Universitas Islam Riau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Islam Riau
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Lokasi Pekanbaru, Indonesia
Logo UIR

Universitas Islam Riau atau lebih sering disingkat UIR adalah salah satu universitas yang ada di Kota Pekanbaru, Riau. Didirikan oleh YLPI Riau tanggal 4 September 1962 dan diresmikan Menteri Agama RI yang dituangkan dalam piagam yang ditanda tangani pada tanggal 18 April 1963. UIR berkedudukan di Pekanbaru dengan alamat Jalan Kaharuddin Nasution No. 113 Perhentian Marpoyan, Pekanbaru, Provinsi Riau. UIR didirikan dengan Akta Notaris Syawal Sutan Diatas Nomor 15 Tanggal 30 September 1972 yang merupakan perbaikan Akta Notaris tahun 1962. UIR berasaskan Islam, Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

Profil[sunting | sunting sumber]

Pertamanya Universitas Islam Riau hanya memiliki satu areal kampus yang terletak di pusat kota Jalan Prof. Mohd. Yamin, SH Pekanbaru dengan bangunan gedung tingkat II, namun pengembangan kampus tidak sampai disini saja, maka Universitas Islam Riau terus mengembangkan pembangunan dibidang fisik. Berkat kejelian dan kegigihan Pimpinan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau maka diusahakan pembelian lahan di Km. 11 Perhentian Marpoyan seluas 65 Ha, dan tepatnya pada tahun 1983 dilaksanakan pembangunan pertama untuk gedung Fakultas Pertanian, sehingga pada tahun itu juga Fakultas Pertanian resmi menempati gedung baru di Perhentian Marpoyan tersebut. Dengan adanya lahan di Perhentian Marpoyan tersebut UIR tetap berusaha mengembangkan pembangunan gedung, sehingga pada tahun akademis 1990/1991 semua fakultas dilingkungan UIR resmi menempati Kampus baru yang terletak di Perhentian Marpoyan, Km. 11 seluas 65 Ha, yang telah memperoleh hak guna bangunan atas nama Yayasan Pendidikan Islam. Lahan yang terletak di Perhentian Marpoyan Km. 11 telah dibangun berbagai bangunan seperti :

  1. Gedung Fakultas Hukum tiga lantai
  2. Gedung Fakultas Agama Islam dua lantai
  3. Gedung Fakultas Teknik dengan dua lantai
  4. Gedung Fakultas Pertanian dengan dua lantai
  5. Gedung Fakultas Ekonomi dengan dua lantai
  6. Gedung FKIP dengan tiga lantai ( Gedung A, B dan C)
  7. Gedung Fisipol dengan tiga lantai
  8. Gedung Fakultas Psikologi empat lantai
  9. Gedung Fakultas Ilmu Komunikasi satu lantai
  10. Gedung Pascasarja tiga lantai
  11. Mesjid Kampus
  12. Gedung Rektorat
  13. Gedung Perpustakaan 4 lantai
  14. Gedung Kafeteria
  15. Mushalla
  16. Garase kendaraan UIR
  17. Komplek Perumahan Karyawan dan Dosen UIR
  18. Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa ( PKM )
  19. Gedung laboratorium Agroteknologi, Kimia, Biologi, Bahasa, IT
  20. Gedung olah raga tennis
  21. GOR Panahan
  22. Hall Volly Indor
  23. Stadion Bola Kaki
  24. UIRA Bussines Center
  25. Rumah Susun Sewa Mahasiswa (Rusunawa)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah berakhirnya perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan, maka pendiri Yayasan mencurahkan pikiran dan tenaganya untuk mengisi kemerdekaan. Berdasarkan perkembangan intern masyarakat Pekanbaru dan perkembangan kenegaraan, maka perjuangan mengisi kemerdekaan semakin kedepan. Timbullah gagasan hendak mendirikan sekolah dan Lembaga Pendidikan Islam. Tahun 1951 didirikan Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) dan Sekolah Rakyat Islam (SRI), beberapa tahun kemudian diperluas wilayah garapan kerja, dan dibentuklah Badan Hukum Yayasan pada tanggal 30 Maret 1957 dengan dibentuknya Badan Hukum Lembaga Pendidikan Islam (LPI) dengan Akta Nomor 10 Tahun 1957. Pada tahun itu juga dibentuk Sekolah Persiapan Perguruan Tinggi Islam, sayangnya hanya berjalan satu tahun. Menyadari tantangan yang akan dihadapi oleh sebuah daerah apalagi dikaitkan dengan semakin diperlukannya tenaga – tenaga ahli yang mempunyai pendidikan, maka setelah berdirinya Provinsi Riau, maka beberapa orang promotor / tokoh masyarakat yaitu Dt. Wan Abdurrahman, Soeman Hasibuan, H.Zaini Kunin, H.A. Malik, H. Bakri Sulaiman, A. Kadir Abbas, SH, dan H.A. Hamid Sulaiman didirikanlah Universitas Islam Riau ( UIR ) tepatnya pada tanggal 4 September 1962, kuliah pertama diisi oleh A. Kadir Abbas, SH. Diawal berdirinya Universitas Islam Riau hanya satu fakultas saja, yaitu fakultas agama dengan dua jurusan yaitu Jurusan Hukum dan Jurusan Tarbiyah, dengan Dekan Pertama A. Kadir Abbas, SH. Para Dosen Universitas Islam Riau untuk pertama kalinya tercatat sebagai berikut;

