USA for Africa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

USA for Africa (United Support of Artists for Africa) adalah nama kelompok artis terkenal dari Amerika Serikat di bawah pimpinan Harry Belafonte, Kenny Rogers, Michael Jackson, dan Lionel Richie yang merekam singel hit "We Are the World" pada tahun 1985. Lagu ini berhasil menjadi hit di AS dan Britania pada bulan April 1985.

Keuntungan dari penjualan singel ini diberikan kepada USA for Africa Foundation untuk penanggulangan kelaparan dan penyakit di Afrika. Rekaman pertunjukan live kelompok ini disertakan dalam set DVD Live Aid yang dirilis tanggal 8 November 2004.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1984, Band Aid yang merupakan kumpulan musisi superstar Inggris pada saat itu berhasil melahirkan singel hit "Do They Know It's Christmas?". Harry Belafonte merasa terdorong untuk melakukan proyek yang sejenis di Amerika Serikat, dan mengutarakan niatnya kepada Lionel Richie. Selanjutnya, ajakan Lionel Richie disambut Michael Jackson, Stevie Wonder, dan Quincy Jones, hingga USA for Afrika semuanya berjumlah 45 orang.

Lagu "We Are the World" ditulis Michael Jackson bersama Lionel Richie, dan direkam 28 Januari 1985 dengan Quincy Jones sebagai produser. Pada awalnya, proyek ini diberi nama United Support of Artists agar memiliki singkatan "USA", tapi akhirnya dinamakan USA for Africa. Lagu dirilis tanggal 8 Maret 1985 dan berhasil menduduki puncak tangga lagu di banyak negara di dunia.

Pada tahun 2004 terbit DVD ulang tahun ke-20 tahun "We Are The World" yang diberi judul We Are The World The Story Behind the Song. DVD ini berisi berisi dokumentasi rekaman lagu "We Are the World".

Peserta[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]