Akademi Islam Darul Huda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Islam Darul Huda
Darul Huda Islamic University
Moto(Arabic) إن علينا للهدى Inna Alaina Lal Huda
Moto dalam bahasa Inggris
Sesungguhnya kewajiban Kamilah memberi petunjuk. (Al Qur'an 12:92)
JenisUniversitas Islam
Didirikan1986
Wakil KanselirBahauddeen Muhammed Nadwi
Lokasi
Chemmad
, ,
KampusChemmad
Nama julukanDarul Huda
AfiliasiFederation of the Universities of the Islamic World
Situs webwww.dhiu.in

Universitas Islam Darul Huda (Arab: جامعة دارالهدى الإسلامية, Inggeris: Darul Huda Islamic University) adalah sebuah universitas Islam terkemuka yang berbasis di Malappuram, di negara bagian Kerala, India. Didirikan sebagai akademi Islam pada tanggal 26 Juni 1986 dan diupgrade ke status universitas Islam pada 10 Mei 2009. Universitasiniadalah salahsatuanggota dari Federasi Universitas Dunia Islam dan Liga Universitas Islam. Ada 24 perguruan tinggi sarjana terafiliasi tersebar lebih dari negara yang berbeda dari India termasuk The StateOf Kerala, Maharashtra, Andhra Pradesh, Bengal Barat dan Assam.

Panakkad Sayyid Hyder Ali Shihab adalah Kanselir dan Prof. Dr. Bahauddeen Muhammad Nadwi menjabatsebagaiWakil Rektor.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

DHIU didirikan pada tahun 1986 sebagai perguruan tinggi Islam, dengan nama Darul Huda Akademi. DHIU adalah produk dari wacana berkesinambungan antara tiga sarjana visioner dan tiga tokoh masyarakat yang mendukung: M.M. Basheer Musliyar, C.H Aidarus Musliyar dan Dr. Bahauddeen Muhammad Nadwi adalah tiga ulama, sedangkan Dr. U. Bapputty Haji, Chemmukkan Kunhappu Haji dan K.M. Zaid Alawi Haji adalah tokoh masyarakat.

Setelah pengalamanselama dua dekade kebangkitan pendidikan, DHIU diperbarui menjadi universitas Islam pada tanggal 10 Mei tahun 2009.

SistemPendidikan[sunting | sunting sumber]

Universitas inibertujuan membesarkan generasi muda dari ulama Islam yang dilengkapi dengan alat-alat modern pengetahuan. Memiliki sistem unik pendidikan di mana seorang mahasiswa telahmemperolehpendidikan dasarsetelah lima tahun, harus pergi selama 12 tahun pendidikan (5 + 2 + 3 + 2 sekunder, sekolah menengah, gelar, master). Setelah 12 tahun siswa akan keluar sebagai Master of Studi Islam & Kontemporer sekuler Pendidikan dengan keahlianbahasa yang baik meliputi Malayalam, Arab, Inggris dan Urdu.

Universitas ini dianggap sebagai lembaga trend-setter pendidikan Islam yang lebih tinggi di India. DHIU menawarkan kurikulum menggabungkan dari kedua studi agama dan sekuler bersama dengan memberikan penekanan pada bahasa yang berbeda. Berbagai konferensi internasional dan seminar, yang diselenggarakan oleh universitas, membantu siswa untuk mendapatkan eksposur akademik internasional bersama dengan hubungan dekat dengan tokoh internasional.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Saat ini ada lima fakultas:

• Fakultas Syariah dan Ushul al-Din,

• Fakultas Bahasa,

• Fakultas Ilmu Budaya,

• Fakultas Dakwah dan Islam Budaya,

• Fakultas Tarbiyah dan Ajaran Islam.

Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Lebih dari setengahdari total mahasiswa dari Universitas berasal dari Kerala State of India. Sisanyaberasal dari siswa berasal dari Negara yang berbeda dari India termasuk Gujarat, Chhattisgarh, Jharkhand, Bengal Barat, Karnataka, Bihar dan pulau-pulau Lakshadweep dan Andaman Nicobar Islands.

Meskipun, universitas berkonsentrasi pada siswa Muslim dari negara-negara yang berbeda dari India, ada beberapa siswa dari negara-negara di luar India. Mahasiswa internasional dari Universitas terdiri warga Nepal dan Selandia Baru. Dalam waktu terdekat, DHIU berencana untuk membuka pintu untuk siswa dari seluruh dunia.

