Universitas Amerika di Beirut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Amerika di Beirut
American University of Beirut
الجامعة الأميركية في بيروت
Moto That they may have life and have it more abundantly.
Didirikan 1866
Jenis swasta
Presiden Peter F. Dorman
Provos Peter Heath
Staf administratif 522 staf pengajar penuh waktu
Jumlah mahasiswa 7.036 (2006/2007)
Sarjana 5.725
Magister 1.311
Lokasi Bendera Lebanon Beirut, Lebanon
Kampus di kota, 29,54 hektare
Situs web www.aub.edu.lb

Universitas Amerika di Beirut (American University of Beirut, disingkat AUB; bahasa Arab: الجامعة الأميركية في بيروت) adalah universitas swasta independen di Beirut, Lebanon. Universitas ini didirikan sebagai Syrian Protestant College oleh misionaris Amerika Daniel Bliss. Nama American University of Beirut dipakai sejak 18 November 1920.

Pada bulan Juni 2004, universitas ini mendapat akreditasi dari Komisi Pendidikan Tinggi Middle States Association of Colleges and Schools.[1] Gelar yang diberikan AUB secara resmi didaftarkan di Kementerian Pendidikan Tinggi Lebanon dan Dewan Pendidikan Negara Bagian New York. Gelar profesi mendapat akreditasi dari badan akreditasi yang diakui Departemen Pendidikan Amerika Serikat[2], Lebanon, dan negara-negara lain. Hingga Juni 2006, universitas ini telah memberikan total 72.838 gelar dan diploma.[3]

Pada 21 Maret 2008, Dewan Pengawas memilih Peter F. Dorman sebagai presiden ke-15 AUB menggantikan John Waterbury, pejabat presiden dari 1998 hingga 2008.[4] Dorman adalah peneliti bidang ilmu Mesir kuno dan ketua Fakultas Bahasa dan Kebudayaan Timur Dekat Universitas Chicago.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Museum Universitas Amerika di Beirut

Pada tahun 1862, misionaris Amerika di Suriah yang berada di bawah Dewan Komisaris Misi Luar Negeri Amerika meminta Dr. Daniel Bliss untuk menghentikan pekabaran injil di Suriah. Bliss diminta mendirikan perguruan tinggi dengan sistem Amerika, termasuk pendidikan medis yang swakelola dan administrasi terpisah dari misi penyebarluasan agama Kristen. Seperti halnya misionaris Amerika di Timur Tengah waktu itu, Bliss menyadari pentingnya institusi sekuler untuk menyampaikan gagasan patriotisme, republikanisme, dan perlindungan kemerdekaan individu. Menurut sejarawan Arab bernama George Antonius, perguruan tinggi telah memberikan "gelora intelektual" untuk kebangkitan Arab, dan nantinya mengubah percaturan politik regional.[6]

Pada musim panas 1862, Bliss mengadakan perjalanan ke Amerika Serikat dengan tujuan mengumpulkan dana. Hingga Agustus 1864, dana sejumlah AS$100.000 dikumpulkan Bliss dari sejumlah donatur Amerika dan Inggris, termasuk Ny. Franklin H. Delano, bibi ibu Presiden Franklin D. Roosevelt[6] Sewaktu Bliss berada di Amerika Serikat, negara bagian New York secara resmi menerima pendirian Syrian Protestant College pada 24 April 1863. Penurunan nilai dolar akibat Perang Saudara Amerika menyebabkan Bliss perlu mengumpulkan sumbangan di Inggris dalam mata uang pound sterling sebelum bisa beroperasi. Dana dalam dolar disimpan hingga nilainya membaik. Setelah mengumpulkan £4.000 di Inggris, Bliss tiba kembali di Beirut pada bulan Maret 1866. Perguruan tinggi yang dibangun Bliss mulai beroperasi 3 Desember 1866 dengan mahasiswa angkatan pertama sejumlah 16 orang.[7]

Upacara peletakan batu pertama College Hall--gedung pertama di kampus Ras Beirut--dilakukan 7 Desember 1871 oleh William E. Dodge, Sr. yang waktu itu bendahara dewan komisaris. College Hall dan gedung pertama fakultas kedokteran selesai dibangun dan mulai digunakan tahun 1873. Peresmian lonceng di menara College Hall dilakukan bulan Maret 1873. Pada dini hari 8 November 1991, College Hall mengalami kerusakan hebat oleh ledakan, dan nantinya harus dirobohkan. Setelah dibangun kembali, gedung baru College Hall diresmikan pada musim semi 1999.

