Universitas Kepausan Gregoriana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Kepausan Gregoriana.

Universitas Kepausan Gregoriana (bahasa Italia: Pontifica Università Gregoriana, juga dikenal sebagai Gregorianum) adalah sebuah universitas kepausan yang terletak di Roma, Italia. Penerus dari Kolese Romawi yang didirikan oleh Santo Ignasius Loyola lebih dari 450 tahun yang lalu, Universitas Gregoriana adalah universitas Yesuit pertama. Menampung fakultas-fakultas dan institusi-institusi di berbagai jurusan dalam bidang kemanusiaan, universitas ini memiliki salah satu departemen teologi yang terbesar di dunia, dengan lebih dari 1600 mahasiswa yang berasal dari 130 lebih negara.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Universitas Gregoriana memiliki sebuah perpustakaan yang sangat lengkap, terdiri atas hampir 900.000 jilid, terutama dokumen-dokumen yang penting dalam bidang teologi, filosofi, kebudayaan, dan sastra. Perpustakaan ini juga didirikan bersama Kolese Romawi oleh Santo Ignasius Loyola. Pada tahun 1872, sayangnya, 45.000 jilid buku, manuskrip dan arsip disita oleh negara Italia yang baru, yang kemudian dibagi-bagi dan sebagian diambil-alih oleh Perpustakaan Nasional Vittorio Emanuelle II di Roma.

Semenjak tahun 1928, perpustakaan ini telah berada di lokasi kampus yang baru. Mayoritas dari koleksi perpustakaan (820.000 jilid) disimpan di sebuah menara setinggi enam lantai yang berdempetan dengan Palazzo Centrale. 60.000 jilid lainnya disimpan di dalam enam ruangan membaca yang ada, yang seluruhnya bisa menyediakan tempat duduk bagi 400 mahasiswa.

Arsip perpustakaan menyimpan banyak buku-buku kuno dan berharga, yang biasanya juga merupakan edisi-edisi langka, termasuk diantaranya 80 buku dari abad ke-16.