Universitas Nasional Timor Lorosae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Universitas Nasional Timor Lorosa'e adalah sebuah universitas di Timor Leste. Universitas Nasional Timor Lorosa'e berdiri tahun 2000 dan menjadi universitas pertama di Timor-Leste yang berkedudukan di ibu kota negara, Dili. Sebelumnya, pada masa penjajahan Portugal, orang Timor Timur pergi ke luar negeri. Dan pada masa Indonesia, didirikanlah Universitas Timor Timur (UNTIM) oleh gubernur Mário Viegas Carrascalão.

Nama asli universitas ini adalah Universidade Nacional Timor Lorosa'e yang biasa dikenal dengan UNTL dalam Bahasa Portugis dan Universidade Nasionál Timór Lorosa'e dalam Bahasa Tetum ini didirikan oleh Administrator Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Timor Timur (UNTAET) Sérgio Vieira de Mello dan Presiden CNRT Xanana Gusmão (kini Perdana Menteri) pada tanggal 17 November 2000.

Bank Dunia melakukan sebuah evaluasi internasional kepada institusi pendidikan tinggi di Timor-Leste seperti universitas, institut dan akademi atas permintaan dari pemerintah Timor-Leste untuk sebuah akreditasi. Maka pada tanggal 31 Juli 2008 pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak João Câncio Freitas, PhD mengumumkan hasil akreditasi yang menyatakan bahwa UNTL mendapatkan akreditasi A dari pemerintah dengan hasil evaluasi 82,64%

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Sejak didirikan pada tahun 2000, UNTL hanya memiliki lima fakultas. Empat fakultas dengan program studi Strata 1 (Licenciado) sedangkan satu fakultas dengan program studi D III (Bacharelato). Walaupun semua perguruan tinggi di Timor-Leste belum mendapat akreditasi namun UNTL tetap berkembang tahap demi tahap hingga kini telah memiliki tujuh fakultas, antara lain:

  1. Fakultas Pertanian (Faculdade de Agricultura)terakreditasi B
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Faculdade de Ciências Sociais e Políticas)terakreditasi B
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Faculdade de Ciências da Educação)terakreditasi B
  4. Fakultas Ekonomi (Faculdade de Economia)terakreditasi B
  5. Fakultas Teknik (Faculdade de Engenheria) terdiri dari lima jurusan masing-masing yaitu;jurusan Elektro,jurusan Mesin,jurusan Sipil dan jurusan informatika,keempat jurusan ini terakreditasi B kecuali Geologi yg belum ada nilai akreditasi
  6. Fakultas Hukum (Faculdade de Direito) kerja sama dengan pemerintah Portugal terakreditasi B
  7. Fakultas Kedokteran (Faculdade de Medicina) bekerjasama dengan pemerintah Kuba terakreditasi A

Rektorat[sunting | sunting sumber]

Universidade Nacional Timor Lorosa'e (UNTL) dipimpin oleh seorang Rektor dan dibantu oleh beberapa Pembantu Rektor serta para Dekan Fakultas. Berikut daftar Rektor sejak berdirinya UNTL pada tahun 2000 hingga kini:

  1. Drs. Armindo Maia, M.Phil (2000 - 2001)
  2. Drs.Benjamim de Araújo e Côrte-Real, Ph.D (2001 - Desember 2010)
  3. Prof.Drs.Aurélio Sergio Cristovao Guterres, Ph.D (Desember 2010 - ...)