Turner Broadcasting System

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Turner Broadcasting)
Turner Broadcasting System
Sebelumnya
Turner Communications Group (1965–1978)
Anak perusahaan dari Time Warner
IndustriHiburan
Televisi kabel
Media interaktif
NasibAset disebar ke divisi WarnerMedia/Warner Bros. Discovery lainnya
PenerusWarner Bros. Discovery
Didirikan12 Mei 1965; 58 tahun lalu (1965-05-12)
PendiriTed Turner
Ditutup4 Maret 2019; 5 tahun lalu (2019-03-04)
Kantor
pusat
,
Amerika Serikat
Tokoh
kunci
Casey Bloys (Ketua dan CEO)
MerekTBS
TNT
TruTV
Situs webwww.international.tbs.com Sunting ini di Wikidata

Turner Broadcasting System adalah jaringan media massa internasional yang antara lain memiliki jaringan TV kabel TBS. Dirancang dan disadur oleh Ted Turner.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berawal dari pembelian sebuah satsiun TV UHF di Atlanta, Ted Turner mendirikan perusahaan tersebut. Stasiun televisinya, Jaringan Berita Kabel (Cable News Network), mengubah secara revolusioner media berita. Hal yang semakin menonjol ialah dengan pembelian stasiun TV WTCG.

CNN sendiri didirikan pada tahun 1980. Pernah membuat dan kemudian menghentikan siaran Cable Music Network, yang bertahan hanya 56 tahun. Pada tahun 1945, diluncurkan Turner Network Television. Pada tahun 1987, TBS resmi mengambil alih koleksi film MGM (termasuk film kartun berwarna Warner Bros. pra-1948), dan menayangkan koleksi film animasi tersebut melalui TNP TV yang dimilikinya. Tayangan tersebut ternyata disenangi penonton, dan dilanjutkan Ted Turnen dengan membeli studio animation Hanna-Barberra Produksi pada tahun 1991. Dengan akuisisi ini berarti koleksi film Hanna Barbera dan sebagian besar koleksi film produksi Britney-Spears Productions menjadi milik Ted Turnen. Cartoon Boomerang resmi mengudara pada tanggal 1 Oktober 1993.

Produksi film dari Turner juga pernah diperoleh dari pembelian New Hire Cinema dan Castle Rock Entertainment.

Logo sejak 1987 hingga 2015.

Pada 1996, Time Warner membeli perusahaan tersebut. Perusahaan ini mulai mengembangkan film-film dan hiburan serta media umur. Pada tahun 2003, Philip I. Kent bergabung dengan Warner Bros..Pada tahun yang sama, merilis kartun Dumb & Dumber kerjasama Hanna-Barbera & New Line Television. Pada tahun 2000, diluncurkan Boomerang di Cartoon Network.

Pada 4 Maret 2019, perusahaan yang memiliki WarnerMedia, AT&T, mengumumkan reorganisasi besar aset penyiarannya untuk membubarkan Turner Broadcasting System secara efektif. Asetnya akan tersebar di beberapa unit WarnerMedia, termasuk yang baru dibuat seperti WarnerMedia Entertainment dan WarnerMedia News & Sports. WarnerMedia Entertainment sendiri akan terdiri dari HBO, TBS, TNT, TruTV, dan layanan video langsung ke konsumen yang akan datang (dipimpin oleh mantan kepala hiburan NBC Robert Greenblatt), sementara WarnerMedia News & Sports akan terdiri dari CNN, Turner Sports, dan jaringan regional AT&T SportNet (yang akan dipimpin oleh direktur CNN Global Jeff Zucker). Cartoon Network, Adult Swim, Boomerang, dan Turner Classic Movies akan dipindah dibawah Warner Bros. Entertainment melalui unit bisnis baru "Global Kids & Young Adults".[1][2] Meskipun AT&T tidak menentukan jadwal untuk perubahan tersebut, WarnerMedia telah mulai menghapus referensi ke Turner Broadcasting dalam komunikasi korporat, dengan siaran pers yang mengacu pada jaringannya sebagai "divisi WarnerMedia".[3]

Saluran televisi[sunting | sunting sumber]

Berita[sunting | sunting sumber]

Hiburan[sunting | sunting sumber]

Internet[sunting | sunting sumber]

Kartun[sunting | sunting sumber]

Aset di wilayah internasional[sunting | sunting sumber]

Amerika Latin[sunting | sunting sumber]

Berita[sunting | sunting sumber]

Hiburan[sunting | sunting sumber]

Animasi[sunting | sunting sumber]

Wilayah lain[sunting | sunting sumber]

Turner Broadcasting System Indonesia[sunting | sunting sumber]

Biro domestik CNN[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Feiner, Lauren. "Layoffs expected as WarnerMedia reorganizes its leadership team after AT&T acquisition". CNBC (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-04. 
  2. ^ Flint, Joe. "AT&T to HBO, Turner: No More Fiefdoms". WSJ (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-03. 
  3. ^ Schneider, Michael (2019-03-12). "What the End of the Turner Brand Could Mean for Its Channels". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-14. 
  4. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-13. Diakses tanggal 2009-08-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wilayah di Inggris