Kehidupan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

DHIU adalah sebuah universitas perumahan dan tinggaldi kampus adalah kewajiban bagi setiap siswa di seluruh kalangan. Seluruh biaya kuliah, akomodasi, makanan dan biaya lainnya yang disediakan bebas biaya untuk memanfaatkan pendidikan tinggi Islam terlepas dari latar belakang keuangan siswa.

Darul Huda Mahasiswa Union (DSU) adalah siswa organisasi dari Universitas. Hudawis 'Association for Setia Kegiatan Islam (Hadia) mengkoordinasikan kegiatan alumni.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Kampus pusat[sunting | sunting sumber]

DHIU memiliki Kampus Pusat di Chemmad kota negara bagian Kerala. Kampus utama terdiri dari Pascasarjana Institut, Central Juma Masjid, Dr U Bapputty Haji Perpustakaan, Sayyid Muhammedali Shihab Thangal Sarjana College, CH Aidarus Institute Secondary Musliyar, Sayyid Umarali Shihab Bangunan Thangal Administrasi dan Institut Nasional untuk Islam & Kontemporer Studi (NIICS) .

KampusLuar[sunting | sunting sumber]

Ada juga luar-kampus untuk DHIU, ini adalah di empat Serikat India: Andhra Pradesh, Bengal Barat, Karnataka dan Assam.

KampusPutri[sunting | sunting sumber]

universitas menyediakan kampus yang terpisah dan aman bagi siswa perempuan. kampus perempuan menempatkan lebih dekat dengan kampus pusat dan hal ini dinamakan sebagai Perguruan Tinggi Fathima Zahra Islam Perempuan.

Kampus Hafiz[sunting | sunting sumber]

Ada juga kampus lain sepenuhnya dikhususkan untuk Hifzul Qur'an (menghafal Al-Qur'an) terletak di Mamburam Village. Kampus ini terletak dekat dengan pusat ziarah Sayyid Alawi Mouladdawila.

PerguruanTinggiAfiliasi[sunting | sunting sumber]

Selain Kampus Tengah dan Off-Kampus, DHIU meluas kegiatannya melalui perguruan tinggi yang berafiliasi nasional. Tabel berikut menunjukkan perguruan tinggi terafiliasi dari DHIU:

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Publik[sunting | sunting sumber]

Pusat Pendidikan Umum dan Pelatihan (CPET) adalah Lifelong Learning dan Perpanjangan Departemen Universitas. Hal berkonsentrasi terutama pada kepemimpinan sosial dengan visi yang lebih luas dan keterampilan taktik di akar rumput tengok standar hidup dan harmoni, pendekatan psikologis dalam menenangkan masalah pembakaran hubungan, membimbing bakat generasi baru menuju keunggulan, perspektif pemberdayaan dalam mengobati wanita masalah yang berkaitan dengan menghasilkan banyak dampak yang diinginkan. Hal ini juga bertujuan untuk mengubah Imams- Kebanyakan tokoh berpengaruh di komunitas Muslim sebagai katalis positif untuk membawa perubahan sosial di akar rumput. CPET menyediakan berbagai jenis Diploma dan Sertifikat kursus jangka pendek.

Destinasi Para Lulusan[sunting | sunting sumber]

Banyak siswa pergi ke studi lebih lanjut baik di India dan lainnya universitas di seluruh dunia. Ini termasuk Jawaharlal Nehru University, India Institute of Mass Communication, Jamia Millia Islamia, Aligarh Universitas Muslim, Jamia Hamdard, University of Hyderabad, Tata Institute of Social Sciences, Universitas Pusat Gujarat, Inggris dan Bahasa Universitas Negeri dan IIT di India. Mahasiswa Darul Huda juga telah belajar di luar negeri di lembaga utama termasuk University of California, Berkeley, International Islamic University Malaysia, Universitas Al-Azhar, Mesir dan Universitas Leiden, Belanda. lulusan lainnya mengejar karier di pekerjaan termasuk mengajar, jurnalisme, hukum, penerbitan dan pelayanan sipil. Lulusan Darul Huda bekerja dengan rumah-rumah media yang terkenal termasuk BBC dan Al-Jazeera. Beberapa orang lain bekerja sebagai dosen di universitas-universitas terkenal di dalam dan luar India.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]