9. dan masih banyak nama-nama lain yang memiliki kualifikasi terbaik di bidangnya.

Kampus Pematang Siantar[sunting | sunting sumber]

Universitas HKBP memiliki kampus, auditorium dan asrama mahasiswa di P.Siantar. Di kampus ini beroperasi Fakultas Keguruan dan Pendidikan dan Fakultas Pascasarjana untuk program Magister Manajemen (MM) dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Universitas HKBP NommensenFaculties

Pranala luar[sunting | sunting sumber]