Sejak didirikan, universitas ini terus mengembangkan dan membuka fakultas/program baru. Setelah Sekolah Kedokteran dibuka tahun 1867, AUB empat tahun kemudian (1871) membuka Sekolah Farmasi dan Sekolah Persiapan. Pada tahun 1960, Sekolah Persiapan AUB memisahkan diri, dan sekarang dikenal sebagai International College. Sekolah Perdagangan didirikan tahun 1900, dan nantinya digabung ke dalam Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan. Setelah rumah sakit (sekarang AUB Medical Center) dibuka tahun 1905, AUB membuka Sekolah Keperawatan. Sekolah Kedokteran Gigi dibuka tahun 1910, dan beroperasi selama 30 tahun sebelum ditutup.

Dewan Kurator Universitas New York mengganti nama Syrian Protestant College menjadi American University of Beirut pada 18 November 1920 setelah berdirinya negara Lebanon Raya pada Agustus 1920. Sejak tahun 1924, pendidikan di universitas ini sepenuhnya terbuka bagi mahasiswa pria dan wanita, tanpa mengenal perbedaan jenis kelamin. Kecuali selama Perang Saudara Lebanon, semua presiden AUB tinggal di dalam kampus, tepatnya di kediaman resmi bernama Marquand House yang selesai dibangun tahun 1879.

Pada awal tahun 1950-an, AUB membuka beberapa program baru. Sekolah Pertanian didirikan pada tahun 1950, dan menjadi Fakultas Pertanian dan Ilmu Pangan pada tahun 1979. Sekolah Teknik didirikan tahun 1951, dan menjadi Fakultas Teknik dan Arsitektur pada tahun 1966. Sekolah Ilmu Kesehatan didirikan tahun 1954, dan namanya diganti menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan pada tahun 1978.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Universitas ini menempati kampus seluas 29,54 hektare di sebuah bukit berpemandangan Laut Tengah. Kampus AUB dipagari, dan hanya bisa dimasuki lewat beberapa pintu gerbang. Pintu gerbang utama terletak di tengah Jalan Bliss, Medical Gate dekat Rumah Sakit Universitas Amerika, Sea Gate (di kaki bukit), Peripheral Gate dekat gedung asrama pria, dan pintu kecil dekat asrama wanita.

Alumni[sunting | sunting sumber]

Lulusan AUB yang menjadi politikus Lebanon adalah mantan Perdana Menteri Saeb Salam dan mantan Kepala Parlemen Lebanon Adil Osseiran.

Berikut ini adalah daftar alumni Universitas Amerika di Beirut (disusun berabjad).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "American University of Beirut". Middle States Commission on Higher Education. Diakses 20 November 2008.  Unknown parameter |curly= ignored (help)
  2. ^ "Statement of Accreditation Status". Middle States Commission on Higher Education. Diakses 20 November 2008.  Unknown parameter |curly= ignored (help)
  3. ^ AUB Undergraduate Catalogue 2007-08, p. 25.
  4. ^ "AUB Board of Trustees selects Peter F. Dorman as 15th president of the University". Diakses 20 November 2008.  Unknown parameter |curly= ignored (help)
  5. ^ "Peter F. Dorman: Professor of Egyptology". Diakses 20 November 2008.  Unknown parameter |curly= ignored (help)
  6. ^ a b Michael Oren (2007). Power, Faith, and Fantasy: America in the Middle East 1776 to the Present (New York: W.W. Norton & Company) p. 218.
  7. ^ Kaplan, Robert D. The Arabists: The Romance of an American Elite. New York: The Free Press, 1993. ISBN 0-02-916785-X p. 35.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Lembaga penelitian[sunting | sunting sumber]

Lain-lain[sunting | sunting sumber]