Universitas Muslim Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Muslim Nusantara
Didirikan 1996
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Drs. H Kondar Siregar, M.A
Lokasi Kota Medan
Situs web http://www.umnaw.ac.id

Universitas Muslim Nusantara, adalah perguruan tinggi swasta di Kota Medan, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1996. Rektor untuk periode tahun 2011 sampai 2015 adalah Drs. H. Kondar Siregar, M.A .

Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah memiliki 6 fakultas yaitu FKIP, Hukum, Pertanian, Ekonomi, Sastra, dan MIPA. Dari 6 fakultas tersebut, Ada belasan program studi yang dikelola oleh UMN-AW, yaitu Bimbingan Konseling, PG PAUD, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Ilmu Hukum, Sosial Ekonomi Pertanian, Sastra Inggris, Akuntansi, Manajemen, dan Farmasi.

Pada tanggal 23 Mei 2008 UMN Al Washliyah dipercaya oleh pemerintah untuk membuka Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia dengan ijin No. 1666/D/T/2008. Sambutan dari masyarakat cukup menggembirakan, setidaknya ada ratusan mahasiswa dan alumni terdaftar di program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia UMN-AW.

Saat ini UMN-AW memiliki sekitar 300 tenaga dosen baik dari Kopertis, Dosen Yayasan maupun Dosen Luar Biasa. Secara persentase kualifikasi pendidikan dosen 85% telah mendapat gelar S2. Fasilitas penunjang kegiatan akademik juga senantiasa dilakukan oleh UMN AW.

Visi

UMN Al Washliyah merupakan wahana pendidikan yang sistematis dengan pola ilmiah dan dapat mengembangkan serta menyediakan sumberdaya manusia yang sadar IPTEKS yang berwawasan keunggulan dalam penalaran, sikap dan keterampilan serta berjiwa islami demi mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi yang menyiapkan sarjana, magister dan tenaga ahli profesional dari berbagai disiplin ilmu yang berjiwa islami dan mampu melaksanakan tri dharma perguruan tinggi sebagai bagian dari pengabdian kepada agama, bangsa, negara dan kemanusiaan.

Tujuan

(1) UMN Al Washliyah bertujuan membentuk sarjana, magister, dan doktor yang bertaqwa, berpengetahuan luas dan dalam, berbudi pekerti yang tinggi, cerdas dan tangkas dalam berjuang menuntut kebahagiaan dunia dan akhirat.

(2) Mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup dan menumbuhkembangkan masyarakat madani.

(3) Menghasilkan lulusan yang :

Berkualitas akademis dan/atau profesional yang relevan dengan perkembangan tuntutan pembangunan dan/atau masyarakat; berwawasan keislaman dan berakhlakul karimah, amanah dan jujur, tanggap tehadap perubahan zaman serta mampu berkompetisi dalam kehidupan global secara kreatif untuk menyikapi kebutuhan pembangunan dan/atau masyarakat; memiliki kemampuan meneliti yang optimal untuk kepentingan mutu akademik dan mutu kehidupan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan akademik dan pengabdian kepada masyarakat. 4. Menjadikan UMN Al Washliyah lembaga yang kompetitif untuk pengembangan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menyiapkan sumber daya manusia yang terampil menghadapi tantangan global. == Pranala luar == www.umnaw.ac.id