Twilight (film 2008)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Twilight (film2008))
Twilight
Poster promosi
SutradaraCatherine Hardwicke
ProduserMark Morgan
Greg Mooradian
Wyck Godfrey
Ditulis olehStephenie Meyer (novel)
Melissa Rosenberg (skenario)
PemeranKristen Stewart
Robert Pattinson
Ashley Greene
Peter Facinelli
Elizabeth Reaser
Jackson Rathbone
Nikki Reed
Kellan Lutz
Taylor Lautner
Billy Burke
Cam Gigandet
Rachelle Lefèvre
Edi Gathegi
Penata musikCarter Burwell
SinematograferElliot Davis
PenyuntingNancy Richardson
DistributorSummit Entertainment
Vivendi Visual Entertainment
Tanggal rilis
12 Desember 2008
NegaraAmerika Serikat
Australia
BahasaInggris
Anggaran$37 juta[1]
SekuelThe Twilight Saga: New Moon
IMDbInformasi di IMDb
AMGProfil All Movie Guide
Situs web[twilightthemovie.com twilightthemovie.com]

Twilight (Indonesia: Aram) adalah sebuah film drama, fantasi dan romantis yang didasarkan pada novel Twilight karya Stephenie Meyer. Melissa Rosenberg diputuskan untuk membuat skenario pada tahun 2008. Film ini dirilis pada tanggal 21 November 2008 dan disutradarai oleh Catherine Hardwicke dengan tokoh-tokoh utamanya diperankan oleh Robert Pattinson (Edward Cullen) dan Kristen Stewart (Isabella Swan). Sebelum Twilight the Movie dirilis, Stephenie Meyer telah mencetak series Twilight dalam bentuk novel. Film ini bercerita mengenai hubungan cinta antara seorang gadis remaja bernama Isabella Swan dengan Edward Cullen yang termasuk dalam golongan vampir serta usaha Cullen beserta keluarganya untuk melindungi Swan dari bahaya vampir-vampir jahat.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Isabella Swan (Kristen Stewart) merupakan murid baru yang baru pindah dari kota kecil di Amerika, Phoenix, Arizona, menuju kota yang dingin dan sering hujan, Forks, Washington. Ibunya menikah kembali dengan orang lain dan membiarkan Bella tinggal bersama ayahnya yang bekerja sebagai polisi di Forks. Bella merupakan sosok seseorang yang termasuk pendiam, ia tidak terlalu mengharapkan sesuatu yang mengubah dirinya selama ia tinggal di Forks sampai pada akhirnya perubahan itu terjadi setelah ia bertemu dengan seseorang misterius dan sangat mempesona, Edward Cullen (Robert Pattinson). Edward dan keluarganya selalu menyembunyikan identitasnya kepada orang-orang sekitar yang berada di Forks, lebih spesifik di sekolah Bella. Beberapa murid di sekolah mengetahui keluarga Cullen sebagai keluarga dingin dan tidak pernah bersosialisasi dengan siapapun. Umurnya tidak menetap semenjak 1918 dan ia tidak bisa mati. Edward yang misterius membuat Bella penasaran sampai pada akhirnya ia jatuh cinta pada Edward. Keluarga Cullen didatangi oleh tamu dari keluarga vampir yang lain dan mereka menghirup darah segar manusia didekatnya. Edward harus bertarung untuk menyelamatkan Bella.

Sekuel ini merupakan adaptasi dari Romeo dan Juliet dengan cerita cinta yang tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata. Setting yang terlihat lebih modern dengan efeknya yang dapat menarik perhatian, perjuangan demi cinta yang sebenarnya terlarang dan pertarungan antara vampir dan kematian.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tagline[sunting | sunting sumber]

"When you live forever, what do you live for?" atau "Nothing will be the same.".

Penayangan di Televisi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, film ini sering ditayangkan di RCTI dan Global TV.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nicole Sperling (2008-07-10). "'Twilight': Inside the First Stephenie Meyer Movie". Entertainment Weekly. Diakses tanggal 26 Juli 2008.