Ultraman Cosmos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
ウルトラマンコスモス
Ultraman Cosmos
Format Pahlawan super, aksi/petualangan
Pembuat Tsuburaya Productions
Pemeran Taiyo Sugiura
Daisuke Shima
Kaori Sakagami
Hidekazu Ichinose
Koichi Sudo
Mayuka Suzuki
Fukiishi Kazue
Lagu pembuka "Spirit" oleh Project DMM
Lagu penutup "Ultraman Cosmos ~Kimi ni Dekiru Nani Ka" oleh Project DMM
"Kokoro no Kizuna oleh" Project DMM
Negara Bendera Jepang Jepang
Bahasa Jepang
Jumlah episode 65
Produksi
Durasi 1 episode sekitar 24 menit
Siaran
Saluran asli Bendera Jepang MBS / TBS
Bendera Filipina SBN-21
Bendera Indonesia Indosiar
SCTV
Global TV
Trans TV
RCTI (mulai 1 Februari 2013)
Periode siaran 7 Juli 200128 September 2002
Kronologi
Diawali oleh Ultraman Cosmos: The First Contact
Dilanjutkan oleh Ultraman Cosmos: The Blue Planet


Ultraman Cosmos (ウルトラマンコスモス Urutoraman Kosumosu?) adalah serial TV Ultraman ke-21 yang diproduksi Tsuburaya. Serial ini adalah pengganti serial Ultraman Gaia yang sudah habis masa tayangnya. Keseluruhan cerita berjumlah 65 episode, diputar di Jepang mulai 7 Juli 2001. Selain serial TV, Ultraman Cosmos telah dua kali diangkat menjadi film layar lebar: The First Contact (pemutaran perdana 7 Juli 2001) dan The Blue Planet (pemutaran perdana 3 Agustus 2002). The First Contact adalah prekuel dari serial televisi Ultraman Cosmos, sementara latar belakang cerita The Blue Planet terjadi dua tahun setelah serial televisinya berakhir.

Konsep cerita[sunting | sunting sumber]

Mengamati kecenderungan meningkatnya tindak kekerasan yang terjadi pada generasi muda Jepang, maka pihak Tsuburaya membuat karakter Ultraman yang memiliki sifat lembut dibanding para pendahulunya. Dengan tampilan pertama yang dominan biru, Tsuburaya ingin mengangkat citra Ultraman sebagai sosok yang cinta lingkungan dan perdamaian. Jadi, konsep ceritanya mengangkat tema pasifisme, artinya suatu paham yang menganggap perang adalah suatu tindakan yang tak dapat dibenarkan secara moral, dan semua perselisihan atau perbedaan pendapat haruslah diselesaikan lewat jalan damai).

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Dalam serial ini, tidak semua monster bersifat jahat. Di bumi terdapat banyak monster yang eksistensinya mulai diakui manusia. Pulau Kaburaya adalah sebuah pulau khusus yang dibangun sebagai tempat perlindungan, penelitian, dan rehabilitasi bagi para monster (kaijuu). Mirip seperti taman nasional, hanya saja ini khusus monster. Taman ini dimiliki oleh SRC, organisasi khusus yang dibangun untuk melindungi manusia dari serangan makhluk asing dan monster bumi yang menakutkan dan mengancam.. Namun, monster-monster yang pernah muncul di bumi tidak semuanya dimusnahkan tapi sebagian yang bisa dijinakkan akan dilindungi.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

The First Contact[sunting | sunting sumber]

Cerita diawali dengan munculnya Alien Baltan yang berusaha menuju bumi, namun usahanya ini dihalangi oleh Ultraman Cosmos sehingga terjadi pertempuran dashyat di luar bumi. Kekuatan Baltan mampu memojokkan Cosmos sehingga keduanya masuk ke atmosfer bumi dan pertempuran masih berlanjut. Kedatangan mereka sebagai benda asing pun diketahui oleh SRC. Sementara itu, di tempat lain, seorang anak berusia 12 tahun bernama Haruno Musashi bersama teman-temannya sedang berkemah untuk mengisi liburan musim panas. Namun hujan lebat yang tiba-tiba turun membuat mereka berpencar dan Musashi tertinggal sendirian di dalam hutan.

