Universitas Kuningan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Kuningan
Didirikan 6 Juni 2003
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor H.Iskandar Hasan
Lokasi Jl. Cut Nyak Dhien No.36 Kuningan, Jawa Barat 45513
Situs web http://www.uniku.ac.id

Universitas Kuningan (UNIKU) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Kuningan (UNIKU) didirikan sebagai perwujudan dari idealisme dan komitmen Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan untuk terus menerus berkarya khususnya dalam bidang peningkatan sumber daya manusia menuju peningkatan mutu kehidupan masyarakat pada umumnya.

Gagasan tentang pendirian Universitas di Kuningan sebetulnya telah ada sejak tahun 1979 ketika Yayasan ini didirikan. Namun karena keterbatasan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya keuangan, maka niat itu tidak bisa langsung diwujudkan sekaligus. Karena keterbatasan itu Yayasan menggunakan strategi bertahap untuk mendirikan sekolah tinggi – sekolah tinggi sebagai cikal bakal berdirinya universitas.

Sekolah tinggi pertama lahir pada tahun 1985 yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kuningan. STKIP ini memiliki tiga buah Jurusan / Prodi yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Ekonomi. Sekolah tinggi kedua lahir tahun 1995 yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi memiliki dua Jurusan / Prodi yaitu Akuntansi dan Manajemen. Sekolah tinggi ketiga yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (STIKU) dan keempat Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kuningan lahir hampir bersamaan pada tahun 2001.STIKU Kuningan memiliki dua Jurusan / Prodi yaitu Budidaya Hutan dan Konservasi Hutan. Sedangkan STMIK memiliki empat Jurusan / Prodi yaitu Teknik Informatika (S-1), Teknik Informatika (D-III), Sistem Informasi (S-1), dan Sistem Informasi (D-III).

Setelah memiliki empat sekolah tinggi, Yayasan telah merasa punya cukup pengalaman untuk mendirikan universitas. Oleh karena itu pengembangan keempat sekolah tinggi lantas dilaksanakan.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

  1. Pendidikan Ekonomi (S2)
  2. Pendidikan Biologi (S2)
  3. Budidaya Hutan (S1)
  4. Konservasi Sumber Daya Hutan (S1)
  5. Pendidikan Biologi (S1)
  6. Teknik Informatika (S1)
  7. Sistem Informasi (S1)
  8. Manajemen (S1)
  9. Akuntansi (S1)
  10. Pendidikan Ekonomi (S1)
  11. Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
  12. Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
  13. Teknik Informatika (D3)
  14. Manajemen Informatika (D3)
  15. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
  16. Pendidikan Matematika (S1)