Ultraman Max

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
ウルトラマンマックス
Ultraman Max
Format Tokusatsu
Pembuat Tsuburaya Productions
Sutradara Shusuke Kaneko
Hirochika Muraishi
Kengo Kaji
Futoshi Sato
Takeshi Yagi
Takashi Miike
Hideaki Murakami
Akio Jissoji
Hiroaki Tochihara
Toshiyuki Takano
Toshihiro Iijima
Kenji Suzuki
Pemeran Sota Aoyama
Hitomi Hasebe
Kai Shishido
Nobuyuki Ogawa
Sean Nichols
Hikari Mitsushima
Susumu Kurobe
Hiroko Sakurai
Nao Nagasawa (episode 13-14)
Komposer Kuniaki Haishima
Negara Bendera Jepang Jepang
Bahasa Jepang / Kantonis
Jumlah episode 40
Produksi
Produser Takeshi Yagi
Durasi 1 episode sekitar 24 menit
Siaran
Saluran asli Bendera Jepang Chubu-Nippon Broadcasting Co., Ltd.
Bendera Hong Kong TVB
Bendera Filipina SBN-21
Bendera Indonesia Global TV
Bendera Indonesia Trans TV
Periode siaran 2 Juli 200525 Maret 2006
Kronologi
Diawali oleh Ultraman Nexus
Dilanjutkan oleh Ultraman Mebius
Pranala luar
http://hicbc.com/tv/max


Ultraman Max (ウルトラマンマックス Urutoraman Makkusu?) adalah serial Ultraman ke-13 yang mulai tayang sejak 7 Juli 2005 dengan total 40 episode. Iklan serial ini sudah muncul sejak serial sebelumnya, Ultraman Nexus, baru mendekati episode ke-30. Hal ini memang disengaja karena Tsuburaya ingin segera menamatkan Nexus yang ternyata ratingnya anjlok di luar dugaan. Ultraman Max sendiri kembali ke konsep awal di mana sang host adalah salah seorang dari pasukan pembela bumi. Kisah dalam episodenya juga kembali berdiri sendiri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Serial ini sempat diwarnai isu bahwa kisahnya adalah sambungan dari Ultraman era Showa dan juga anggota Space Garrison, apalagi memang publik Jepang merindukannya. Hal ini dikuatkan dengan desain Max yang secara fisik mirip dengan Ultraseven dan Ultraman Taro, begitu pula dengan jurus-jurusnya. Selain itu, monster-monster lama seperti Baltan dan monster-monster masa lalu yang sering muncul dalam era Showa juga muncul dalam serial ini. Namun, Tsuburaya menepis isu tersebut menjelang episode-episode terakhir Max, bahwa kenyatannya Max tidak memiliki hubungan dengan serial Ultraman manapun yang pernah muncul. Pemirsa Jepang pun bertanya-tanya mengapa total episode Max kurang dari 50, padahal respon dan ratingnya membaik. Max diproduksi dengan maksud sebagai batu loncatan dari Ultraman Nexus, yang konsep ceritanya melenceng jauh, sebelum menginjak kembali ke era Showa. Jadi, bisa dibilang kisah dan konsep Max berada di persimpangan. Dan lagi-lagi sebelum masa tayang Max habis, serial penggantinya yaitu Ultraman Mebius, yang justru kejutan yang sebenarnya disiapkan Tsubaraya untuk kembali ke kisah era Showa, sudah diiklankan. Ternyata, belajar dari Nexus yang semula diprduksi 50 episode tapi terpaksa dipotong dan tamat di episode 38, Tsuburaya bermaksud mengantisipasi serial ini gagal sehingga dari awal memang sengaja jumlah episodenya sudah demikian adanya, yaitu hanya 40 saja.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dalam dunia dimana Max berada, dikisahkan bahwa sejak zaman dulu Bumi memiliki banyak peradaban lain selain peradaban manusia yang mendiami permukaan bumi. Karena itu, sering timbul konflik di antara mereka. Namun, entah beratus-ratus tahun kemudian, manusia abad sekarang tidak mengetahui hal itu dan hidup dalam damai. Kebencian bangsa lain akan sikap manusia merupakan ancaman tersendiri yang tidak disadari oleh mereka. Sementara itu, manusia lebih difokuskan pada monster-monster dari luar angkasa yang secara nyata menyerang Bumi. Di sinilah Max muncul.