Di pagi harinya, Musashi dibangunkan bunyi aneh yang membuatnya penasaran. Ia pun mencari sumber suara, dan suara itu ternyata berasal dari Ultraman Cosmos yang sedang sekarat akibat bertempur melawan Baltan. Musashi ternyata dapat berkomunikasi dengan Cosmos dan ia ingin menolongnya memulihkan tenaga. Setelah mendapat cahaya yang cukup, Cosmos berterima kasih dan mengajak Musashi terbang di tangannya. Setelah turun, Cosmos memberikan sebuah batu dan memesan Musashi agar menyimpannya. Musashi sangat senang dan menceritakan pengalamannya pada orang tua dan teman-temannya. Namun tak ada yang percaya. Watanabe Kyoko, seorang wanita anggota SRC yang juga menjadi pengajar Musashi di sekolah, mengajak Musashi bertemu anggota SRC yang lain untuk menceritakan soal pertemuannya dengan Cosmos. SRC mencari tahu keberadaan Ultraman dengan melakukan pemeriksaan.

Sinyal-sinyal misterius kembali terdengar, Musashi menuju ke sumber suara dengan harapan dapat bertemu dengan Cosmos lagi tapi ternyata ia temui adalah monster yang terbangun dari tidurnya. Teman-teman Musashi yang mengikuti mendesak Musashi untuk memanggil Ultraman sebagai bukti bahwa ia tidak berbohong. Ia mengambil batu pemberian Cosmos dan berteriak memanggil Cosmos tapi tak kunjung datang, teman-temannya pun meninggalkannya. Di lain pihak, militer memilih jalan kekerasan dan megambil alih peran SRC yang sudah menenangkan monster tersebut. Dengan senjata-senjata berat yang dibawa pihak militer, monster tadi kehilangan nyawanya. Dari dalam tubuh monster tadi muncul Baltan berukuran kecil yang kemudian menjadi besar dan mengamuk. Setelah menghancurkan semua armada perang yang ada, Baltan mengancam akan mengambil alih bumi karena sifat manusia yang tamak dan gila perang.

Nasib bumi pun bergantung pada SRC yang tetap mencegah pihak militer tetap menyerang Baltan daripada menggunakan jalan damai. Musashi yang mendengar cerita itu dari ibu guru Kyoko juga terus berusaha memanggil Cosmos. Perang tak terelakkan, Cosmos pun akhirnya datang di saat yang genting.

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Musashi kini sudah berusia 20 tahun dan bekerja di Pulau Kaburaya karena ia menyukai monster-monster yang lucu. Namun, kedamaian selama 8 tahun itu terusik dengan munculnya partikel-partikel cahaya yang datang dari luar angkasa dan melayang di atas kota. Keindahan warna yang dipancarkan partikel-partikel ini memukau penduduk kota yang melihatnya. Gejala aneh ini kemudian diselidiki oleh SRC dan mereka mengetahui kalau itu adalah sejenis virus. Ternyata, virus ini mengeluarkan cahaya yang lebih besar dan meratakan kota di bawahnya. Virus cahaya ini kemudian diberi nama Chaos Header.

Musashi terkejut karena tiba-tiba Lidoriasu, salah satu monster, menjadi lepas kendali dan menorobos keluar pulau melewati jaring pengaman elektrik. SRC pun mengutus tim EYES untuk mengejar dan menghalangi perusakan lebih lanjut. Penyebab Lidoriasu mengamuk ternyata juga akibat Chaos Header yang masuk ke dalam tubuhnya. Musashi pun tak tinggal diam dan ikut mengejar Idoriasi yang sudah berubah menjadi buas. Ia berhasil menjinakkan Lidoriasu kembali tapi militer kembali menembakiLidoriasu, dan membuatnya menjadi lebih buas dari sebelumnya. Pesawat yang dikemudikan Musashi meledak namun ia ia diselamatkan oleh cahaya yang tiba-tiba datang dengan kecepatan tinggi. Musashi yang berada di dalamnya mengatakan kalau ia ingin menjadi bagian dari Cosmos untuk menyelamatkan para monster yang disukainya. Maka, dari sinar tadi, muncullah Cosmos yang merupakan perubahan wujud dari Musashi. Cosmos berhasil menenangkan Ldoriasu dan mengeluarkan Chaos Header dari tubuhnya. Musashi pun kembali ke asal. Melihat kegigihannya, Tim EYES lalu mengajak Musashi bergabung sebagai pilot Tech Thunder 4.

