Užupis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Republik Užupis

Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
SemboyanTautos jėga vienybėje!
(Indonesia: "Kekuasaan bangsa dalam persatuan")
Peta
Ibu kotaVilnius
Bahasa resmiLituavi, Rusia
Struktur OrganisasiRepublik Presidensial
• Presiden
Jaap van Ark
Pendirian
01 April 1997
Mata uang yang diklaimEuro
Zona waktuWaktu Eropa Timur
(UTC+2)
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Užupis (bahasa Belarus: Зарэчча, bahasa Polandia: Zarzecze, bahasa Rusia: Заречье) adalah lingkungan di Vilnius, ibu kota Lituania, yang sebagian besar terletak di kota tua Vilnius sekaligus sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Pada tanggal 01 April 1997, wilayah ini menyatakan dirinya sebagai republik merdeka (Republik Užupis). Sejak pertama pada 12 November 2014 Jaap van Ark adalah presiden Republik Užupis.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Užupis cukup kecil dan terisolasi, hanya sekitar 148 hektar (0,60 km2) dalam komposisi yang memiliki sekitar 7.000 penduduk, hampir 1.000 menjadi seniman. Di satu sisi itu dipisahkan dari Kota Tua oleh Sungai Vilnia, dan ada bukit yang curam serta di sisi ketiga berbatasan dengan kawasan industri yang dibangun di bawah pemerintahan Soviet, yang sekarang dibangun kembali menjadi sebuah distrik modis. Jembatan pertama di seberang sungai dibangun pada abad ke-16, pada saat penduduk kabupaten yang sebagian besar orang Yahudi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Distrik ini berisi pemakaman Bernardine, salah satu pemakaman tertua di kota. Sebagian besar penduduk Yahudi yang tewas selama Holocaust, dan kemudian menjadi pemakaman tua Yahudi di perbukitan yang sempat akan dihancurkan oleh Soviet. Rumah-rumah dibiarkan terbengkalai kemudian ditempati oleh kalangan masyarakat marjinal, terutama para tunawisma dan pelacur. Sampai deklarasi kemerdekaan Lithuania pada tahun 1990, itu adalah salah satu daerah yang paling diabaikan di kota, yang berisi banyak rumah rusak, banyak tanpa utilitas. Kabupaten tersebut telah menghantui para seniman dan bohemian sejak masa Uni Soviet, dan bahkan saat ini banyak seniman muda berada di bangunan kosong dekat Sungai Vilnia. Tahun 2013 melihat perkembangan dengan pelaksanaan pelantikan dua pusat seni besar di dekat sungai dan oleh gimnasium.

Malaikat Uzupis[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 April 2002, patung malaikat Gabriel sedang meniup terompet diresmikan di alun-alun. Hal itu dimaksudkan untuk melambangkan kebangkitan dan kebebasan artistik di Eropa Timur [rujukan?]. Pematung, Romas Vilčiauskas, juga pencipta Užhupis Mermaid. [2]

Sebelumnya, patung sementara berupa telur berdiri di tempatnya. Telur itu sendiri menjadi subyek berbagai anekdot. Setelah digantikan oleh patung besar dari Gabriel, telur dijual dengan lelang 10.200 litas (mata uang Lithuania) dan sekarang berdiri di jalan Pylimo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama SBS
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-26. Diakses tanggal 2015-05-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]