Universitas Otonom Santo Domingo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Otonom Santo Domingo
Universidad Autónoma de Santo Domingo
JenisUniversitas negeri
Didirikan1538
RektorMateo Aquino Febrillet
Staf akademik
8
Staf administrasi
--
Jumlah mahasiswa--
Lokasi,
Situs webwww.uasd.edu.do

Universitas Otonom Santo Domingo (bahasa Spanyol Universidad Autónoma de Santo Domingo (UASD)) adalah sebuah universitas negeri di Santo Domingo, Republik Dominika. Universitas didirikan pada tahun 1914.

Mulanya universitas ini adalah sebuah seminari yang dikelola oleh biarawan-biarawan Katolik dari Ordo Dominikan, namun lembaga ini ditata kembali menjadi sebuah universitas melalui sebuah bula kepausan (In Apostulatus Culmine tanggal 28 Oktober 1538 oleh Paus Paulus III), meskipun saat itu ia disebut Universidad Santo Tomás de Aquino (Universitas Santo Thomas Aquinas). Universitas Otonom Santo Domingo didirikan pada tahun 1914.

Dalam strukturnya, univeristas ini mengikuti model Universitas Alcalá de Henares. Universitas ini menata programnya dalam empat fakultas: Kedokteran, Hukum, Teologi, dan Seni. Kini Universitas ini telah diperluas hingga memiliki delapan fakultas: Humaniora, Seni, Hukum dan Ilmu Politik, Ilmu-ilmu Kesehatan, Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Sains, Teknik dan Arsitektur, dan Ilmu-ilmu Pertanian.

Otonomi dan Statuta Universitas[sunting | sunting sumber]

Pada 31 Desember 1961 UU No. 5778 diberlakukan, yang memberikan otonomi kepada universitas ini. Sejak itu timbul perdebatan mengenai keseimbangan kelembagaannya. Pada 17 Februari tahun berikutnya, sekolah ini memilih pimpinannya yang pertama di bawah sistem yang baru.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]