Hampir di setiap episode Ultraman Cosmos diceritakan tentang usahanya menjinakkan monster-monster yang mengamuk akibat ulah Chaos Header. Diceritakan pula masing-masing anggota EYES selain Musashi di beberapa episode. Sampai akhirnya musuh terkuat Cosmos muncul, yaitu Chaos Header yang semakin kuat dari hari ke hari membuat Cosmos kesulitan menjinakkannya sehingga memicu perubahan bentuknya menjadi lebih kuat juga. Seringkali akhirnya Cosmos menghancurkan monster. Chaos Header pun mengambil alih kekuatan Ultraman dan berubah menjadi Ultraman Chaos. Musashi dan Tim EYES harus berjuang keras untuk mengalahkannya.

The Blue Planet[sunting | sunting sumber]

Musashi yang sudah tidak bersatu dengan Cosmos kini menjadi antariksawan untuk menjaga kelestarian para monster, baik di bumi maupun di luar bumi, serta mencari planet baru yang cocok untuk dapat didiami Monster dengan hidup tenang bebas dari ulah manusia seperti pihak militer. Cerita pun diawali dengan kedatangan Musashi ke Planet Juran, ternyata planet itu sudah menjadi planet mati. Muncul monster yang langsung menyerang pesawat Musashi. Lagi-lagi Musashi diselamatkan oleh Cosmos yang berwujud lain dari yang Musashi pernah berubah. Cosmos menghancurkan monster bernama Scorpis, dan membawa Musashi pergi menjauh dari Planet Juran.

Sekembalinya ke bumi, Musashi pergi ke pulau Saipan untuk menghadiri pernikahan sahabatnya yang bernama Mari. Di sana ia melihat seorang putri duyung bernama Shau yang menarik perhatiannya. Mari kemudian mengajak Musashi ke bawah laut untuk bertemu lagi dengan Shau. Di bawah laut, Musashi melihat Mari hendak membuka gerbang yang tampaknya menuju ke dunia lain. Secara tiba-tiba Musashi kehilangan kesadaran, ternyata ia membentur monster bernama Reijer yang muncul dari balik gerbang. Antara sadar dan tidak, Musashi mendengar percakapan yang intinya adalah manusia adalah makhluk berbahaya sehingga harus dibunuh. Namun Musashi dilepaskan oleh Shau karena ia teman Mari.

Saat sadar, Musashi mendapati dirinya berada di sebuah ruangan dimana teman-temannya yang lain mencemaskannya. Tidak lama, Scorpis datang ke bumi dan mendarat di pulau Saipan. Musashi dan tim EYES pun menghadapinya, ia tidak bisa berubah menjadi Cosmos lagi. Mereka juga dibantu Reijer yang ingin melindungi Blue Area yang merupakan tempat tinggal manusia ikan. Manusia ikan ternyata berasal dari planet lain karena planetnya hancur oleh Scorpis. Scorpis berhasil diusir keluar bumi. Shau cemas karena menurut pengalamannya akan kehancuran planetnya, Scorpis akan datang lagi dengan membawa armada. Sementara itu, sekitar 20 Scorpis terdeteksi sedang menuju bumi. Scorpis sangat berbahaya karena mareka hanyalah anak buah dari monster luar angkasa bernama Sandaros. Kekuatan Sandoros yang mengerikan belum tentu mampu dihadapi oleh Cosmos sekalipun. Inilah pertempuran hidup mati Musashi yang terakhir sebagai pahlawan terpilih.

