Universitas Huaqiao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Huaqiao
华侨大学
Moto Tionghoa: 会通中外 并育德才; pinyin: Huìtōngzhōngwài bìngyùdécái
Didirikan 1960
Jenis Publik
Presiden Qiu Jin
Staf akademik 1700
Jumlah mahasiswa 24,000
Lokasi Xiamen dan Quanzhou,, Fujian, Republik Rakyat Tiongkok
Kampus Kampus Xiamen 1320000 m2
Kampus Quanzhou 740000 m2
Situs web www.hqu.edu.cn/

Universita Huaqiao (hanzi: 华侨大学;pinyin: Huáqiáo Dàxué) adalah universitas nasional terletak di Xiamen dan Quanzhou, provinsi Fujian, Cina.

Universitas Huaqiao didirikan pada tahun 1960, dengan dukungan dari perdana menteri Cina dan tokoh sejarah Zhou Enlai, untuk siswa dari latar belakang Cina perantauan (Hong Kong, Taiwan, Makau, Singapura) untuk melanjutkan pendidikan tinggi di tanah air leluhur mereka. Universitas ini terletak di kampung terkenal di Cina - kota Quanzhou, di provinsi Fujian. Universitas Huaqiao memiliki dua kampus, satu adalah kampus utama di Quanzhou dan yang lainnya adalah kampus baru di Xiamen.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak didirikan, Universitas telah memiliki lebih dari 76.000 siswa yang lulus, 36.000 dari luar negeri. Universitas ini memiliki 24.000 mahasiswa yang full-time di kampus, termasuk 3.000 siswa di luar negeri dari 29 negara dan wilayah diantaranya Taiwan, Hong Kong, Makau, Malaysia, Filipina, Indonesia, Thailand, Jepang, Amerika Serikat dan Argentina.

Universitas memenangkan kontes tiga terakhir nasionalChallenge Cup. Siswa berkompetisi di banyak bidang seperti akademik, ilmiah dan bidang teknologi. Universitas memenangkan 10 hadiah dan skor kelompok berada di urutan ke-13, ke-16 dan ke-10, yang mendapatkan peringkat pertama di antara universitas dan perguruan tinggi di provinsi Fujian.

Tim basket pria Universitas Huaqiao memenangi kejuaraan nasional di turnamen 2, 5 dan 7 dan runner-up ke-4 pertandingan di KUBA (​​Asosiasi Bola Basket Universitas Cina).

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Kampus Xiamen[sunting | sunting sumber]

Gerbang depan
Jalan dari asrama menuju Gedung Kelas

Kampus baru di Xiamen meliputi 1.320.000 m 2 saat ini masih digunakan. Perpustakaan memiliki total koleksi dari 2.040.000 volume dan 1.030.000 judul. Kampus ini dekat dengan danau (hanzi:龙舟池 ;pinyin:Lóngzhōuchí) yang biasa digunakan untuk pertandingan perahu naga musim panas.

Danau LongZhouChi

Kampus Quanzhou[sunting | sunting sumber]

Kampus Quanzhou merupakan kampus utama memiliki area seluas 740.000 m2 dengan total luas lantai 550.000 meter persegi.

Bahasa Mandarin dan Budaya College[sunting | sunting sumber]

Cina Bahasa dan Budaya College (Inggris)(Chinese Language and Culture College) merupakan bagian dari Universitas Huaqiao, yang digunakan untuk menjadi cabang Sekolah di Jimei (Sekolah Bahasa Mandarin Jimei), sebuah sekolah khusus untuk siswa asing belajar bahasa Mandarin dan pengetahuan tentang kebudayaan Cina. Sudah ada 320.000 lulusan dari lebih 30 negara dan wilayah. Sekolah bahasa Mandarin dan Kebudayaan Cina adalah dasar pendidikan nasional Cina, dan hanya tempat untuk HSK (hanzi: 汉语水平考试;pinyin: Hànyǔ shuǐpíng kǎoshì) di Provinsi Fujian dilembagakan oleh komite HSK . Universita Huaqiao memiliki pelajaran kursus jangka pendek bahasa mandarin, kursus pelatihan para guru, musim panas / dingin kamping murid luar negeri, simposium dari budaya Cina dan kursus persiapan untuk orang keturunan Cina dan mahasiswa muda dari Hong Kong , Makau, dan Taiwan. Saat ini memiliki lebih dari 700 mahasiswa pascasarjana.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas ini memiliki lebih dari 1.700 anggota fakultas, dengan lebih dari 500 memegang senior profesional. Ada 900 guru full-time, 400 profesor dan profesor asosiasi, lebih dari 141 pemegang gelar PhD dan 38 peneliti pemerintah yang di danai.

Fakultas dan Departemen[sunting | sunting sumber]

Universitas Huaqiao terdiri dari 19 perguruan tinggi atau departemen ilmu pengetahuan, teknik, ekonomi, manajemen, hukum, seni liberal, filsafat, dan sejarah. Universitas Huaqiao memberikan 9 program PHD, 64 program master, 6 program master teknik, 52 program sarjana.

Program[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1997, universitas huaqiao telah mengeluarkan sebanyak 216 mahasiswa pascasarjana dari Makau, yang mengejar bidang-bidang seperti ekonomi, manajemen, ilmu komputer dan filsafat. Universitas juga menawarkan gelar Master untuk total 30 siswa dari Makau pada tahun 2002.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]