Universitas Katolik Darma Cendika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Darma Cendika Catholic University
Didirikan1986
RektorAdrian Adiredjo, S.T.L, M.A, S.Th.D.
Lokasi
Surabaya

Universitas Katolik Darma Cendika, adalah perguruan tinggi swasta di Surabaya, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1986. Universitas ini di bawah naungan Yayasan Darma Cendika, yang didirikan oleh sekelompok sarjana dan cendekiawan Katolik di Surabaya. Rektor pada Periode 2021-2025 adalah Adrian Adiredjo, S.T.L., M.A., S.Th.D.

Universitas ini didirikan dengan spirit menjadi pilihan bagi kaum miskin (option for the poor) yang sulit mendapat pendidikan karena faktor biaya. Oleh karena itu Universitas ini setiap tahun menyediakan beasiswa bagi anak tidak mampu.

Setelah mengalami perbaikan manajemen secara bertahap, Universitas ini kemudian mengalami perkembangan sejak 2013. Bahkan sejak 2018 telah memiliki tambahan gedung baru (9 lantai) yang dilengkapi auditorium berkapasitas 1000 orang, ruang seminar, ruang rapat, ruang kelas, laboratorium, dan lapangan olahraga. Peresmian gedung tersebut oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dan dihadiri juga oleh Ketua Umum PB NU, K.H. Said Agil Siradj.

Visi Universitas Katolik Darma Cendika adalah menjadi universitas unggul dalam mengembangkan characterpreneurship di Indonesia. Dengan visi tersebut, Universitas Katolik Darma Cendika berkomitmen untuk membangun jiwa kewirausahaan yang tidak hanya berorientasi pada tujuan keuntungan semata, tetapi juga dilandasi nilai-nilai keutamaan sebagai karakternya. Nilai keutamaan tersebut adalah jujur, tanggung jawab, dan peduli. Dengan demikian konsep characterpreneurship ini menjadi antitesis dari kewirausahaan yang "miskin nilai".

Fakultas dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Katolik Darma Cendika memiliki 3 Fakultas dan 7 Program Studi, yaitu:

  • Fakultas Ekonomi
  1. Program Studi S-1 Akuntansi
  2. Program Studi S-1 Manajemen dengan konsentrasi Pemasaran dan Perhotelan.
  • Fakultas Hukum dengan Program Studi S-1 Ilmu Hukum.
  • Fakultas Teknik
  1. Program Studi S-1 Arsitektur,
  2. Program Studi S-1 Teknik Industri,
  3. Program Studi S-1 Ilmu Informatika,
  4. Program Studi D-4 Akupuntur & Pengobatan Herbal.

Berbagai program studi tersebut juga menyelenggarakan aktivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) seperti magang, proyek independen, dan wirausaha untuk memperluas eksposur mahasiswa terhadap dunia kerja sebelum lulus. Oleh karena itu berbagai kerjasama juga telah dibuat dengan berbagai perusahaan dan lembaga pemerintahan.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]