The Final Battle[sunting | sunting sumber]

Dikisahkan EYES tengah menyiapkan transportasi yg aman untuk para monster bumi ke planet lain yg jauh dari jangkauan manusia. Militer ternyata telah menyiapkan sebuah robot raksasa untuk mengagalkan rencana itu. Cosmos kembali datang ke bumi untuk mencegah pertikaian. Saat itu pula, di luar angkasa, Ultraman Justice sedang memasuki arena pertempuran para alien yg bermaksud menginvasi bumi. Cosmos tiba-tiba diserang Justice, dan alien menghancurkan kapal luar angkasa yg akan digunakan untuk mengangkut monster. Para alien tidak ingin spesies-spesies bumi meninggalkan planetnya. Saat Csmos pergi, alien pun memasuki area udara di atas perkotaan. Setiap serangannya disaksikan oleh wanita misterius berbaju hitam, yg tampak tanpa emosi dan enggan menolong para korban yg mulai berjatuhan. Tanpa Cosmos, bumi tidak memiliki pertahanan. Belakangan diketahui, bahwa wanita bernama Julie tadi adalah Ultraman Justice yg dikendalikan oleh alien untuk membantu rencana mereka. Julie masuk ke ruang pimpinan SRC untuk menyampaikan pesan dari alien penginvasi. Isi pesan itu adalah bahwa menurut mereka, kelangsungan hidup di Bumi mengancam perdamaian dalam Galaksi, dan mereka bermaksud untuk menghancurkan kehidupan di bumi dan memulainya lagi dengan spesies baru yg lebih bisa dierima oleh kalangan makhluk luar angkasa. Penghancuran akan dimulai dalam hitungan waktu 35 jam dan tidak ada negosiasi.

Karena berinteraksi dengan seorang gadis kecil dengan anjingnya, Julie merasakan kebaikan dan berhasil melepaskan diri dari kendali alien. Ia pun memanggil Cosmos sebelum penghancuran dimulai. Dengan adanya kombinasi dari dua Ultraman, Alien pun menyiapkan robot-robot dan trik lainnya. Semua robot tadi bersatu menjadi sebuah robot yang super besar yang mampu mendesak Cosmos maupun Justice. Kekuatan spiritual dalam jiwa Musashi seolah menambah tenaga Cosmos dan ia mampu berubah menjadi Future Mode. Begitu juga dengan Justice yg berubah menjadi Crusher Mode. Cosmos Future Mode dan Justice Crusher Mode mampu bersatu menjadi bentuk Ultraman baru, Ultraman Legend. Energi baru itu berhasil mengusir alien dari bumi.


Para Ultraman[sunting | sunting sumber]

Ultraman Cosmos[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya hanya ada satu Ultraman lain yg muncul selain Ultraman Cosmos itu sendiri, yaitu Ultraman Justice. Namun, dikisahkan mereka juga mampu bergabung membentuk satu wujud Ultraman baru bernama Ultraman Legend. Jadi total ada tiga Ultraman yg pernah muncul alam serial ini.

Luna mode[sunting | sunting sumber]

Luna mode adalah bentuk dasar dari Cosmos saat Musashi berubah. Warna dasarnya adalah biru yang terdapat corak perak. "Gentle" adalah kata kunci dari wujud ini karena ia tidak memiliki keinginan untuk melukai lawannya. Disebut "Luna" karena diibaratkan selembut cahaya bulan. Luna lebih sering melumpuhkan dan menenangkan monster yang dihadapi daripada membunuhnya. Karenanya, kekuatan spesial yang dimilikinya lebih bersifat bertahan dan melindungi. Bahkan hampir tak pernah melawan dengan tangan terkepal. Pada bagian kepala, terdapat Moony Spot yang terlihat seperti sinar biru kecil menyala. Sinar itu berfungsi untuk menenangkan monster yang terinfeksi Chaos Header sekaligus mengeluarkan virus dari tubuh monster yang bersangkutan. Jurus lainnya: Luna Shootles, Reverse Spike, dan Fullmoon Rect.

Corona mode[sunting | sunting sumber]

Luna akan berubah menjadi Corona jika ia gagal menyelesaikan konflik dengan cara damai. Wujud ini didominasi oleh warna merah. Desain warnanya dibuat asimetris yang sangat jarang ditemui dalam serial Ultraman sebelumnya. Perlu diketahui, saat Luna menjadi Corona, bentuk kepalanya juga mengalami perubahan. "Strong" adalah kata kunci untuk bentuk ini. Corona merupakan super combat dimana Cosmos menjadi lebih kuat dan cepat serta memiliki lebih banyak senjata. Sinar dari batu di kepalanya adalah Sunny Spot. Sinar ini lebih bersifat menghancurkan. Jadi selain mampu menghancurkan Chaos Header juga dapat melukai monster lawannya. Jurus lain: Raybuster Ray, Rage Whipper, Blazing Wave, dan Prominence Ball.