Touma Kaito bermimpi untuk masuk DASH karena sebelumnya ia adalah relawan yang sering menyelamatkan orang-orang dari bencana alam. Namun, ia gagal dalam tes masuk karena dinilai terlalu berjiwa panas saat berusaha melindungi orang tanpa berpikir panjang dan sering tidak sadar melakukan tindakan berlebihan yang membahayakan keselamatannya sendiri. Kaito memiliki alasan tersendiri dan tetap bersikeras untuk masuk DASH. Suatu hari, ia yang masih menjadi anggota magang, nekat menggantikan salah seorang anggota DASH yang terluka untuk membantu menghalau monster demi menghindari banyaknya korban jiwa yang berjatuhan. Di saat kritis, Touma kemudian menerima kekuatan Ultraman dan memulai tangungjawabnya yang besar. Ia menamakan Ultraman dalam dirinya Max. Dan karena kegigihannya ini, akhirnya Kaito pun diterima menjadi anggota DASH.

Sebagai cerita yang kisah di setiap episodenya berdiri sendiri, cerita dalam Max cukup ringan jika dibandingkan dengan Nexus dan masih lebih berbobot jika dibandingkan dengan Cosmos. Dikisahkan pula tentang Kaito yang berusaha menyesuaikan diri dalam tim dan bahwa sifat ketidakhati-hatiannya masih belum berubah. Ia juga mulai mengerti bahwa kadang jalan pikiran Max tidak sesuai dengannya. Selain itu, ia pun jadi ikutan bingung manakala menghadapi dua pihak yang berselisih: manusia dengan monster. Di satu sisi, manusia ada yang menghalalkan segala cara demi keegoisannya, dan sisi lain tidak semua monster jahat. Max pun berpikir sebenarnya manusialah yang membangun perselisihan itu sendiri. Apalagi, setelah lama-kelamaan diketahui bahwa ada peradaban bangsa selain manusia yang juga mendiami bumi. Kemudian, mulai muncul kenyataan bahwa ada ras manusia yang ternyata keturunan alien.

Akhirnya, salah satu peradaban yang lama mendiami bawah kulit bumi bernama Delos pun ingin menguasai permukaan. Markas UDF dihancurkan satu per satu. Oleh Delos. Agar tidak terjadi yang lebih buruk, Kaito dan rekannya, Mizuki, pergi ke perut bumi untuk menyampaikan pesan perdamaian. Betapa kaget Kaito bahwa ternyata bangsa Delos sudah tidak ada, yang ada hanya perenjataan yang sudah diatur dari zaman dulu. Di lain pihak, Max sudah waktunya pergi dari tubuh Kaito. Kaito pun harus berpacu dengan waktu.

Data Ultraman[sunting | sunting sumber]

Ultraman yang muncul dalam kisah ini hanya dua, yaitu Max sebagai tokoh utama dan Ultraman Zenon. Hal ini semakin menepis harapan pemirsa Jepang yang sangat menanti-nantikan kemunculan Ultraman era Showa pada kisah Max,namun demikian masih ada beberapa pemeran ultraman era Showa lama seperti Susumu Kurobe yang berperan sebagai bentuk manusia Ultraman yaitu Shin Hayata yang berperan sebagai Kenzo Tomioka dan Kohji Moritsugu yang merupakan pemeran bentuk manusia Ultraseven yang muncul di episode 19 sebagai ahli arkeologi,karena diyakini Max mempunyai hubungan dengan Space Garrison. Meski demikian, Max juga dikisahkan berasal dari Nebula M78.

