Universitas Nasional Sun Yat-sen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gedung Administrasi
Kaohsiung Kampus
Universitas terowongan

Universitas Nasional Sun Yat-sen (Hanzi: 國立中山大學, bahasa Inggris: National Sun Yat-sen University) adalah sebuah universitas negeri di Taiwan yang berlokasi di Kota Kaohsiung.

Universitas ini berawal dari Universitas Nasional Guangdong yang didirikan oleh Sun Yat-sen di Guangzhou pada tahun 1924. Setelah pemerintah nasionalis mundur ke Taiwan, presiden Chiang Ching-kuo memutuskan untuk menyelenggarakan sebuah universitas di selatan Taiwan yang saat itu baru memiliki Universitas Nasional Cheng Kung sebagai satu-satunya universitas.

Atas dasar inisiatif inilah, Universitas Nasional Sun Yat-sen didirikan di tepi laut di kota Kaohsiung pada bulan Juli 1980.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1923, hanya dua tahun sebelum ia cepat warisan, yang pertama dari Bapa Republik Tiongkok (ROC), Dr Sun Yat-sen, didirikan dua universitas, satu sipil Dan satu militer. Perdata universitas adalah Universitas Nasional Kwangtung (diganti Nasional Sun Yat-sen University di 1926), militer dan universitas telah Akademi Militer Whampoa. Kedua univserties dihasilkan kontribusi luar biasa dan memainkan peran penting dalam pendidikan modern China sejarah.

Setelah Nasional Sun Yat-sen University didirikan di Kanton, ia harus bergerak ke selatan karena Perang Sino-Jepang. Universitas pertama dipindahkan ke Yunnan, dan kemudian ke Yuehpei. Akhirnya, pada 1945, universitas menetap kembali ke aslinya Kanton di kampus, dan sekolah lanjutan.

Pada 1949, yang pemerintah dari ROC dipindahkan ke Taiwan. Nasional Minggu Namun sen-Universitas (NSYSU) dimaksudkan untuk kembali didirikan di Taiwan, namun tidak pernah datang tepat waktu sampai di sepanjang tahun 1980, ketika Dr Huan Li mendirikan universitas pada saat ini di kampus Hsitzu Teluk dalam Kaohsiung. Dr berjaya presiden Chin-chi Chao, Dr Chi-Yuan Lin, Dr Victor W. Liu, dan saat ini presiden Dr Chung Cheng-Chang, semua membawa tradisi wahana universitas pertumbuhan dan pembangunan. Ketika itu didirikan, universitas memiliki empat departemen, dua lulusan lembaga, dan 189 siswa. Saat ini, memiliki enam universitas akademi (Liberal Arts, Ilmu, Rekayasa, Manajemen, Ilmu Kelautan, dan [[Ilmu Sosial] ]) Dan lebih dari 9.500 siswa, yang menawarkan 18 sarjana jurusan, 35 program master, dan 26 doktor. NSYSU telah berkembang dengan sangat tajam dan diakui sebagai salah satu Taiwan penting penelitian dan belajar dengan lembaga internasional perbezaan.

Diberkati dengan latar belakang sejarah yang unik, NSYSU menikmati kehor sebagai universitas dengan tradisi yang beredar. Taiwan dengan memasukan Pengalaman setelah pembentukan kembali di Kaohsiung, adalah yang muda NSYSU bergairah dan universitas dengan pandangan positif.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]