Eclipse mode[sunting | sunting sumber]

Wujud ini berwarna dominan biru tua, sedikit merah, perak, serta emas, yang kembali simetris. "Courageous" adalah kata kunci wujud ini yang merupakan wujud terkuat dari Cosmos dan baru muncul mulai episode ke-30. Sinar dari batu di kepalanya adalah Pluck Spot yang dapat menghancurkan Chaos Header tapi tanpa melukai monster yang dilawannya, bahkan dapat menghancurkan virus cahaya yang masih berada di dalam monster sekalipun. Jurus lain: Cosmium Beam dan Eclipse Blade.

Space Corona mode[sunting | sunting sumber]

Wujud ini hanya ditemui di film ke-2 dan ke-3. Sesuai namanya, Cosmos memang berwujud ini jika bertarung di luar bumi. Warnanya dominan perak mulus dgn sedikit corak biru yg justru terkesan lebih feminim daripada Luna. Sinar di kepalanya bernama Spacy Spot. Jurusnya: Overloop Beam dan Matrix Kick.

Future Mode[sunting | sunting sumber]

Bentuk ini hanya ditemukan di film ke-3. Desainnya simetris dengan kombinasi warna biru, merah, perak, dan emas. Lambang di kepala dan bahunya mengisyaratkan akan harapan masa depan, karena itu sinar di kepalanya bernama Future Spot. Jurusnya: Cosmos Strike dan Future Barrier

Ultraman Justice[sunting | sunting sumber]

Standard Mode:[sunting | sunting sumber]

Height: 150 feet, 46 meters
Weight: 41,000 tons
Flight Speed: Mach 13
Standard Weapons: Victorium Ray, Justice Beam, Knuckle Shooter

Crusher Mode[sunting | sunting sumber]

Height: 150 feet, 46 meters
Weight: 41,000 tons
Flight Speed: Mach 13
Crusher Weapons: Dagrium Ray, Palm Blast, Energy Give


Ultraman Legend[sunting | sunting sumber]

Jika serial Ultraman Ace (1972) mengisahkan adanya dua manusia bergabung untuk dapat berubah menjadi satu Ultra, maka Ultraman Legend adalah satu-satunya Ultraman yg dikisahkan adalah wujud baru dari gabunan dua Ultra. Tingginya 52 meter dan beratnya 45000 ton. Jurusnya adalah Legend of Barrier dan Light of Legend yg lebih kuat dari Cross Perfection.

Jurus Gabungan[sunting | sunting sumber]

Fusion: Jurus untuk bergabung menjadi Ultraman Legend. Hanya dilakukan jika Cosmos dalam bentuk Future Mode dan Justice dalam bentuk Crusher Mode.
Cross Perfection: Cosmos dan Justice dapat menyatukan energy beam mereka dalam sebuah serangan. Caranya adalah dengan menyilangkan tangan mereka, tangan kanan Cosmos akan mengeluarkan energi biru dan tangan kiri Justice akan mengeluarkan energi jingga. Kedua energi tadi akan menjadi energi gabungan berwarna hijau..

SRC[sunting | sunting sumber]

Awalnya SRC terbentuk dalam tubuh militer untuk melindungi manusia dari monster bumi maupun makhluk luar angkasa, serta meneliti makhluk-makhluk itu. SRC memiliki wewenang untuk membuat senjata dan peralatan perang sendiri guna menjalankan aksinya. Karena SRC memiliki prinsip menghadapi monster tanpa harus melukainya, maka persenjataan yang dimiliki bukan untuk membunuh, tapi untuk menenangkan. Karena pemikiran SRC yang saat itu di bawah pimpinan Takatsuki berbeda dengan pihak militer yang cenderung menggunakan serangan frontal, maka mereka pun memisahkan diri namun tetap di bawah kendali pemerintahan Jepang. SRC kemudian berkembang menjadi organisasi yang besar dan memiliki beberapa divisi, di antaranya:

EYES[sunting | sunting sumber]