Ultraman Max[sunting | sunting sumber]

Max digambarkan sebagai Ultraman terkuat yang pernah ada. Ia memiliki hampir semua jurus yang pernah dikeluarkan oleh Para Ultraman yang berbeda. Max memiliki berbagai ukuran tubuh tergantung musuhnya, mulai dari yang lebih kecil dari manusia sampai berkali-kali lipat ukuran Ultraman normal. Sebaliknya, kelemahan Max terletak di sikapnya yang cenderung cuek karena tidak memiliki motivasi yang cukup kuat dan berada di kebimbangan. Melindungi bumi dari monster adalah tugasnya tapi ia menyadari bahwa tidak semua monster jahat, namun mengapa manusia tidak mengerti juga dan tetap berperang melawan mereka? Untuk itu, kadang Max memilih untuk tidak ikut campur dalam urusan manusia dan pertempuran yang melibatkan mereka. Ia beranggapan bahwa pada akhirnya, manusialah yang mengakibatkan kehancuran alam itu sendiri. Pertentangan ini menimbulkan konflik dalam jiwa Kaito yang memilih untuk berada di pihak manusia dan masih membutuhkan kekuatan Max. Pada akhirnya, karena selalu berjuang bersama. Max pun mencoba mempercayai keyakinan Kaito dan membantunya di pertempuran terakhir. Jurus original Max yang tidak dimiliki Ultraman lain:

  • Icing Wave
  • Max Spark
  • Maxium Sword
  • Maxium Cannon
  • Max Galaxy


Ultraman Xenon[sunting | sunting sumber]

Asal-usulnya misterius dan hanya muncul sekali pada episode ke-13 dan Ke-39. Dikisahkan Xenon datang untuk membantu Max yang terdesak melawan monster Zetton. Ia memberikan sebuah senjata bernama Max Galaxy pada Max. Hanya itu saja, seolah datang dan pergi tidak jelas.

UDF (United Defense Federation)[sunting | sunting sumber]

Pada awal abad ke-21, berbagai macam bahaya semaikin mengancam keselamatan bumi, di mana di antaranya ditimbulkan oleh monster dan alien. Mengetahui akan adanya bahaya yang mengancam di kemudian hari, seluruh dunia pun membentuk sebuah organisasi pertahanan bernama UDF. UDF dipimpin oleh Komandan Tomioka (yang diperankan oleh Susumu Kurobe, pemeran Shin Hayata, host Ultraman Original tahun 1966). UDF juga memuliki seorang peneliti handal bernama Profesor Yoshinaga; Di dalam UDF, dibentuk sebuah pasukan khusus bernama DASH (Defense ActionSquad Heroes). DASH ditempatkan di salah satu markas UDF yang bernama Titan, letaknya di atasperairan Tokyo. DASH memiliki pesawat tempur seperti DASH Mother, DASH bird, dan DASH Aqua yang tersimpan di dalam Titan. Anggotanya adalah:

  • Kapten Hijikata Shigeru

Pemimpin yang yang berwibawa dn selalu memperhatikan bawahannya, meski kadang dapat bertindak konyol juga.

  • Sean White

Seorang bule yang berasal dari DASH Amerika, Ia selalu melakukan penelitian dan banyak mengarahkan angota DASH yang lain. Selain itu, ia dikenal dengan mood maker.

  • Mizuki Koishikawa

Sseorang Ace pilot yang ternyata memiliki gen alien. Ia awalnya menolak Kaito bergabung kerna sifatnya yang ceroboh namun lama-lama malah jatuh hati padanya. Namun, saat mengetahui bahwa dirinya bukan manusia biasa, ia berusaha menjauh dari Kaito.

  • Kenjiro Koba

Dikenal sebagai ahli menembak dan selalu menjalankan isi dengan menggunakan dua pucuk pistol kesayangannya.

  • Elly

Seorang Android yang bertugas sebagai operator dan bertanggungjawab dalam mengkalkulasi berbagai data

  • Kaito Touma / Ultraman Max

Anggota baru DASH yang juga host dari Ultraman Max. memiliki sifat yang gampang panas, namun di saat genting ialah yang selalu menolong teman-temannya.