  • Jurusan Agama :
    • Ustadz H. Bakri Sulaiman
    • Ustadz H. A. Hamid Sulaiman
    • Ustadz Abd. Rahim Manafi
    • Ustadz H. Nasaruddin Thaha
  • Jurusan Hukum :
    • A. Kadir Abbas, SH
    • Nazar Said, SH
    • Sofyan Mukhtar, SH

Pada tanggal 18 April 1963, bersamaan dengan tanggal 23 Zulqaedah 1382.H Fakultas agama dipecah menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dengan Dekan pertama Nazar Said, SH dan Fakultas Tarbiyah dengan Dekan Pertama H.A. Kadir Abbas, SH yang beberapa bulan kemudian digantikan oleh Drs. M. Farid Kasmi. Acara peresmian Universitas Islam Riau dilangsungkan di Aula Kantor Gubernur KDH Tingkat I Provinsi Riau, Jalan Gajah Mada Pekanbaru dalam suasana khikmat dan meriah. Peresmian dilakukan oleh Menteri Agama, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Urusan Perguruan Tinggi Agama yaitu ; Bapak H. Anton Timur Jaelani, MA, sekaligus menandatangani Piagam berdirinya Universitas Islam Riau. Pada acara peresmian tersebut, Nazar Said, SH ditunjuk memberikan kuliah umum dengan judul Hak Subjektif. Suatu hal yang patut dicatat dalam usaha mendirikan Universitas Islam Riau (UIR) ialah Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Riau saat itu ( Brigjend. H. Kaharuddin Nasution ) telah memberikan dukungan dan bantuan sepenuhnya, bahkan beliau turut langsung memimpin Univ. Islam Riau beberapa periode.

Cita - cita dan tujuan[sunting | sunting sumber]

Dengan membaca Piagam pendirian Universitas Islam Riau tersebut, dapatlah diketahui dengan jelas cita – cita dan tujuan Universitas Islam Riau, yaitu :

  1. Membentuk manusia yang berbudi luhur dan ikhlas sepanjang ajaran agama Islam yang cakap, mempunyai keinsafan bertanggungjawab tentang kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya, dunia pada umumnya, dalam mengamalkan ilmu pengetahuan, senantiasa dalam beriman kepada Allah dan Rasul – Nya.
  2. Mengusahakan dan memajukan Ilmu Pengetahuan.
  3. Menyelenggarakan usaha membangun, memelihara, dan mengembangkan hidup masyarakat sepanjang ajaran Islam.

Tidak berapa lama sesudah peresmian, dan masih dalam tahun 1963 itu juga tepatnya pada tanggal 17 Juli 1963, UIR bertambah dengan satu fakultas lagi yaitu Fakultas Ushuluddin di Bangkinang Ibukota Kabupaten Kampar, dengan Pejabat Dekan H. Bakri Sulaiman. Pada tahun 1964 berdiri pula Fakultas Teknik dan pada tahun itu juga yakni pada tanggal 10 Agustus 1964 menyusul Fakultas Syariah di Tembilahan.

Jadi dalam perkembangannya sampai dengan awal tahun 1965, UIR telah mempunyai 5 Fakultas, yaitu :

  1. Fakultas Hukum di Pekanbaru
  2. Fakultas Tarbiyah di Pekanbaru
  3. Fakultas Ushuluddin di Bangkinang
  4. Fakultas Teknik di Pekanbaru
  5. Fakultas Syariah di Tembilahan

Sedangkan saat ini UIR telah Memiliki sembilan fakultas, yaitu :

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Agama Islam
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakukltas Teknik
  5. Fakultas Ekonomi
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  7. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  8. Fakultas Psikologi
  9. Fakuktas Ilmu Komunikasi

dan Pascasarjana.

Organisasi Mahasiswa Tingkat Universitas dalam Daulah Mahasiswa (Dauma) UIR[sunting | sunting sumber]

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIR
  2. Dewan Mahasiswa (Dema) UIR
  3. Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) AKLaMASI UIR, (dulu, Tabloid Mahasiswa UIR)
  4. Mapala UIR (MU)
  5. Lisendra Dua Terbilang (LDT) UIR
  6. Korp Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 03 UIR