Divisi utama yang terjun ke garis depan dalam menangani monster dan memiliki peralatan yang paling canggih di antara yang lainnya. Dalam menjalankan aksinya, mereka menggunakan pesawat bernama Tech Thunder yang memiliki Tech System yang memungkinkan mengganti salah satu bagian pesawat dengan bagian pesawat yang lain. Dengan Tech System ini juga, semua Tech Thunder dapat bersatu menjadi pesawat yang lebih besar. Para anggotanya adalah:

  • Haruno Musashi

Sang tokoh utama yang dapat berubah menjadi Ultraman Cosmos. Memiliki keinginan dan tekad untuk menciptakan perdamaian antara umat manusia dengan makhluk-makhluk yang berada di sekitarnya termasuk monster. Karenanya, dalam menghadapi monster, ia tidak mau melukai monster tersebut dan berusaha mencari cara untuk menenangkannya. Kegigihan inilah yang membuat Ultraman Cosmos memilihnya dan Tim EYES merekrutnya.

  • Kapten Hiura

Hiura sangat memperhatikan keadaan orang-orang yang berada di bawah kepemimpinanya. Ia paling tertekan kalau harus berurusan dengan pihak militer karena selalu berselisih paham mengenai cara mereka menangani monster.

  • Wakil Kapten Shinobu

Walau sifatnya agak keras, sebagai wanita ia memiliki sifat keibuan yang tetap terlihat dalam setiap tindakannya, terutama kalau sudah menyangkut keselamatan para anggota EYES. Sebelum masuk ke EYES, Shinobu adalah pilot paling berbakat yang pernah dimiliki SRC.

  • Fubuki

Anggota EYES yang satu ini selalu terlihat dingin yang ternyata akibat pengalaman pahit masa lalunya yang kehilangan kekasihnya yang tewas bernama Ai. Awalnya, ia tidak menyukai Musashi yang dinilainya kekanakan dan tidak tegas. Dalam menghadapi monster, Fubuki lebih suka mengambil jalan cepat meski harus melukai monster sekalipun, namun bukan berarti ia tidak menyukai keberadaan para monster di Pulau Kaburaya sebab ia juga mempunyai impian yang sama dengan Musashi, yaitu menolong monster dari ulah manusia jahat. Karena itulah, lama-kelamaan mereka menjadi pasangan akrab. Fubuki adalah orang pertama yang mengetahui Musashi adalah Cosmos.

  • Ayano

Berbeda dengan Shinobu yang keibuan, Ayano sangat centil dan manja. Sikap yang seperti anak-anak ini membuatnya dipanggil dengan Ayano-pyon atau Ayano-chan. Walau begitu, ia tetap anggota yang gigih dalam pertempuran. Hal yang paling dirisaukannya adalah teman pria, hal yang lumrah bagi wanita seumurnya.

  • Doigaki

Tugasnya lebih banyak di eksperimen dan penyelidikan lapangan. Ia juga dipercaya sebagai seorang mekanik yang menangani pemeliharaan pesawat Tech Thunder. Mungkin karena fisiknya yang tidak memungkinkan sebagai prajurit tempur, karena ia sangat gemuk dan berkacamata minus. Ia juga sering melahirkan ide-ide jenius untuk menghadapi monster yang mengamuk. Ia jugalah yang menemukan serum anti Chaos Header yang digunakan untuk melawan monster yang terinfeksi virus ini. Kelemahannya adalah wanita yang ditaksirnya, dan Tech Thunder 3 yang paling cepat di antara Tech Thunder yang lain.

SEA[sunting | sunting sumber]

Tim khusus yang dibentuk untuk menangani Monster yang hidup di dalam laut. Divisi ini dipimpin oleh Kido. SEA memiliki persenjataan yang hampir sama dengan EYES. Kelebihannya adalah memiliki pesawat yang dapat digunakan di udara maupun di air.

Bagian Penyelidik[sunting | sunting sumber]

Tempat pertama kalinya Musashi berkarier sebelum pindah ke EYES. Divisi ini adalah penanggung jawab Pulau Kaburaya. Wanita yang disukai Doigaki dan kekasih Shinobu yang bernama Kowaya bekerja di divisi ini.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]