Monster[sunting | sunting sumber]

Episode[sunting | sunting sumber]

  1. Ultraman Max Arrives! (ウルトラマンマックス誕生! Urutoraman Makkusu Tanjō!?)
  2. The Girl Who Keeps a Monster (怪獣を飼う女 Kaijū o Kau On'na?)
  3. Proof of a Brave Man (勇士の証明 Yūshi no Shōmei?)
  4. Infinite Invaders (無限の侵略者 Mugen no Shinryakusha?)
  5. Appears, Monster Island! (出現、怪獣島! Shutsugen, Kaijūtō!?)
  6. Bombing, 5 Seconds Before (爆撃、5秒前 Bakugeki, Gobyō Mae?)
  7. Destructor of the Star (星の破壊者 Hoshi no Hakaisha?)
  8. DASH Annihilated!? (DASH 壊滅!? Dasshu Kaimetsu!??)
  9. Dragon Lover (龍の恋人 Ryū no Koibito?)
  10. Young DASH (少年DASH Shōnen Dasshu?)
  11. Prophecy of Baradhi (バラージの予言 Barāji no Yogen?)
  12. Pursuit at Supersonic Speed (超音速の追撃 Chō Onsoku no Tsuigeki?)
  13. Daughter of Zetton (ゼットンの娘 Zetton no Musume?)
  14. I Love King Joe (恋するキングジョー Koi Suru Kingu Jō?)
  15. Miracle of the Third Planet (第三番惑星の奇跡 Dai Sanban Wakusei no Kiseki?)
  16. Who am I? (わたしはだあれ? Watashi wa Daare?)
  17. Ice Beauty (氷の美女 Kōri no Bijo?)
  18. Bright World (アカルイセカイ Akarui Sekai?)
  19. Person Coming from the Door (扉より来たる者 Tobira yori Kitaru Mono?)
  20. Drifting Monster (怪獣漂流 Kaijū Hyōryū?)
  21. Challenge from Underground (地底からの挑戦 Chitei kara no Chōsen?)
  22. Butterfly Dream (胡蝶の夢 Kochō no Yume?)
  23. Youth Again (甦れ青春 Yomigaere Seishun?)
  24. The Untargeted Town (狙われない街 Nerawarenai Machi?)
  25. A Distant Friend (遥かなる友人 Haruka Naru Yūjin?)
  26. Elly of Christmas (クリスマスのエリー Kurisumasu no Erī?)
  27. The Taken Max Spark (奪われたマックススパーク Ubawareta Makkusu Supāku?)
  28. Attack of the Evil (邪悪襲来 Jaaku Shūrai?)
  29. Why do Monsters Appear (怪獣は何故現れるのか Kaijū wa Naze Arawareru Noka?)
  30. Courage is from the Heart (勇気を胸に Yūki o Mune ni?)
  31. Burn! Earth!! (燃えつきろ! 地球!! Moe Tsukiro! Chikyū!!?)
  32. Elly Destruction Directive (エリー破壊指令 Erī Hakai Shirei?)
  33. Welcome! To the Earth: Part 1 - The Science of the Planet Baltan (ようこそ! 地球へ 前篇 バルタン星の科学 Yōkoso! Chikyū e Zenpen Barutan Sei no Kagaku?)
  34. Welcome! To the Earth: Part 2 - Farewell! Alien Baltan (ようこそ! 地球へ 後篇 さらば!バルタン星人 Yōkoso! Chikyū e Kōhen Saraba! Barutan Seijin?)
  35. Adam and Eve of M32 Nebula (M32星雲のアダムとイブ Emu Sanjūni Seiun no Adamu to Ibu?)
  36. Alternate Dimension World (イジゲンセカイ Ijigen Sekai?)
  37. Constellation Thief (星座泥棒 Seiza Dorobō?)
  38. Prelude to Ground Annihilation (地上壊滅の序曲 Chijō Kaimetsu no Jokyoku?)
  39. Hold On To! Future (つかみとれ! 未来 Tsukami Tore! Mirai?)
  40. Special Finale -To the Ultra Future- (スペシャルフィナーレ ~ウルトラの未来へ~ Supesharu Fināre -Urutora no Mirai e-?)

Pemeran[sunting | sunting sumber]